Konsep Talak Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah (Analisis Waktu Dan Jumlah Penjatuhan Talak)
Abstract
Talak merupakan hukum yang disyariatkan bagi satu pasangan yang tidak mungkin lagi membina hubungan keluarga dengan baik. Peluang talak ini dapat dipilih oleh suami dengan memperhatikan tata cara dan prosedur yang sesuai dengan hukum Islam. Terdapat beberapa hukum yang ulama tidak padu dan berbeda pendapat, khususnya mengenai konsep talak dilihat dari sisi waktu dan jumlah penjatuhannya. Penelitian ini henda mengkaji pendapat Ibn Qayyim. Masalah yang didalami adalah bagaimana pandangan Ibnu Qayyim al-Jauziyyah terhadap konsep dan pengaruh hukum talak syar’i dilihat dari segi waktu dan jumlah penjatuhan talak, dan bagaimana metode istinbaṭ yang ia gunakan. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka, data yang terkumpul dianalisis dengan cara analisis-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Ibn Qayyim al-Jauziyyah, konsep talak secara umum ada dua bentuk, yaitu talak dari segi waktu dan dari segi jumlah. Dari segi waktu, talak dilakukan saat isteri suci dan tidak digauli saat suci tersebut. Pengaruh suami yang menceraikan isteri saat haid dan telah digauli, itu diharamkan dan talak tidak jatuh. Dari segi jumlah, hak talak suami hanya ada tiga. Tiga jumlah hak talak tersebut digunakan secara bertahap, tidak bisa digunakan sekaligus. Pengaruh suami yang menceraikan isteri dengan talak dua atau tiga sekaligus, talak yang jatuh hanya dipandang satu kali. Adapun dalil yang digunakan Ibn Qayyim yaitu QS. al-Ṭalāq ayat 1, QS. al-Baqarah ayat 229, QS. al-Baqarah ayat 230, dan QS. al-Nūr ayat 6. Adapun riwayat hadis di antaranya hadis dari Nafi’ riwayat Abī Dāwud, dari Sa’di bin Ibrahim riwayat Muslim, dari Abdullah bin Ali bin Sa’ib riwayat Abī Dāwud, dan dari Ibn Wahab riwayat HR. Nasā’i. Metode yang digunakan Ibn Qayyim yaitu bayanī dan metode istiṣlāḥī.
Talak is a law prescribed to one spouse that is no longer likely to foster family relationships well. The chance of this Talak can be chosen by the husband taking into account the ordinances and procedures according to Islamic law. There are some laws that scholars do not mix and differ, especially regarding the concept of Talak seen from the time and number of the allotment. This study has studied Ibn Qayyim's opinion. The issue in the matter is how Ibn Qayyim al-Jauziyyah's view of the concept and influence of the law is seen in terms of time and the number of a bailout, and how the Istinbaṭ method he used. This research includes the research of libraries, the collected data is analyzed in a descriptive-analysis way. The results showed that according to Ibn Qayyim al-Jauziyyah, the concept of Talak, in general, there are two forms, namely Talak in terms of time and in terms of number. In terms of time, the Talak was performed during the Holy Wife and not in the holy moment. The influence of the husband who divorced the wife during menstruation and has been held, it is haraam and the Talak does not fall. In terms of numbers, the right to the husband is only three. The three total rights of the Board are used gradually, not to be used at once. The influence of the husband who divorced the wife with a two or three talak at once, a talak that fell only considered one time. The evidence that Ibn Qayyim used is QS. al-Ṭalāq verse 1, Qs. Al-Baqarah verses 229, Qs. Al-Baqarah verses 230, and Qs. Al-Nūr verse 6. The history of Hadith includes hadith from Nafi ' History of Abī Dāwud, from Sa'di bin Ibrahim Muslim history, from Abdullah bin Ali bin Sa'ib abī dāwud history, and Ibn Wahab narrated by the history of the Christian. The method used Ibn Qayyim was bayanī and the method Istiṣlāḥī.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Hamid Sarong, Hukum Perkawinan Islam di Indonesia, Cet. 3, Banda Aceh: Yayasan PeNA, 2010.
Abd al-‘Azīz Mabruk al-Aḥmadi, dkk, al-Fiqh al-Muyassar, terj: Izzudin Karimi, Cet. 3, Jakarta: Darul Haq, 2016.
Abd al-Wahhāb al-Khallāf, ‘Ilm Uṣūl al-Fiqh, terj: Moh Zuhri dan Ahmad Qorib, Edisi Kedua, Semarang: Dina Utama, 2015.
Abd Rahman al-Ghozali, Fiqh Munakahat, Cet. 7, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2015.
