UPAYA TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) AR-RASYID DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS LITERASI

Mutia Watul Wardah

Abstract


Taman Bacaan Masyarakat bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan di bidang bahan bacaan dan pelaksanaan kegiatan literasi kepada masyarakat . Metode penelitian dalam penelitian ini dengan menggunakan deskriptif kualititatif melalui data yang diperoleh dari lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil dalam penelitian ini adalah salah satu Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang menyediakan dan memberikan layanan dalam hal pemberdayaan masyarakat berbasis literasi adalah Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid. Rasyid mempunyai program dalam pemberdayaan anak-anak seperti pengenalan huruf, membaca, berhitung, merajut, menari, melukis,  pengenalan bahasa asing terutama bahasa Arab dan Inggris, pengenalan komputer, program literasi kepada masyarakat secara umum pada hari Minggu saat Car Free Day. Upaya TBM Ar-Rasyid dalam pemberdayaan masyarakat berbasis literasi tidak terlepas dari peran relawan pegiat literasi.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat., 2013. Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria Petunjuk Teknis Pengajuan, Penyaluran dan Pengelolaan Bantuan Taman Bacaan Masyarakat Rintisan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Encang Saepuddin, dkk, 2017. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bagi Anak-Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan. Vol.V/No.1, 2017) Bandung: ProgramStudi Ilmu Perpustakaan Universitas Padjadjaran.

Indonesia, 2003.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sistem Pendidikan Nasional.

Jeng Ayu Ning Tyas. 2018. All Librarians are Public Relations Public Relations as a Personal Competencies towards professional Librarian in 21st Century. (Media Pustakawan Vol. 24 No.3 Tahun 2018). Jakarta. Perpustakaan Nasional RI.

Jozef Raco. 2010. Metode Penelitian Kualitatif (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Media Informasi: Dalam Buletin Perpustakaan Bung Karno, Th. I / Vol. III / 2009.

Muri Yusuf. 2017 . Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan . Jakarta: Kencana.

Stian Haklev. 2008. Mencerdaskan Bangsa- Suatu Pertanyaan Fenomena Taman Bacaan di Indonesia: Tesis Prasyarat Kesarjanaan.

Tunardi. . 2018. Memaknai Peran Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menumbuhkembangkan Budaya Literasi. ( Media Pustakawan Vol. 25 No.3 Tahun 2018). Jakarta. Perpustakaan Nasional RI.

Ruslan, “Membangun Literasi Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat: Eksplorasi Pengalaman Community Engagement Program di Cot Lamme –Aceh Besar,” Jurnal Adabiya, Vol,19, No. 2. (2017), http://jurnal.ar raniry.ac.id/index.php/adabiya, diakses 6 April 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/4989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.