Peningkatan Layanan Knowledge Sharing Perpustakaan melalui WhatsApp
Abstract
WhatsApp digunakan secara meluas oleh setiap individu untuk berkomunikasi atau berinteraksi satu sama lain secara online. Sebagai sebuah aplikasi, WhatsApp memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya dalam menyampaikan pesan teks kepada koleganya, termasuk photo, video dan suara.Aplikasi tersebut memungkinkan setiap individu atau kelompok berdiskusi membahas satu problema tertentu dalam satu group tanpa harus bertemu tatap muka. Tanya jawab, permintaan, saran, kritikan dan complain bisa disampaikan melalui media sosial bernama WhatsApp. Layanan perpustakaan bisa ditingkatkan menggunakan aplikasi ini dengan mengembangkan layanan knowledge sharing.Perpustakaan membangun database koleksi digital untuk dilayankan kepada pemustaka secara online.Knowledge sharing akan berjalan dengan baik jika dijembatani oleh sebuah aplikasi berupa WhatsApp. Pemustaka dapat meminta kepada pustakawan bahan bacaan yang diperlukan dengan mengirim pesan teks, kemudian pustakawan memberikan jawaban disertai bahan yang diminta oleh pemustaka.Aplikasi WhatsApp sangat bagus digunakan di perpustakaan dalam upaya meningkatkan layanan informasi atau knowledge sharing. Perpustakaan sebaiknya membuat sebuah nomor kontak dan di-publish agar bisa dimamfaatkan oleh pemustaka untuk akses informasi yang ada di perpustakaan tersebut.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Anwar, Pemanfaatan Media Sosial dalam Pelayanan Referensi 2.0 di Indonesia, UIN Sunan Kali Jaga : Yogyakarta, 2016
Ahmed, Y. A., Ahmad, M. N., Ahmad, N., & Zakaria, N. H. (2018). Social Media for Knowledge-Sharing : A Systematic Literature Review. Telematics and Informatics. https://doi.org/10.1016/j.tele.2018.01.015
Arief Gunawan, Jurnal Pari, Pemanfaatan Media Sosial di Perpustakaan, 2017
Fiander, D. J. (n.d.). Social media for academic libraries. Social Media for Academics: A practical guide. Woodhead Publishing Limited. https://doi.org/10.1016/B978-1-84334-681-4.50011-6
Harrison, A., Burress, R., Velasquez, S., & Schreiner, L. (2017). The Journal of Academic Librarianship Social Media Use in Academic Libraries : A Phenomenological Study. The Journal of Academic Librarianship. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2017.02.014
Hasan, S. M. S., Bisset, K., Fox, E. A., Hall, K., Leidig, J. P., & Marathe, M. V. (2013). An Extensible Digital Library Service to Support Network Science. Procedia Computer Science, 18, 419–428. https://doi.org/10.1016/j.procs.2013.05.205
Java, Sl. C. W. (2016). Prosiding Seminar Nasional. Kreativitas PUustakawan pada Era Digital dalam Menyediakan Sumber Informasi bagi Generasi Digital Native.
Priyanto, I. F. (n.d.). Lingkaran Informasi & perpustakaan.
Robinson, L., Behi, O., Hons, B. A., Corcoran, A., Cowley, V., Cullinane, J., … Tomkinson, D. (2015). Evaluation of Whatsapp for Promoting Social Presence in a First Year Undergraduate Radiography Problem-Based Learning Group. Journal of Medical Imaging and Radiation Sciences, 46(3), 280–286. https://doi.org/10.1016/j.jmir.2015.06.007
Xu, F., & Tina, J. (2018). Computers in Human Behavior Factors in fl uencing users ’ satisfaction and loyalty to digital libraries in
Chinese universities. Computers in Human Behavior, 83, 64–72. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.01.029
Yang, S. Q., & Li, L. (2016). Library Public Services Promoted by Social Media. Emerging Technologies for Librarians. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/B978-1-84334-788-0.00009-4
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/4072
Refbacks
- There are currently no refbacks.