Hubungan Layanan Story Telling Bagi Pemustaka Penyandang Autisme Sydrom Disorder (ASD) dengan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat (BUKESRA) Banda Aceh, NAD

Ade Nufus

Abstract


Penelitian ini berjudul Hubungan Layanan Story Telling Bagi Pemustaka Penyandang Autisme Sydrom Disorder (ASD) dengan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Bina Upaya Kesejahteraan Para Cacat (BUKESRA) Banda Aceh, NAD. Yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana hubungan layanan story telling bagi pemustaka ASD terhadap pemanfaatan perpustakaan SLB Bukesra Banda Aceh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan layanan story telling bagi pemustaka penyandang ASD dengan pemanfaatan perpustakaan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu memahami secara mendalam permasalahan yang terjadi kemudian dideskripsikan. Populasi terdiri dari siswa sekolah dasar SLB BUKESRA berjumlah dua orang dan guru sekolah dasar di lingkungan tersebut berjumlah 15 orang. Instrumen pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat kegiatan pemanfaatan perpustakaan namun perpustakaan tersebut belum memiliki pustakawan untuk mengelola maupun melayani pemustaka. Layanan story telling diberikan oleh guru pendamping yang belum memahami ilmu perpustakaan dan tidak ada pembekalan ilmu perpustakaan. Sehingga layanan yang diberikan secara monoton kepada pemustaka. Adanya layanan story telling bagi pemustaka penyandang ASD menciptakan adanya kegiatan pemanfaatan perpustakaan.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Fathoni. Metode Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia: Perpustakaan Sekolah, SNI 7329:2009, (Badan standarisasi Nasional, 2009)

Diknas, Sekolah Luar Biasa Sekilas Lintas, (Jakarta: Fa Perkasa Offest, 1981)

Hasil wawancara dengan Siti Rahmi, Wakil Kepala Sekolah SLB BUKESRA, Banda Aceh, 12 Januari 2015.

IAIN Ar Raniry. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Banda Aceh: IAIN Ar-Raniry,2004.

Jazimatul Husna, Pustakawan Dan Social Softskill Bagi Difabel, (Yogyakarta: Cetta Media,2013)

Khatib A Latief. Instrumen Pengumpulan Data, Validitas dan Realibilitas (power point yang dipresentasikan pada mata kuliah Bimbingan Penulisan Skripsi. Banda Aceh: -), 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/1208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.