TRACER STUDY TENTANG LINK AND MATCH ALUMNI S1 ILMU PERPUSTAKAAN FAH UIN AR-RANIRY DAN DUNIA KERJA DI WILAYAH PANTAI BARAT SELATAN ACEH

Saifuddin A Rasyid Saifuddin A. Rasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat tentang link and match antara pendidikan tinggi dan dunia kerja alumni Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UINAr-Raniry. Fokus penelitian ini adalah alumni Prodi S1 Ilmu Perpustakaan yang berdomisili dan bekerja di wilayah Pantai Barat SelatanAceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei bersifatd eskriptif kuantitatif. Resposden dalam penelitian ini berjumlah 76 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis data statistik deskriptif menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS versi 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesesuaian antara pendidikan tinggi dengan dunia kerja yaitu penggunaan mata kuliah teknis dalam dunia kerja dengan persentase sebesar 47.4%. Matakuliah teknis meliputi katalogisasi, klasifikasi, tajuk subyek, deskripsi bibliografi, dan pengindeksan subyek. Kesesuaian mata kuliah non-teknis dalam dunia kerja sebesar 21.1%, dan kesesuaian mata kuliah penunjang dalam dunia kerja sebesar 21.1%. Mata kuliah non-teknis smeliputi manajemen bahan pustaka, pengantar ilmu perpustakaan, promosi perpustakaan, bahan dan jasa rujukan, pengembangan koleksi, kearsipan, pengembangan minat baca, dan psikologi pengguna. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, maka peneliti mengajukan saran kepada prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana, meningkatkan kualitas dosen serta adanya wadah komunikasi antara prodi dengan alumni. Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry perlu melakukan peningkatan kerja sama dengan lembaga lain dalam hal penyaluran lulusan Ilmu Perpustakaan agar pekerjaan sesuai dengan ilmu yang dimiliki di perguruan tinggi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/3382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.