PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MUHADATSAH YAUMIYYAH DI PONDOK PESANTREN MODERN TGK. CHIEK OEMAR DIYAN ACEH BESAR

Said Alwi, Aina Salsabila

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh pemberian reward dan punishment secara parsial dan simultan terhadap motivasi muhadatsah yaumiyyah siswa di pondok pesantren modern Tgk. Chik Oemar Diyan. Untuk mencapai tujuan ini maka metodologi penelitian yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasinya adalah seluruh siswa di Pesantren Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 1090 orang. Penarikan sampel dengan teknik random sampling dan penentuan jumlah sampel dengan rumus Taro Yamane atau Slovin sehingga menghasilkan sampel sebanyak 293 responden. Sedangkan instrumen penelitian berupa angket (kuesioner) dengan menggunakan Skala Likert yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Kemudian data akan dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif signifikan reward terhadap motivasi Muhadatsah Yaumiyyah siswa berdasarkan nilai signifikansi  0,000 < 0,05 dan nilai t hitung = 9,730 > t tabel = 1,968. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan punishment terhadap motivasi Muhadatsah Yaumiyyah siswa berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 5,416 > t tabel 1,968. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan reward dan punishment terhadap motivasi Muhadatsah Yaumiyyah siswa berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 76,421 > F table 3,026. Menurut hasil uji determinasi menunjukkan bahwa reward dan punishment dapat mempengaruhi motivasi Muhadatsah Yaumiyyah siswa sebesar 34,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.


Keywords


Reward dan Punishment, Motivasi, Muhadatsah Yaumiyyah

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, dan Nur Uhbiyati, 1991, Ilmu pendidikan,Jakarta, PT Rineka Cipta.

Arief, Armai, 2000, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta.

Aufa, Faiz Mazdha, 2017,Pengaruh Penerapan dan Punishment Dalam Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Fan Markazul Lughoh Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Putri Bangsri Jepara, Yogyakarta: FTIK Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017, http://digilib.uin-suka.ac.id/25258/, akses 12 Juni 2018 pukul 12.20 WIB.

Data Dokumentasi TU Ponpes Oemar Diyan

Djamarah, SyaifulBachri, 2000, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, PT Reneka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2002,Psikologi belajar, Jakarta, PT Rineka Cipta.

Djamarah,Syaiful Bachri dan Aswan Zain, 1997, Strategi Belajar Mengajar, Bandung, PT Rineka Cipta.

Effendy, Ahmad Fuad, 2009 Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang, Misykat.

Erlina, Erna, Proses Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam, http://ernaerlina1.blogspot.co.id/2015/01/proses-pembelajaran-dalampendidikan.html, akses pada tgl 17 November 2017pukul 09.00 WIB.

Fadjar, Malik, 2005, Holistika Pemikiran Pendidikan, Jakarta, Raja Grafindo.

Hasanah, Muammarotul, Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP NU Pakis Malang, Skripsi Jurusan Pendidikan IPS, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2015, http://etheses.uin-malang.ac.id/2923/1/09130096.pdf, akses tgl 12 Oktober 2018 pukul 13.20 WIB.

Jubaidah, Siti, Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Arab di Pondok Modern Gontor di Darul Ma’rifat Gurah Kediri Jatim, Jurnal Parameter Volume 27 No.2.

Khodijah, Nyanyu, 2014, Psikologi Pendidikan, Cet:1, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Mukti, 1998, Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa, Jakarta, Erlangga.

Prawira, Purwa Atmaja, 2013, Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru, Yogyakarta: PT. Purwa Atmaja Prawira.

Purwanto, Ngalim, 1994,Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Riduwan, 2007, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung, Alfabeta.

Sapti, Reward dan Punishment, http://saptiblogger.blogspot.com, diakses Tgl 20 November pukul 15.50 WIB.

Sardiman A. M, 2012, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Rajawali.

Sriyanti, Lilik, 2014, Psikologi Belajar, Salatiga.

Sudjana, 2004, Metode Statistika, Bandung, Tarsito.

Trimanjuniarso, Teori Belajar Behavioristik, http://Trimanjuniarso.wordpress.com, diakses Tgl 20 November 2018 Pukul 13.30 WIB.

Ulwan, Abdullah Nasih, 1994, Pendidikan Anak dalam Islam, Terj. Jamaluddin Miri, Jakarta, Pustaka Amani.

Usman, Moh Uzer,2000,Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ls.v9i1.6733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Said Alwi, Aina Salsabila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Lisanuna
Jurnal Lisanuna©2022/2023, Published by Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh
All rights reserved
=================
To be Indexed by:

 

Flag Counter