Abdullāh al-Tuwaijīrī, Mujhtaṣar al-Fiqh al-Islāmī, terj: Achmad Munir Badjeber, dkk, Cet. 23, Jakarta: Darus Sunnah Press, 2015.
Abdurraḥmān al-Jazīrī, al-Fiqh ‘alā al-Mażāhib al-Arba’ah, terj: Faisal Saleh, Jilid 5, Cet. 2, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2017.
Abdus Sami’ Ahmad Imam, Minhāj al-Ṭālib fī al-Muqāranah baina al-Mażāhib, terj: Yasir Maqosid, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2016.
Abī Dāwud Sulaimān bin al-Asy’aṡ al-Sajastānī, Sunan Abī Dāwud, Riyadh: Bait al-Afkār al-Dauliyyah Linnasyr, 1420.
Abu Ahmad Najieh, Fikih Mazhab Syafi’i, Cet. 2, Bandung: Marja, 2018.
Abū Bakr Jabīr al-Jazā’irī, Minhāj al-Muslim, terj: Syaiful, dkk, Surakarta: Ziyad Books, 2018.
Abū Mālik Kamal ibn al-Sayyid Salim, Fiqh al-Sunnah li al-Nisā’, terj: Firdaus, Jakarta: Qisthi Press, 2013.
Abū Umar al-Afghānī, al-Furūq al-Fiqhiyyah ‘Inda al-Imām Ibn Qayyim al-Jauziyyah, Riyadh: Maktabah al-Rusyd, 2009.
Achmad W. Munawwir dan M. Fairuz, Kamus al-Munawwir, Surabaya: Pustaka Progressif, 2007.
Al Yasa’ Abubakar, Metode Istislahiah: Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dalam Ushul Fiqh, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2016.
Alī al-Nasā’ī, Sunan al-Nasā’ī, Riyadh: Bait al-Afkār al-Dauliyyah, 1999.
Amir Syarifuddin, Hukum Perkawinan Islam di Indonesia: Antara Fiqh Munakahat dan Undang-Undang Perkawainan, Cet. 5, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.
Amiur Nuruddin dan Azhari Akmal Tarigan, Hukum Perdata Islam di Indonesia: Studi Kritis Perkembangan Hukum Islam dari Fikih, UU No 1/1974 Sampai KHI, Cet. 5, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.
Arent Jan Wensink, al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fāẓ al-Ḥadīṡ al-Nabawī, Juz 1, Leiden: Maktabah Bril, 1936.
H.M.A. Tihami dan Sohari Sahrani, Fikih Munakahat: Kajian Fikih Nikah Lengkap, Cet. 4, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
Ḥabīb al-Afghānī, al-Furūq al-Fiqhiyyah ‘inda al-Imām Ibn Qayyim al-Jauziyyah, Riyadh: Maktabah al-Rusyd, 2009.
Hubairah al-Baghdādī al-Ḥanbalī, al-Ijmā’ al-A’immah al-Arba’ah wa Ikhtilāfuhum, Juz 2, Tp: Dār al-‘Ullā, 2009.
Ḥusein Muḥammad Yūsuf, Ahdāf al-Usrah fī al-Islām wa Aṡṡiyārāt al-Muḍāddah, terj: Salim Basyarahil, Cet. 11, Jakarta: Gema Insani Press, 2001.
Ibn Katsir, Taisīrul ‘Allāmi Syarhu ‘Umdatil Ahkam; Fikih Hadits Bukhari Muslim, ter: Umar Mujtahid, Jakarta: Ummul Qura, 2013.
Ibn Qayyim al-Jauziyyah, ‘Aun al-Ma’būd Syarḥ Sunan Abī Dāwud, Juz 6, Madinah: Maktabah al-Salafiyyah, 1968.
, Aḥkām Ahl al-Żimmah, Riyadh: Rasyādī al-Nasyr, 1997.
, al-Tafsīr al-Qayyim li Imām Ibn Qayyim, Terj: Kathur Suhardi, Jakarta: Darul Falah, 2000.
, al-Ṭurq al-Ḥukmiyyah fī al-Siyāsah al-Syar’iyyah, Mekkah: Dār ‘Ālim al-Fawā’id, 1427.
, Badā’i’ al-Tafsīr, Juz 3, Bairut: Dār Ibn al-Jauzī, 1427.
, Ighāṡah al-Laḥfān min Maṣāyid al-Syaiṭān, Taḥqīq: Abd al-Ḥamīd al-Ḥalabī, Juz 1, Bairut: Dār Ibn Jauzī, 1420.
, Majmū’ al-Rasā’il: Ighāṡah al-Lahfān fī Ḥukm Ṭalāq al-Ghaḍabān, Mekkah: Dār ‘Ālim al-Fawā’id, tt.
