PENGEMBANGAN KOLEKSI PADA PERPUSTAKAAN SEKOLAH LUAR BIASA C. DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA

Nurul Fadilla Nurul Fadilla

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan koleksi pada perpustakaan Sekolah Luar Biasa C. Dharma Rena Ring I Putra Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan cara observasi langsung, wawancara secara mendalam, dan studi kepustakaan. Problematika dalam penelitian meliputi adanya proses dari tahapan pengembangan koleksi yang masih belum berjalan secara efisien dikarenakan belum adanya kebijakan pengembangan koleksi secara tertulis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan proses pengembangan koleksi dilakukan berdasarkan beberapa tahapan yaitu analisis pengguna, pengembangan, seleksi koleksi, pengadaan, penyiangan dan evaluasi. Proses analisis pengguna serta penyeleksian bahan pustaka dilakukan melalui observasi pengelola perpustakaan berdasarkan hasil interaksi kebutuhan langsung dari siswa, guru, dan orang tua. Koleksi yang paling banyak diminati adalah koleksi buku cerita bergambar dengan warna yang menarik melihat konteks dari pengguna perpustakaan adalah anak berkebutuhan khusus yaitu tunagrahita. Output dari penelitian ini diharapkan mampu memecahkan beberapa permasalahan yang timbul dengan dibuatnya kebijakan pengembangan koleksi secara tertulis, dimana kebijakan pengembangan koleksi akan menjadi acuan dan pedoman yang berkelanjutan dalam mengambil keputusan serta menyelesaikan masalah yang terjadi, dan diharapkan pihak sekolah dapat mengikutsertakan pengelola perpustakaan dalam berbagai seminar atau pelatihan agar kompetensi dan keilmuan dapat terus berkembang serta dapat diimplementasikan untuk memajukan perpustakaannya. 


Full Text:

PDF

References


Australian Library and Information Association. 1998. “Guidelines on Library Standards for People with Disabilities.” https://www.alia.org.au/about-alia/policies-and-guidelines/alia-policies/guidelines-library-standards-people-disabilities. Diakses 16 Oktober 2019.

Badan Standarisasi Nasional. 2009. SNI 7329:2009 Tentang Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Bafadal, Ibrahim. 2014. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, J.W. 1994. Research Design Qualitative & Quantitative. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmono. 2007. Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Data Kerja. Jakarta: Grasindo.

Direktorat Jendral Bina Kesehatan Anak. 2010. Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak di Sekolah Luar Biasa Bagi Petugas Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 1718

Evans, G., dan Saponaro, Margaret Zarnosky. 2005. Developing Library and Information Center Collections. USA: Libraries Unlimited.

Hadari, Nawawi. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hibner, Holly, dan Kelly, Merry. 2013. Making a Collection Count: A Holistic Approach to Library Collection Management. United Kingdom: Chandos Publishing.

Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta.

Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. Jakarta.

Johnson, Peggy. 2014. Fundamentals of Collection Development and Management. Chicago: American Library Association.

Lasa. HS. 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Patel, Sanjay. 2016. Collection Development in Academic Libraries. India: International Journal of Library and Information Science. Vol. 8, No. 7.

Pratiwi, Ratih Putri dan Afin Murtiningsih. 2013. Kiat Sukses Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suparno. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.

Wartman, William A. 1989. Collection Development: Background and Principles. Chichago: America Library Association.

Yuyu, Yulia dan Jayanti G. Sujana. 2009. Pengembangan Koleksi. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/5982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.