Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa
DOI:
https://doi.org/10.22373/jk.v1i2.27757Keywords:
CTL, PembelajaranAbstract
Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) adalah pendekatan pendidikan yang dirancang untuk membantu guru menghubungkan konten pembelajaran dengan konteks dunia nyata. Pendekatan ini sangat penting untuk mengatasi masalah umum dalam memandang pengetahuan hanya sebagai rangkaian fakta yang harus dihafal. Dalam kelas tradisional, di mana guru sering mendominasi proses pembelajaran, siswa cenderung kurang aktif dan kurang kreatif. CTL mengubah dinamika ini dengan mendorong siswa untuk secara aktif terlibat dalam menemukan pengalaman belajar mereka sendiri, dibandingkan dengan mengandalkan hafalan semata. Pendekatan ini menekankan keterlibatan aktif siswa dalam mencari dan mengeksplorasi materi pembelajaran, sehingga mendukung pemahaman dan retensi yang lebih mendalam. Selain itu, CTL membantu siswa menerapkan apa yang mereka pelajari ke situasi kehidupan nyata, yang tidak hanya meningkatkan pemahaman tetapi juga membentuk karakter dan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
References
Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University. Maidenhead, Berkshire, England: McGraw-Hill Education.
Depdiknas. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Elias, M. J. (2003). Academic and Social-Emotional Learning: Setting the Stage for Success in School and Life. Philadelphia: Laboratory for Student Success, Temple University Center for Research in Human Development and Education.
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Pearson Education Limited. Harlow, Essex, England.
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Journal Teachers College Record. Vol. 108, No. 6. Teachers College, Columbia University: New York.
Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Jakarta: Depdiknas.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slavin, R. E. (2014). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka: Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.