PENGEMBANGAN MEDIA GEOMETRI MOLEKUL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI SOLUSI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.22373/lj.v9i2.12683Keywords:
Kata Kunci, Media pembelajaran, Macromedia flash, Geometri molekulAbstract
ABSTRAK
Media pembelajaran merupakan alat, metode, dan teknik yang dapat digunakan dalam rangka mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan peserta didik dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hasil observasi di salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran secara daring pada masa pandemi Covid-19 diperoleh informasi bahwa penggunaan media pembelajaran secara daring sangat dibutuhkan dalam mendukung proses belajar mengajar secara daring, salah satunya adalah pada mata pelajaran kimia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media geometri molekul menggunakan macromedia flash sebagai solusi media pembelajaran kimia secara daring di masa pandemi Covid-19. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar angket. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan penyebaran angket respon. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diperoleh informasi bahwa media pembelajaran daring pada materi geometri molekul sangat dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran secara daring. Hasil validasasi berupa skor persentase validasi yang diperoleh dari validator ahli media yaitu 71,66%, sedangkan hasil persentase validator materi dan bahasa diperoleh 80%. Kedua hasil tersebut menunjukkan kriteria media tersebut layak digunakan dengan revisi minor. Hasil respon guru yang melibatkan 5 orang guru diperoleh skor persentase angket sebesar 85% dengan kriteria baik. Sedangkan hasil respon peserta didik diperoleh skor persentase angket sebesar 90% dengan kriteria sangat baik.
ABSTRACT
Learning media are tools, methods, and techniques that can be used in order to streamline communication and interaction between teachers and students in the education and learning process in schools. Based on the results of observations in one of the schools that carried out online learning during the Covid-19 pandemic, information was obtained that the use of online learning media was needed to support the online teaching and learning process, one of which was in chemistry subjects. The purpose of this study was to find out how to develop molecular geometry media using macromedia flash as a solution for online chemistry learning media during the Covid-19 pandemic. The research design used is Research and Development (R&D). The instruments used in this study were validation sheets and questionnaire sheets. Data was collected by using validation sheets and distributing response questionnaires. Based on the results of the need’s analysis, information is obtained that online learning media on molecular geometry material is needed to support the online learning process. The validation results are in the form of a validation percentage score obtained from media expert validators, namely 71.66%, while the percentage results of material and language validators are 80%. The two results indicate that the media criteria are suitable for use with minor revisions. The results of the teacher's response involving 5 teachers obtained a questionnaire percentage score of 85% with good criteria. While the results of student responses obtained a questionnaire percentage score of 90% with very good criteria.
References
Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bajoka, N., Mutiah R (2020). Pengajaran Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Macromedia Flash Hasil Pengembangan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(2), 73-74.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design the ADDIE Approach. USA: Univercity of Georgia.
Cahyadi, A (2019). Pengembangan media dan sumber belajar teori dan prosedur. Banjarmasin: Laksita Indonesia.
Darmawan, ( 2012). Inovasi Pendidikan (pendekatan praktik teknologi multmedia dan pembelajaran online. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Darmayanti., Eka. A., Safei. I., Komikesari. H., Rahayu. R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 1(1), 66-79.
Daryanto, (2013). Media Pembelajaran,peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: gava media.
Meitantiwi. E.Y., Masykuri M., Dwi. N.N. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tutorial Menggunakan Software Macromedia Flash Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X MIA SMA. Jurnal pendidikan kimia, 4(1), 64-77.
Muslich dan Maryaeni, (2010) Bagaiman Menulis Skripsi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mustaji, A. M. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model ADDIE Untuk Mata Pembelajaran Matematika Kelas 5 SD Swasta Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan, 1(1). 5-16.
Nyoman Tri Anindia Putra. N.T.A., Sepdyana. K.K., Widiyaningsih. N.N. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis MOBILE Pada Materi Hidrokarbon, Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 50-61.
Rohanawati, (2014). Pengembangan Media Animasi Dengan Macromedia Flash Pada Materi Struktur Atom. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen”. 2(2), 199-207.
Sari, Novita. I., Saputro. S., Ashadi, (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Sebagai Sumber Belajar Mandiri Pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA dan MA. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 155-156.
Satriaji, A. K. (2018). Implementasi Media Animasi Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Jurnal Pendidikan Bahasa Jerman, 7-15
Elferida. S., Daeli. R. (2018). Pengembangan Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Kimia Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal EduMatSains. 2(2), 118-126.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan. 2(2), 103-111.
Yamasari. Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS, Surabaya: Unesa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access Authors who publish with Lantanida Journal agree to the following terms: a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).