Pembelajaran Maharah al-Kalam untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
DOI:
https://doi.org/10.22373/l.v4i2.852Keywords:
Pembelajaran Maharah Al-KalamAbstract
Dalam konteks pembelajaran bahasa Arab, mahārat al-kalām termasuk keterampilan pokok yang harus dikuasai siswa dan merupakan salah satu tujuan akhir pembelajaran bahasa Asing. Jalannya pembelajaran mahārat al-kalām di jurusan PBA, belum menunjukan hasil yang menggambarkan kecakapan mahasiswa dalam berbahasa Arab secara aktif produktif. Sesuai dengan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Metode Pembelajaran Maharat al-Kalam Jurusan PBA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-raniry Banda Aceh?“. Keterampilan berbicara (maharah al-kalam/speaking skill) adalah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan pikiran berupa ide, pendapat, keinginan, atau perasaan kepada mitra bicara. Dalam makna yang lebih luas, berbicara merupakan suatu sistem tanda-tanda yang dapat didengar dan dilihat yang memanfaatkan sejumlah otot tubuh manusia untuk menyampaikan pikiran dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Hasil penelitian menyatakan bahwa untuk meningkatkan kemahiran kalam mahasiswa dibekali dengan kemampuan-kemampuan dasar dalam berbicara yang sangat diperlukan ketika terjun ke lapangan, seperti latihan penerapan pola dialog, kosa kata, kaidah, mimik muka, dan sebagainya. Ada beberapa teknik yang mungkin dilakukan dalam latihan ini, antara lain: dialog ( al-hiwar), praktek pola (tathbiq al-namudzaj), dan karangan lisan ( al-tarkib al-syafawi).
References
Ahmad Fuad Mahmud Ilyan. 1992. Al-Maharat al-Lughawiyyah: Mahiyatuha wa Tharaiq Tadrisiha. Dar al-Muslim Li al-Nasyr wa al-Tauzi’, Riyadh.
Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2009)
Abd. Wahab Rosyidi & Mamlu’atul Ni’mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Maliki Press, 2011)
Ahmad Fuad Mahmud Ilyan. 1992. Al-Maharat al-Lughawiyah: Mahiyatuha wa Thara’iq Tadrisiha. Riyadh: Dar al-Muslim Li al-Nasyr wa al-Tauzi’
‘Audh, Ahmad Abduh. Madakhil Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah. Makkah Mukarramah: Jami’ah Umm al-Qura.
Abd al-`Aziz ibn Ibrahim, al-Usail al-Nazariyyāt al-Lughawiyyah wa al-Nafsiah wa al-Ta`līm al-Lughah al-‘Arabiyah, (Riyad: Maktabah al-Malik Fahd al-Watsaniyyah, 2000)
Ali Ahmad Madkur. Tadrīs Funūn al-Lughah al-Árabiyah, (Kairo: Dār al-Fikr al-`Arabi, 2000).
Fathi Ali dan Muhammad Yunus Abd al-Rauf. 2003. Al-Marji’ Fy Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li al-Ajanib Min al-Nadzariyyah Ila al-Tathbiq.al-Qahirah: Maktabah Wahbah.
Fiddaroini, Saidun, Efektivitas dan Efisiensi Sosialisasi Bahasa Arab, (Surabaya: CV. Cempaka, 1997)
Hasan Ja`far al-Khalifah, Fusūl fi Tadrīs al-Lughah al-’Arabiyah, (Riyad: Maktabah al-Rusy, 2003)
Lexy J.Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000)
Mahmud Kamil Al-Naqah. 1985. Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li al-Nathiqin Bi Lughat Ukhra: Ususuh, Mahakhiluh, Thuruq Tadrisih. Makkah al-Mukarramah: Jami’at Um al-Qura
Mahmud Kamil Al-Naqah. 1985. Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li al-Nathiqin Bi Lughat Ukhra: Ususuh, Mahakhiluh, Thuruq Tadrisih. Makkah al-Mukarramah: Jami’at Um al-Qura
Sutrisnohadi. Metode penelitian, (Yogyakarta: andi cepewi, 2000)
Sa`id Subar, al-Mustalāh Khiyār Lughawi wa Simah Hadariyyah, (Qatar: Kitab al-Ummah, 2000)
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
1.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
1.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
2.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
2.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).