PENGARUH RELIGIOSITAS DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH DI KOTA BANDA ACEH

Khairani Rizka Zulas, Nilam Sari, T.Syifa Fadrizha Nanda

Abstract


Untuk melihat pengaruh religiositas dan faktor sosial terhadap minat masyarakat menggunakan produk bank syariah di Kota Banda Aceh ialah salah satu tujuan dilakukannya penelitian ini. Metode yang dipakai pada penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif asosiatif, dalam penelitian ini memakai variabel religiositas, faktor sosial dan minat. Penelitian ini menggunakan analisis, uji asumsi klasik, uji t, uji f dan koefisien determinasi (R2). Hasil parsial menunjukkan variabel religiositas berpengaruh signifikan dengan hasil diperoleh t hitung > t tabel atau 15,355 > 1,971 dan faktor sosial berpengaruh positif dengan hasil diperoleh t hitung > t tabel atau 4,302 > 1,971 terhadap minat masyarakat menggunakan produk bank syariah. Secara simultan variabel religiositas dan faktor sosial berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat masyarakat menggunakan produk bank syariah di Kota Banda Aceh.


Keywords


Religiositas; Faktor Sosial; Minat; Produk

Full Text:

PDF

References


Adji, J. (2014). Pengaruh Satisfaction Dan Trust Terhadap Minat Pembelian Di Starbucks The Square Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-10.

Aprilia, J., & Handayani, S. R. (2018). Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Biaya Operasional Per Pendapatan Operasional, Non Performing Loan, Dan Loan To Deposit Ratio Terhadap Return On Asset Dan Return On Equity (Studi Pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa Tahun 2012–2016). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(3), 172-182.

Azuar, J. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif: Untuk Ilmu-Ilmu Bisnis.

Badan Pusat Statistik Aceh. (2020). Jumlah Penduduk Provinsi Aceh menurut Kabupaten/Kota Tahun 2017-2019. Diakses pada 2 Maret 2020, dari https://aceh.bps.go.id/statictable/2020/02/24/247/jumlah-penduduk-provinsi-aceh-menurut- kabupaten-kota-tahun-2017-2019-.html

Darto, M. (2016). Perilaku Prososial Bagi Revolusi Mental. Penerbit Selaras Media Kreasindo.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Untuk Penulisan Skripsi Doctoral Dissertation, Tesis, Dan Disertai Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro.

Glock, C. Y., & Stark, R. (1970). Religion And Society In Tension: A Publi. From The Research Program In The Sociology Of Religion Survey Research Center. Univ. Of Calif.

Imam, G. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. 21 Update PLS Regresi. Universitas Diponegoro.

Imam, G. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan program SPSS. Universitas Diponegoro.

Iskamto, D., & Yulihardi, Y. (2017). Analisis Peranan Religiusitas Terhadap Kepercayaan Kepada Perbankan Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(2), 205-214.

Janie, D. N. A. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS. Jurnal, April.

Karim, A., & Islam, B. (2006). Analisis Fiqih Dan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada.

Khotimah, N. (2018). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah Mandiri (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Gresik. JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 5(01).

Kotler, philip dan keller, K.L.(2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Lamb, C. W. et al. (2001). Pemasaran. Buku I Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat..

Lengkana, A. S., Supriadi, C., Hermawan, D. B., & Soleh, M. A. (Eds.). (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani 2017 Implementasi Model Pembelajaran Penjas dan Modifikasi Alat Belajar. UPI Sumedang Press.

Masruroh, A (2015). Kontribusi Usaha Tani Tembakau Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Di Desa Salamrejo Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung. Universitas Negeri Yogyakarta.

Misbahudin, I. H. (2013). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Bumi Aksara.

Muhyidin, M. (2018). Pengaruh Citra Perusahaan, Pengetahuan Produk Bank, Kepercayaan, Dan Pelayanan Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Dengan Religiusiutas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga) (Doctoral Dissertation, IAIN Salatiga).

Noor, J. (2011). Metode Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi Dan Karya Ilmiah, Cet. Ke-11. Kencana Prenada Media Group.

Pandji, A. (2007). Pengantar Bisnis. Pengelolaan Bisnis Dalam Era Globalisasi. Rieneka Cipta.

Purimahua, S. (2005). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan Pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maluku Di Ambon. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 9(2).

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual& SPSS, Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri Sejenis Sampah Rumah Tangga Di Kelurahan Gunung Bahagia”. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(3), 1105-1118.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&B. CV. Alfabeta.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sungkar, S., Winita, R., & Kurniawan, A. (2010). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dan Kepadatan Aedes Aegypti Di Kecamatan Bayah, Provinsi Banten. Jurnal Makara Kesehatan, 14(2), 5-15.

Wardani, D. K., & Rumiyatun, R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1), 15-24.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Khairani Rizka Zulas, Nilam Sari, T.Syifa Fadrizha Nanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: