Implementasi UU No. 12 Tahun 2012 dan PP No. 8 Tahun 2012 Terhadap Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.22373/ls.v8i2.4560Keywords:
UU No. 12 Tahun 2012 dan PP No. 8 Tahun 2012, Pengembangan Kurikulum, Program Studi Pendidikan Bahasa ArabAbstract
Pendidikan Tinggi diharapkan mampu meningkatkan daya saing bangsa Indonesia dalam menghadapi globalisasi di segala bidang, dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menghasilkan intelektual dan ilmuwan yang profesional, berbudaya, kreatif dan berkarakter tangguh, serta berani membela kebenaran untuk kepentingan bangsa. Untuk itu pendidikan tinggi harus dapat secara terencana mewujudkan suasana akademik pada proses pembelajaran yang berkualitas agar mahasiswa aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Salah satu usaha yang dilakukan membangun budaya pendidikan di perguruan tinggi adalah dengan melakukan pengembangan kurikulum secara total yang lebih memfokuskan pada skill dan inovasi berpikir. Realisasi dari konsep tersebut adalah pada penyusunan kurikulum pendidikan yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagai implementasi dari UU No. 12 tahun 2012 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Menindaklanjuti regulasi tersebut, program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh melakukan pengembangan kurikulum pendidikan dengan menyusun profil lulusannya sebagai guru bahasa Arab, penerjemah Arab-Indonesia dan Indonesia Arab dan peneliti pemula bidang pendidikan bahasa Arab. Ketiga profil ini memiliki capaian atau karakteristik kompetensi bidang sikap, pengetahuan dan keterampilan umum dan keterampilan untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja dan industri.
References
Hilda Taba, Curriculum Development: Theory and Practoce, (USA: Harcourt, Brace, & Worl, 1962)
Iskandar Wiryokusumo dan Usman Mulyadi, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, (Bandung: Mandar Maju, 1990)
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999)
Oemar Hamalik, Pengembangan Kurikulum: Dasar-Dasar dan Perkembangannya, (Bandung: Mandar Maju, 1990)
Omar Muhammad al-Toumy al-Syaybânî, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979)
Yahya Hamid Handam dan Jabir ‘Abdul Hamid Jabir, al-manahij: Ususuha, Takhtitutha, Taqwinuha, (Kairo: Dar al-Nahdah al-‘Arabiyyah, 1978)
S. Nasution, Kurikulum dan Pengajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995)
Tim Belmawa-Dikti, Buku Panduan Kurikulum Pendidikan Tinggi, (Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,: Jakarta, 2014)
UIN Ar-Raniry, Panduan Akademik UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tahun 2017
Zulfatmi, “Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi: Studi AnalisisTerhadap Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Jenjang SMU,” tesis S2, (Banda Aceh; PPs IAIN Ar-Raniry, 2003)
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
1.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
1.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
2.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
2.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).