Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Pada Siswa MTS Melalui Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.22373/jk.v1i1.23271Keywords:
Keefektifan, Model pembelajaran Discovery learning, Kemampuan representasi matematisAbstract
Kemampuan representasi siswa masih tergolong rendah, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu mempengaruhi kemampuan representasi matematis siswa, yaitu model pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-11 MTsN 1 Banda Aceh yang berjumlah 37 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Studi. Instrumen yang digunakan untuk proses pengumpulan data adalah hasil tes kemampuan representasi matematis siswa, lembar observasi kemampuan guru mengajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan persentase dan deskripsi skor rata-rata sehingga diperoleh informasi tentang tes kemampuan representasi matematis siswa, kemampuan guru mengajar, aktivitas siswa, dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Discovery Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini dikarenakan, (1) hasil tes kemampuan representasi matematis siswa tinggi, 2) kemampuan guru mengajar berada pada kategori baik atau sangat baik, (3) aktivitas siswa aktif, dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran positif.References
Arikunto, Suharsimi. (2006). Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Besare, Stefen Deni. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 7(1): 18-25.
Dewi, A. L., Wahyuningsih, E. D., & Oktaviani, D. N. (2019). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Murder Berbantuan Puzzle Math. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 59-69.
Fadilla, D. C. (2017). Efektivitas Model Guided Learning Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa. Skripsi. http://digilib.unila.ac .id/28377/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hosnan, M. (2013). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Hanafiah, Nanang. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Utama.
Kementrian dan Kebudayaan, Pusat Penilaian Pendidikan.
Mawaddah, Siti & Ratih Maryanti. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Tebimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1): 76-85.
Mukhlis. (2005). Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Materi Pokok Perbandingan di Kelas VII SMPN 1 Pailanggan. Tesis. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.
Pasehah, Awanda Mislul dan Dani Firmansyah. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data. Prosiding Sesiomadika, Karawang: 12 Desember 2019. hal. 1094-1108.
Setyawan, Fariz. (2017). Profil Representasi Siswa SMP terhadap Materi PLSV ditinjau dari Gaya Belajar Kolb. Journal of Medives, 1(2): 82-91.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. 27. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Mendesai Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.
Wulandari, S. D. (2019). Profil Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Media Screencast O Matic. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2): 83–87. https://doi.org/10.32665/james.v2i2.98.
Yadi, H. F., & Nirwana, H. (2023). Discovery Learning Sebagai Teori Belajar Populer Lanjutan. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 234–245.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.