Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Canva pada Mata Kuliah Fisika Dasar

Authors

  • Irma Sakti Universitas Muslim Maros
  • Reski Idamayanti Universitas Muslim Maros
  • Agussalim Agussalim Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.22373/p-jpft.v7i2.13288

Keywords:

Pengembangan, Media, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Canva yang valid dan untuk mengetahui respon mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan dengan 4 tahapan, yaitu: Tahap pendefenisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap diseminasi (Disseminate). Subjek penelitiannya adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muslim Maros semester II tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian meliputi angket berupa lembar validasi dan lembar respon mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh dari ahli materi 85%, ahli media 80% yang bearti memenuhi kriteria sangat valid. Hasil analisis angket respon mahasiswa didapatkan skor rata-rata sebesar 4,23 dengan persentase 84,6% berada pada kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Canva yang dikembangkan pada materi kelistrikan sangat valid digunakan dan mendapatkan respon baik dari mahasiswa.

Published

2022-07-01

Issue

Section

Artikel