LIKUIDITAS, KECUKUPAN MODAL, PEMBIAYAAN BERMASALAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2016-2018

Hafizh Muarif, Azharsyah Ibrahim, Abrar Amri

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, kecukupan modal, dan pembiayaan bermasalah terhadap profitabilitas pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Data diperoleh dari laporan keuangan bulanan Bank Umum Syariah di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif dan variabel yang digunakan likuiditas, kecukupan modal dan pembiayaan bermasalah. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel likuiditas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah. Sedangkan hasil penelitian secara simultan variabel likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap profitabilitas Bank umum Syariah.


Keywords


Likuiditas; Kecukupan Modal; Pembiayaan Bermasalah; Profitabiltas; Bank Umum Syariah

Full Text:

PDF

References


Afkar, T. (2017). Analisis Pengaruh Kredit Macet Dan Kecukupan Modal Terhadap Efisiensi Biaya Operasional Bank Umum Syariah Di Indonesia. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(2).

Antonio, Muhammad syafi’i. (2011). Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Anugrah, R. S. (2006). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Likuiditas Bank Umum Syariah Di Indonesia. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Almilia. (2015). Analisis Rasio CAMEL terhadap Prediksi Kondisi Bermasalah pada Lembaga Perbankan Perioda 2000-2002. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol 7, No. 2, November.

Andre, Orina. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage dalam Memprediksi Financial Distress (Studi Empiris pada Perusahaan Aneka Industri yang Terdaftar di BEI). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/88. Diunduh tanggal 1, bulan Juni, tahun 2013

Assih, Prihat. (2000). Hubungan Tindakan Perataan Laba degan Reaksi Pasar atas Pengumuman Informasi Laba Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, 3 (1). Januari, h: 35 – 53.

Brigham, F. Eugene dan Joel, F. Houston. (2006). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Defri. (2012). Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Likuiditas dan Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen, Volume 01, Nomor 01, September 2012.

Dewi, Dhika Rahma (2010). Faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas bank syariah di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Edhi Satriyo Wibowo (2013). Analisis Pengaruh Suku Bunga, Inflasi, CAR, BOPO, NPF Terhadap Profitabilitas. Joernal of managemant.

Eljelly, A. (2004). Liquidity-Profitability Tradeoff: An empirical Investigation in An Emerging Market. International Journal of Commerce & Management, 14(2), 48 – 61.

Fahmi, I. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Faturrahman, Andi. (2013). Pengaruh Tingkat Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Pada Profitabilitas (ROA) PT. Bank SulSelBar. Skripsi. Universitas Hasanuddin

Harahap, Sofyan Syafri, (2007). Analisa Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Husnan, Suad. (2013). Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Pendek). Yogyakarta: BPFE.

Ichwan, M. C. dan Nafik H. R, M (2016). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Likuiditas Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 3(2), 121-153.

Kasmir. (2011). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Kasmir. (2004). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mardiyah, A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi likuiditas bank umum syariah di Indonesia periode 2012-2014. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Maryani, E. F. (2016). Analisis Pengaruh Pembiayaan Bermasalah Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode Tahun 2010-2015. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Napompech, Kulkanya. (2012). Effects of Working Capital Management on the Profitability of Thai Listed Firms. International Journal of Trade, Economics and Finance, Vol. 3, No. 3, June 2012

Ningsukma. (2016) sebelumnya yaitu Pengaruh Internal Capital Adequency Ratio (CAR), Financing To Deposit Ratio (FDR),Dan Biaya Operasional Per Pendapatan Operasional (Bopo) Dalam Peningkatan Profitabilitas Industri Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal perbankan syariah.

Parawiyati. (2000). Penggunaan Informasi Keuangan untuk Memprediksi Keuntungan Investasi bagi Investor di Pasar Modal. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol.3, No. 2, Juli: 214—228.

Prastiyaningtyas, Fitriani. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank. Skripsi. Universitas Diponegoro

Prasnugraha Ponttie P. (2012), Analisis Pengaruh Rasio- rasio Keuangan Terhadap Kinerja Bank Umum di Indonesia (Studi Empiris Bank-bank umum Yang Beroperasi di Indonesia). Tesis. Program Studi Magister Sains Akuntansi, Universitas Diponegoro.

Pramesti, Nila Arum. ( 2011). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan (size), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), dan Financing to Deposit Ratio (FDR) Terhadap Profitabilitas Pada bank Umum Syariah Di Indonesia. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Rifqul. (2015). Pengaruh Kecukupan Modal, Fungsi Intermediasi Efisiensi Operasional, Dan Pembiayaan Bermasalah Terhadap Profitabilitas Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, Vol 2 No. 3, Maret 201.

Riyadi, Slamet. (2006). Banking Assets and Liability Management. Edisi Ketiga. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Ruwanti, Gemi. (2011). Pengaruh Rasio Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Pada Bank-Bank Swasta GO-PUBLIC Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Akuntansi,Vol 12, No 2.

Ruslim. (2012). Analisis Pengaruh Capital Adequancy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 15 (1).

Sabir. (2012). Pengaruh Rasio Kesehatan Bank Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Dan Bank Konvensional Di Indonesia. Jurnal Analisis, Juni 2012, Vol.1 No.1.

Saidi. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan manufaktur go public di BEJ tahun 1997-2002. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 11(1): h: 44-58.

Sartono. (2015). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi ke 4. Yogyakarta: BPFE.

Suharli, M. (2004). Pengaruh Profitabilitas dan Investment Opportunity Set terhadap Kebijakan Dividen Tunai dengan Likuiditas sebagai Variabel Penguat. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.Vol.9, No.1.

Soliha, Euis dan Taswan (2002). Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Serta Beberapa Faktor. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol.5, No.1.

Yuliani, Yuliani (2007) Hubungan Efisiensi Operasional dengan Kinerja Profitabilitas pada Sektor Perbankan yang Go Publik di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 5 (10). pp. 15-43.

Wisnu, Mawardi. (2005). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Bank Umum di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Umum Dengan Total Assets Kurang Dari 1 Trilyun). Jurnal Bisnis Dan Strategi. Vol.14.No.1. Juli 2005

Wibowo, E. dan Widodo, U. H. (2013). Mengapa memilih bank syariah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Zainudin. (2014). Manfaat Rasio Keuangan dalam Memprediksi Pertumbuhan Laba: Suatu Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 02, No. 01, Januari 2014.

https://www.ojk.go.id/id/Default.aspx, diambil pada tanggal 15 November 2019, pukul 09.00.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hafizh Muarif, Azharsyah Ibrahim, Abrar Amri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: