Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Titrasi Asam Basa untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. G dan Ridwan, T. 2008. Implementasi Problem Based Learning (PBL) Pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung, (Online) 4(1), (http://file. upi.edu/Direktori/FPTK., diakses 5 Mei 2013).
Ajai, T.J, Imoko, B.I., dan O’kwu, E.I. 2013. â€Comparison of The Learning Effectiveness of Problem-Based Learning (PBL) and Conventional Method of Teaching Algebraâ€. Journal of Education and Practice. 4(1) : 131-135.
Brotosiswoyo, B. S. 2001. Hakikat Pembelajaran Sains di Perguruan Tinggi Fisika. Jakarta: Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan Pengembangan Aktivitas Instruksional (PAU-PPAI) Dirjen Dikti.
De Rijdt, C. 2012.â€Rigorously Selected and Well Trained Senior Student Tutors in Problem Based Learning: Student Perceptions and Study Achievementsâ€. Journal Instructional Science. 40(3): 397–411.
Donnell, C. Mc, Connor, C. O’,dan Seery, M. K. 2007. â€Developing Practical Chemistry Skills By Means Of Student-Driven Problem Based Learning Mini-Projectsâ€. Chemistry Education Research and Practice. 8(2): 130-139.
Ferawati. 2011. “Model Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains Guru Fisika Pada Topik Fluida Dinamisâ€. Prosiding Penelitian Bidang Ilmu Eksakta.
Gwee M. 2009. â€Problem-Based Learning: A Strategic Learning System Design For The Education Of Healthcare Professionals in The 21ST Centuryâ€. The Kaohsiung Journal of Medical Science, 25(5): 231-239.
Ibrahim dan Nur. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA.
Iksanudin. 2007. “Pengembangan Keterampilan Generik Sains dan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Topik Hidrolisis Garamâ€. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: SPs UPI.
Kevin, Downing. 2010. “Problem-Based Learning and Metacognitionâ€. As. J. Education & Learning, 1(2) : 75-96.
Khamsah, M.Z. 2004. Developing Generic Skills in Classroom Environment: Engineering Student’s Perspective, (Online), (http://Web,ctl.utm.my. diakses 12 Desember 2012).
Liliasari. 2007. Scientific Concept And Generic Science Skill Relationship in the 21 st Century Science Education, (Online), (http://file.upi.edu/ diakses 30 Juli 2012).
Lou, S.J, Shih, R.C, Diez, C. R, dan Tseng, K.H. (2011). “The Impact of Problem-Based Learning Strategieson STEM Knowledge Integration and Attitudes: an Exploratory Study Among Female Taiwanese Senior High School Studentsâ€. International Journal Technology Education. 21(3) :195–215.
Novita, E, Fadiawati, N, Rudibyani, R. B, Efkar, T. 2012. “Efektivitas Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Asam-Basa Arrhenius Untuk Meningkatkan Keterampilan
– Lantanida Journal, Vol. 1 No. 1, 2014
Siswa SMA dalam Membangun Konsep dan Hukum Sebab Akibatâ€. Tesis tidak diterbitkan, Bandung : SPs UPI.
Nurhadi. 2003. Pembelajaran Konstektual dan Pembelajaran dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Randall, W. H and Holly M. B. 2012.â€Utilizing Problem-Based Learning in Qualitative Analysis Lab Experiments. Journal Chemistry Education, 89(2): 254–257.
Saptorini. 2008. “Peningkatan Keterampilan Generik Sains Bagi Mahasiswa Melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Analisis Instrumen Berbasis Inkuiriâ€, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1): 190-198.
Sari, P. A. 2010. “Penerapan Media Visualisasi Hidrokarbon untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Berpikir Kritis Siswaâ€. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: PPS UPI.
Sanjaya,W. 2008.“Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikanâ€. Jakarta: Kencana.
Widhiyanti, T. 2007. “Pengembangan Keterampilan Generik Sains dan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Topik Sifat Koligatif Larutanâ€. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: SPs UPI.
Wiratama, B.S. 2007. “Pengembangan Keterampilan Generik Sains dan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Topik Kesetimbangan Kimiaâ€. Tesis tidak diterbitkan, Bandung: SPs UPI.
Yuen, L.A dan Lim, L. 2011.â€A Comparison of Students’ Reflective Thinking Across Different Years in A Problem-Based Learning Environmentâ€. Journal Instructional Science. 39, (8):171–188.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v2i1.668
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Hayatuz Zakiyah, Adlim Adlim, Abdul Halim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
INDEXED IN