Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Tiktok Pada Materi Bioteknologi di SMPN 1 Trumon Timur

Daniah Daniah, Nafisah Hanim, Rozah Lena Sakirah

Abstract


Proses pembelajaran Biologi di SMPN 1 Trumon Timur Kabupaten Aceh Selatan masih didominasi oleh guru sebagai narasumber dan buku paket sebagai media pembelajaran, dengan adanya media pembelajaran dapat memudahkan berlangsungnya kegiatan belajar. Media pembelajaran TikTok pada materi bioteknologi ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pendukung pembelajaran dan kurangnya sumber daya dalam pemanfaatan fasilitas yang tersedia di SMPN 1 Trumon Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media, menganalisis uji kelayakan dan respon pesera didik terhadap media pembelajaran biologi berbasis TikTok pada materi bioteknologi di SMPN 1 Trumon Timur. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari 20 peserta didik, 2 ahli media dan 2 ahli materi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar uji kelayakan media, uji kelayakan materi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data uji kelayakan dan respon peserta didik menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran berdasarkan kualitas media dan materi diperoleh hasil keseluruhan nilai validasi dengan kategori kevalidan yaitu 80% dengan kategori layak. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran biologi berbasis TikTok memperoleh hasil sebesar 89,53% dengan kategori sangat positif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran biologi berbasis TikTok pada Materi Bioteknologi di SMPN 1 Trumon Timur sangat layak digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran

Keywords


Pengembangan Media Pembelajaran TikTok, Bioteknologi, Uji Kelayakan dan Respon Peserta didik

Full Text:

PDF

References


Alessi S M dan Trollip S R, Media for Learning: Methods and Development, (Boston: Allyn and Bacon, 2001), h. 409.

Miftachul Taubah, “Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajarn Maharam Kalam”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1, (2020), h. 57.

Miftahul Ulum, “Penggunaan Aplikasi TikTok dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Baku dan Nonbaku di Kelas X IPA 3 MAN Karangasem”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, Vol. 12, No. 3, (2022), h. 202-203.

Riya Umami, “Pengembangan Media Fotonovel Bebasis PBL (Problem Based Learning) Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa SMP Kelas VIII”, Skripsi, (2019), h. 78-79.

Rusman, dkk, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012), h. 170.

Sarip Hidayat, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Mahasiswa pada Materi Elektrokimia”, Skripsi, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2017), h. 30.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2011), h. 333.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jk.v1i1.23269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Kompetensi

ISSN : 0216-3390
Published By Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : kompetensi@ar-raniry.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Kompetensi: is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0

Flag Counter

Indexed By :