Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Menentukan Notasi Berdasarkan Sistem Klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) Sebagai Sumber Pembuatan Call Number (Studi Kasus Pada Mahsiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2014

Nanda Mutia Mutia Nanda, Suherman Herman Suherman

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan dan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menetukan notasi berdasarkan sistem klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) sebagai sumber pembuatan Call Number. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi S1 Ilmu Perpustakaan angkatan 2014 dan objeknya sebanyak 60 orang. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan frekuensi dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan responden dalam menentukan notasi dengan menggunakan DDC masih rendah. Dari 10 pertanyaan, hanya 3 pertanyaan yang paling banyak terjawab benar, sementara 7 pertanyaan lain dijawab salah. Sedangkan dari hasil wawancara yang dilakukan untuk melihat kendala yang dihadapi oleh responden adalah rendahnya penguasaan bahasa Inggris yang merupakan bahasa sari DDC versi asli. Kendala berikutnya adalah sebagian responden tidak memiliki buku DDC sendiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa prodi S1 Ilmu Perpustakaan angkatan 2014 dalam menentukan notasi berdasarkan sistem klasifikasi DDC masih sangat rendah, hal ini didukung oleh hasil angket dan wawancara yang telah didapatkan oleh penulis.

Full Text:

PDF

References


Ade Kohar. Panduan Klasifikasi Menggunakan DDC Edisi 20. Jakarta: Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah. 1995.

Djam’an Satori dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. 2011

Dokumen prodi S1 Ilmu Perpustakaan. 2017

UIN Ar-Raniry Banda Aceh, (skripsi) Banda aceh: Fakultas adab dan Humaniora. 2016.

Helsa. Pengololaan Perpustakaan. 2014. Diakses http://pp.ktp.fip.unp.ac.id.

Ita Andriani Hasram. Analisis Sistem Klasifikasi Bahan Pustaka Diperpustakaan Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat Universitas Islam Negeri Aluddin Makasar. 2016. Diakses http://www.google.com/notasi dalam ilmu perpustakaan.

Lasa Hs. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka book publisher. 2009.

Muslina. Pengantar Klasifikasi (Dewey Decimal Classification). Jurnal LIBRIA: Media Komunikasi Pustakawan dan Akademisi, Vol. 4, (5), Banda Aceh: Perpustakaan Program Sarjan IAIN Ar-Raniry, 2013.

Suharyanto. Notasi Wilayah Untuk Indonesia Pada DDC Edisi 23 dan Perluasan Notasi DDC untuk Wilayah Indonesi. Edisi: Vol. 14 No. 2. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia,2011.

Sulistyo Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.

Uni Triani. Manfaat Nomor Panggil Dalam Kegiatan Perpustakaan. Bogor: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 2000. Diakses https://www.google.com/search

Wiji Siwarno. Pengetahuan Dasar kepustakaan: Sisi Penting perpustakaan dan Pustakawan. Bogor: Ghalia Indonesia. 2010.

Zulfikar Zen. Dewey Decimal Classification: Buku Kerja. Program studi Ilmu Perpustakaan Fakultas ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/4947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.