Pengembangan Alat Peraga Sistem Pompa Hidrolik Sederhana Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v8i2.15741Keywords:
Alat Peraga Pompa Hidrolik, Validasi kelayakan Alat PeragaAbstract
Pemahaman konsep fisika peserta didik yang rendah dapat disebabkan oleh faktor eksternal yang mempengaruhi pemahaman konsep fisika peserta didik salah satunya yaitu kurangnya alternatif media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Alat peraga merupakan media yang digunakan untuk mempermudah guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan pengembangan media pembelajaran sebagai alat peraga sistem pompa hidrolik sederhana. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Instrument yang digunakan adalah lembar validasi alat peraga. Alat peraga diuji kelayakanoleh enam orang validator yaitu tiga ahli media dan tiga ahli materi. Pengembangan alat peraga ini dilakukan denganmelalui metode Reseach and development(R&D) yang mengadopsi Model Bord and Gallyaitu terdiri dari beberapa tahapan, antara lain idefikasik potensi masalah, pengumpulan data, desain produk berupa alat peraga sistem pompa hidrolik sederhana, validasi desain,revisi desain produk, dan uji coba produk. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa penilaian validasi ahli media untuk alat peraga sistem pompa hidrolik berada dalam kategori sangat layak, dimana persentase kelayakan 95% dan penilaian validasi ahli media berada dalam kategori sangat layak dimana persentase kelayakan 87,5%.References
Anggreni, Santih. 2014. Mengembangan Asesmen Kinerja melalui pembelajaran berbasis laboratorium. Makasar: Alauddin University Press.
Dewi Oktofa rachmawati, dkk. 2019. Pelatihan dan pedamping pembuatan alat peraga fisika sederhana. Jurnal prosiding SENADIMAS. ISBN 897-623-7482-00-0.
Eella pranata. 2016. Implementasi model pembelajaran group investigation (GI) berbantuan alat peraga untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal pendidikan matematika Indonesia. Maret. P-ISSN:2477-5967. vol 1.no 1.
Heru Damayanti, Dkk. 2015. “Pembelajaran Hukum Pascal Menggunakan Miniatur Mesin Hidrolik untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Krisis Siswa. Jurnal Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta. Oktober . ISSN:2476-9398. Vol 4.
Indah Khairani M.Pd. Hasil wawancara guru dan pengamatan peneliti terhadap peserta didik. MAN Aceh Jaya.
Nurqorimah, Gunawan, Sutrio. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa VII SMP Negeri 19 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknolog . Universitas Mataram. Vol 1. No 3. ISSN. 2407-6902.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudriman, Aditya. 2019. Penerapan pembelajaran berbasis alat peraga sederhana terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas x. jurnal pendidikan fisika fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar. Vol. 7 No.1. hal 82-86
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sartika. S. B. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen. Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagodia.
Suharjana, Agus dan Sukayati. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran SD. Departemen Pendidikan Nasional. Pusat Pengembangan dan Pemerdayaan Pendidikan Dan Tenaga Pendidikan (PPPPTK) Matematika Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).