Implementasi UU No. 12 Tahun 2012 dan PP No. 8 Tahun 2012 Terhadap Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Buhori Muslim, Syarifuddin Hasyim

Abstract


Pendidikan Tinggi diharapkan mampu meningkatkan daya saing bangsa Indonesia dalam menghadapi globalisasi di segala bidang, dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menghasilkan intelektual dan ilmuwan yang profesional, berbudaya, kreatif dan berkarakter tangguh, serta berani membela kebenaran untuk kepentingan bangsa. Untuk itu pendidikan tinggi harus dapat secara terencana mewujudkan suasana akademik pada proses pembelajaran yang berkualitas agar mahasiswa aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Salah satu usaha yang dilakukan membangun budaya pendidikan di perguruan tinggi adalah dengan melakukan pengembangan kurikulum secara total yang lebih memfokuskan pada skill dan inovasi berpikir. Realisasi dari konsep tersebut adalah pada penyusunan kurikulum pendidikan yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagai implementasi dari UU No. 12 tahun 2012 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Menindaklanjuti regulasi tersebut, program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh melakukan pengembangan kurikulum pendidikan dengan menyusun profil lulusannya sebagai guru bahasa Arab, penerjemah Arab-Indonesia dan Indonesia Arab dan peneliti pemula bidang pendidikan bahasa Arab. Ketiga profil ini memiliki capaian atau karakteristik kompetensi bidang sikap, pengetahuan dan keterampilan umum dan keterampilan untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja dan industri.


Keywords


UU No. 12 Tahun 2012 dan PP No. 8 Tahun 2012, Pengembangan Kurikulum, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Hilda Taba, Curriculum Development: Theory and Practoce, (USA: Harcourt, Brace, & Worl, 1962)

Iskandar Wiryokusumo dan Usman Mulyadi, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, (Bandung: Mandar Maju, 1990)

Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999)

Oemar Hamalik, Pengembangan Kurikulum: Dasar-Dasar dan Perkembangannya, (Bandung: Mandar Maju, 1990)

Omar Muhammad al-Toumy al-Syaybânî, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979)

Yahya Hamid Handam dan Jabir ‘Abdul Hamid Jabir, al-manahij: Ususuha, Takhtitutha, Taqwinuha, (Kairo: Dar al-Nahdah al-‘Arabiyyah, 1978)

S. Nasution, Kurikulum dan Pengajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995)

Tim Belmawa-Dikti, Buku Panduan Kurikulum Pendidikan Tinggi, (Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,: Jakarta, 2014)

UIN Ar-Raniry, Panduan Akademik UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tahun 2017

Zulfatmi, “Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi: Studi AnalisisTerhadap Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Jenjang SMU,” tesis S2, (Banda Aceh; PPs IAIN Ar-Raniry, 2003)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ls.v8i2.4560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buhori Muslim, Syarifuddin Hasyim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Lisanuna
Jurnal Lisanuna©2020/2021, Published by Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh
All rights reserved
=================
To be Indexed by:

 

Flag Counter