ANALISIS KESULITAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA DALAM MENGEMBANGKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Latifah Hanum, Ratu Fazlia Inda Rahmayani, Noviati Noviati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam mengembangkan RPP dan menganalisis hubungan nilai RPP yang diperoleh mahasiswa dengan kesulitan mahasiswa dalam mengembangkan RPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 50 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata kesulitan mahasiswa dalam mengembangkan RPP sebesar 76,48% dengan kategori sedang. Terdapat 8 komponen RPP yang memiliki tingkat kesulitan sedang, yaitu  Indikator Pencapaian Kompetensi, materi ajar, alokasi waktu pada langkah-langkah pembelajaran, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, teknik penilaian hasil belajar, instrumen penilaian pengetahuan (kognitif), dan instrumen penilaian keterampilan (psikomotorik). Adapun komponen RPP yang memiliki tingkat kesulitan tinggi yaitu komponen metode pembelajaran. Hasil uji statistik korelasi product moment diperoleh nilai r sebesar 0,89, sedangkannilai thitung 13,54 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 adalah 2,01, menunjukan bahwa thitung> ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kesulitan yang dialami mahasiswa dalam mengembangkan RPP dengan nilai RPP yang diperoleh.

Keywords


RPP, Pembelajaran, Kesulitan

Full Text:

PDF

References


Hanum, L. 2017. Perencanaan Pembelajaran. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Istiqomah, F., Hairida, H., Muhairini, R. Analisis Kemampuan Menyusun RPP Kurikulum 2013 pada Mahasiswa Pendidkan Kimia FKIP Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9): 1-13

Jumiati, dan Taufitri, S. 2018. Kendala Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lancang Kuning Dalam Pelaksanaan Mata Kuliah Microteaching T.A 2016/2017. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1): 79-90.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No. 22 Tahun 2014 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurjaman, A., Purwasih, R., dan Sari, I. P. 2018. Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Membuat RPP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2): 33-42.

Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v9i2.11191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Latifah Hanum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXED IN