Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Tiktok Pada Materi Bioteknologi di SMPN 1 Trumon Timur
DOI:
https://doi.org/10.22373/jk.v1i1.23269Keywords:
Pengembangan Media Pembelajaran TikTok, Bioteknologi, Uji Kelayakan dan Respon Peserta didikAbstract
Proses pembelajaran Biologi di SMPN 1 Trumon Timur Kabupaten Aceh Selatan masih didominasi oleh guru sebagai narasumber dan buku paket sebagai media pembelajaran, dengan adanya media pembelajaran dapat memudahkan berlangsungnya kegiatan belajar. Media pembelajaran TikTok pada materi bioteknologi ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pendukung pembelajaran dan kurangnya sumber daya dalam pemanfaatan fasilitas yang tersedia di SMPN 1 Trumon Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media, menganalisis uji kelayakan dan respon pesera didik terhadap media pembelajaran biologi berbasis TikTok pada materi bioteknologi di SMPN 1 Trumon Timur. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari 20 peserta didik, 2 ahli media dan 2 ahli materi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar uji kelayakan media, uji kelayakan materi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data uji kelayakan dan respon peserta didik menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran berdasarkan kualitas media dan materi diperoleh hasil keseluruhan nilai validasi dengan kategori kevalidan yaitu 80% dengan kategori layak. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran biologi berbasis TikTok memperoleh hasil sebesar 89,53% dengan kategori sangat positif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran biologi berbasis TikTok pada Materi Bioteknologi di SMPN 1 Trumon Timur sangat layak digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaranReferences
Alessi S M dan Trollip S R, Media for Learning: Methods and Development, (Boston: Allyn and Bacon, 2001), h. 409.
Miftachul Taubah, “Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajarn Maharam Kalam”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1, (2020), h. 57.
Miftahul Ulum, “Penggunaan Aplikasi TikTok dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Baku dan Nonbaku di Kelas X IPA 3 MAN Karangasem”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, Vol. 12, No. 3, (2022), h. 202-203.
Riya Umami, “Pengembangan Media Fotonovel Bebasis PBL (Problem Based Learning) Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa SMP Kelas VIII”, Skripsi, (2019), h. 78-79.
Rusman, dkk, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012), h. 170.
Sarip Hidayat, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Mahasiswa pada Materi Elektrokimia”, Skripsi, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2017), h. 30.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2011), h. 333.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.