Aktivitas Siswa Menggunakan Pembelajaran Make A Match
DOI:
https://doi.org/10.22373/jk.v1i1.23185Keywords:
Aktivitas Siswa, Pembelajaran, Make a Match, pre-experimental.Abstract
Kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran yang diterapkan saat proses pembelajaran di kelas VIII/F MTsS Darul Ihsan, Siswa menjadi kurang aktif dan jenuh selama pembelajaran berlangsung. Menggunakan pembelajaran make a match menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk melihat aktivitas siswa kelas VIII/F MTsS Darul ihsan. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas A, B, C, D, E dan F dan sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII/F. pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi untuk mengumpulkan datanmengenai aktivitas siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yang diisi oleh observer dan dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa pada pertemuan I didapatkan 88,75% dengan kriteria sangat baik dan meningkat pada pertemuan II 96,25% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa menggunakan pembelajaran make a match mengalami peningkatanReferences
Nurhalizah, M. 2020. Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. e-Jurnal, 9(3), 5.
Payadnya, P. A. A dan Jayantika, G. A. N. T. 2018. Paduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Ririantika, dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Indonesia, 5(1), 4.
Sariyyah, N dan Adi, N. A. 2023. Implementasi Model Make A Match Berbantuan Pocket Book Untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran IPA. Journal on Education, 5(2), 5227.
Ulum, M. 2021. Media Pembelajaran Karton Bekas. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Widiasworo, E. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Yohana, S. 2021. Kooperatif Tipe Investigation Dan Aktivitas Belajar. NTB: Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya.
Yumnah, S., dkk. 2022. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Zakiah, I. R. 2019. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Mathematics Education Journal, 1(2), 42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.