Pengelolaan Arsip Pada Bagian Sekretariat Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olaraga Kabupaten Magelang

Winda Yuli Indaryani, Ghina Fitri Ariesta Susilo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan,arsip pada Bagian,Sekretariat, Dinas, Pariwisata Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pengumpulan data dengan metode wawancara dan observasi. Objek penelitian ini dilakukan di Dinas Pariwisata Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian pada Bagian Sekretariat Dinas Pariwisata Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Magelang yang masih perlu ditingkatkan. Kurangnya ruangan dan arsip paris menjadi kendala dalam pengelolaan arsip. Kendala tersebut diatasi dengan penggunaan ruangan kosong dan bantuan dari karyawan yang sudah pernah mengikuti pelatihan arsip.

 

Kata kunci : Pengelolaan arsip, pengendalian internal, Sekretariat

Dinas Pariwisata Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten  Magelang


Full Text:

PDF

References


Agus Sugiarto & Teguh Wahyono. (2015). Manajemen Kearsipan Modern. Yogyakarta: Gava Media.

Aprilia Makisurat, Jenny Morasa,& Inggriani Elim. (2014). Penerapan sistem pengendalian intern untuk persediaan barang dagangan pada cv. Multi media persada manado. Jurnal EMBA.

Auliawati, T. (2004). Peranan Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagangan pada PT.Pupuk Sriwidjaja Kantor Pemasaran Daerah Sumatera Utara.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud RI. (2016). Diambil kembali dari KBBI Daring: kbbi.kemendikbud.go.id

Damalita, S. (2009). Pentingnya Manajemen Arsip di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Ekonomi Manajemen.

Haryati, N. S. (2013). Pengelolaan Arsip dalam Mendukung Tertib Administrasi di Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Ida, N. (2013). Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: PT.Kanisius.

Laili, M. (2014). Pengelolaan Arsip Dinamis pada Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Semarang. Ekonomic Education Analysis Journal.

Lukas Murdiharjo & Marwan Effendy. (2013). Peranan Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagangan Dalam Menunjang Efektivitas Pengelolaan Persediaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan.

PERKA ARSIP NASIONAL RI No.37. (2016). Dalam Peraturan Kepala Arsip Nasional RI No. 37 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusutan Arsip (hal. 4).

Putri, D. (2018). Pengelolaan Arsip di Kantor Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan.

Sanora, N. A. (2016). Pengelolaan Arsip Pada Bagian Tata Usaha Biro Umum Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Administrasi Negara , 4(2).

Sedarmayanti. (2003). Tata Kearsipan Dengan Memanfaatkan Teknologi Modern. Bandung.

Sedarmayanti. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Mandar Maju.

Sedarmayanti. (2015). TATA KEARSIPAN Dengan Memanfaatkan Teknologi Modern. Bandung: CV Mandar Maju.

Sukoco, B. M. (2007). Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Jakarta: Erlangga.

Sulistiyani, E., & Dwihartanti, M. (2017). Pengelolaan Arsip di Tata Usaha Direktorat Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 6(3), 272-283.

The Liang Gie. (2000). Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.

The Liang Gie. (2000). Administrasi Perkantoran Modern, Jilid III. Yogyakarta: PD. Percetakan Radya Indria, 1972, p.6.

UU RI No. 43. (2009). Dalam UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2009 TENTANG KEARSIPAN (hal. 4).

UU RI No. 43. (2009). Dalam UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2009 TENTANG KEARSIPAN (hal. 6).

Wardah, M. (2016). Pengelolaan Arsip Dinamis. LIBRIA.

Widya Virsefni & Elva Rahmah. (2012). Pengelolaan Arsip inaktif di Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan.

Wursanto. (2003). Kearsipan 1. Yogyakarta: Kanisius.

Wursanto. (2004). Kearsipan 2. Yogyakarta: Kanisius.

Zulkifli , A. (1995). Manajemen Kearsipan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Zulkifli, A. (2003). Manajemen Kearsipan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/10599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.