Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Vee Map Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v7i2.13372Abstract
Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang disarakankan untuk digunakan pada abad-21 yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Model pembelajaran Problem Based Learning dengan Vee Map sangat sesuai digunakan karena vee map dapat mengorganisasikan kegiatan dikelas terutama kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan vee map terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada pokok bahasan alat-alat optik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan post-test only countrol design. Instrumen yang digunakan untuk pengumpula data yaitu LKPD, dan soal tes. Teknik analisa data yang digunakan SPSS Statistic versi 26 yaitu dengan cara melakukan uji normalisa data yang dilanjutkan dengan uji beda dengan menggunakan uji independent sample t-test dan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Vee Map berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif dengan nilai signifikansi 0,000 dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA N 1 Leces dengan signifikansi 0,044.
References
Agnavia, Desi N. 2019. Analisis kemampuan Berpikir Kritis siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea. Vol.6(1),45-53.
Arikunto, S . 2013 .Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta, Rineka Cipta.
Alvarez, M.C dan Risko, V.J. 2007 . The Use of Vee Diagram with Third Graders As a Metacognitive Tool For Learning Science Concepts. Nashville,Tennessee State University.
Creswell, J.W. 2015 . Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Fifth Edition.Boston, Pearson.
Farisi,A.,A. Hamid,dan Melvina.2017.Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatka Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu dan Kalor.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika. Vol. 2(3),283-287.
Nafiah, Y. & Suyanto, W. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi . Vol.4 (1)
Nirwana,A., dan I. Wilujeng. 2021. Pengaruh Pembelajaran IPA Model Problem Based Learning Berbantuan Diagram Vee Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. Physics and Science Education Journal. Vol.1(01),8-15.
Masyhud,H.M.S. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.Jember, Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK) .
Mayasari, T., A .Kadarohman.,D. Rusdiana, dan I. Karniawati.2016.Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu melatihkan Keterampilan Abad 21.JPFK. Vol.2(1),48-55.
Prayitno, B.A., dan B.Sugiharto.2016. Keevektivan Integrasi Sintaks Inquiri Terbimbing dan STAD (INSTAD) Untuk Memperkecil Kesenjangan Keterampilan Metakognisi Siswa Akademik Atas dan Bawah. Inferensi . Vol. 9(2), 305-328.
Rahayu,E.P. 2014.Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas IV SD Suka Maju 3 Depok.Skripsi. Jakarta:Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Rerung,N.., I.L.S.Sinon, dan S.W.Widyaningsih.2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmia Pendidikan Fisika Al-Biruni. Vol.6(1),47-55.
Sanova, Aulia.2013.Implementasi Metode Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Diagram Vee dalam Pembelajaran Kimia Berbasis Virtual Lab Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep belajar. Journal of The Indonesian society Of Integrated Chemistry. Vol. 5(02), 31-38.
Sarjono. 2017. Internalisasi Berpikir Kritis dalam Pembelajaran fisika. Jurnal Madaniyah . Vol.7(02), 343-353.
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung,Alfabeta.
Suriani,B.,Dwi.L., dan Jackson,S.2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tipe Diagram Vee Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal FKIP UNRAM. Vol.1(01),32-35.
Yulianti, E.E. Sulistri, dan H. Rosdianto.2020. Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understunding Prosedures Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 8(01), 9-17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).