, Mawārid al-Amān al-Muntaqā min Ighāśatul Lahfān fī Maşāid al-Syaiṭān, terj: Ainul Haris Umar Arifin Thayib, Cet. 6, Jakarta: Darul Falah, 2005.
, Miftāḥ Dār al-Sa’ādah, ter: Abdul Hayyie al-Kattani, dkk, Jakarta: Media Eka Sarana, 2004.
, Rauḍah al-Muḥibbīn wa Nuzahah al-Musytāqqīn, Terj: Fuad Syaifuddin Nur, Jakarta: Qisthi Press, 2011.
, Tahżīb al-Sunan, Riyadh: Maktabah al-Ma’ārif, 2007.
, Zād al-Ma’ād fī Hadī Khair al-‘Ibād, Taḥqīq: Syu’aib al-Arnūṭ, Juz 5, Bairut: Mu’assasah al-Risālah, 1998.
Ibn Rusyd, Bidāyah al-Mujtahid wa Nihāyah al-Muqtaṣid, terj: Fuad Syaifudin Nur, Jilid 2, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2016.
Imad Zakī al-Barūdī, Tafsīr al-Qur’ān al-‘Ażīm li al-Nisā’, terj: Tim Penerjemah Pena, Jilid 2, (Jakarta: Pena Pundi Aksara, tt.
Imām al-Suyūṭī, Lubāb al-Nuqūl fī Asbāb al-Nuzūl, terj: Tim Abdul Hayyie, Cet. 10, Jakarta: Gema Insani Press, 2015.
Izz al-Dīn bin ‘Abd al-Salām, al-Ghāyah fī Ikhtiṣār al-Nihāyah, Juz 5, Bairut: Dār al-Nawādir, 2016.
, Qawā’id al-Aḥkām fī Maṣāliḥ al-Anām, Juz 1, Mesir: Maktabah al-Killiyat al-Azhariyyah, 1991.
Jalāl al-Dīn al-Suyūṭī, al-Sybāh wa al-Naẓā’ir fī Qawā’id wa Furū’ al-Syāfi’iyyah, Juz 1, Riyadh: Mamlakah al-‘Arabiyyah al-Su’udiyyah, 1997.
Maulana Muhammad Ali, The Relegion of Islam, terj: R. Kaelan dan M. Bachrun, Cet. 8, Jakarta: Darul Qutubil Islamiyah, 2016.
Muh. Hambali, Panduan Muslim Kaffah Sehari-Hari dari Kandungan Hingga Kematian, Yogyakarta: Laksana, 2017.
Muḥammad al-Ghazālī, al-Mustaṣfā min ‘Ilm al-Uṣūl, Mesir: Sidrah al-Muntahā, tt.
Muḥammad bin Ismā’īl al-Bukhārī, Ṣaḥīḥ al-Bukhārī, Riyadh: Bait al-Afkār al-Dauliyyah Linnasyr, 1998.
Muḥammad bin Ṣāliḥ al-‘Uṡaimīn, al-Ḥalāl wa al-Ḥarām fī al-Islām, terj: Imam Fauzi, Cet. 2, Jakarta: Ummul Qura, 2016.
Muḥammad Mutawallī al-Sya’rāwī, Anta Tas’al wa al-Islām Yujīb, terj: Abu Adillah Almansyur, Cet. 8, Jakarta: Gema Insani Press, 2014.
Muhammad Quraish Shihab, Kaidah Tafsir: Syarat, Ketentuan, dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami Ayat-Ayat Alquran, Dilengkapi Penjelasn Kritis tentang Hermeneutika dalam Penafsiran Alquran, Tangerang: Lentera Hati, 2013.
Muḥammad Yūsuf Mūsā, al-Madkhal li Dirāsah al-Fiqh al-Islāmī, terj: Muhammad Misbah, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2014.
Muslim al-Ḥajjaj al-Qusairī al-Nisābūrī, Ṣaḥīḥ Muslim, Riyadh: Bait al-Afkār al-Dauliyyah, 1998.
Mustofa Hasan, Pengantar Hukum Keluarga, Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Muṭafā Dib al-Bughā, al-Tahżīb fī Adillah Matn Ghāyah wa al-Taqrīb, terj: Toto Edidarmo, Cet. 2, Jakarta: Mizan Publika, 2017.
Nasaruddin Umar, Ketika Fikih Membela Perempuan, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.
Nurjannah Ismail, Perempuan dalam Pasungan: Bias Laki-Laki dalam Penafsiran, Yogyakarta: LkiS, 2003.
Rizem Aizid, Fikih Keluarga Terlengkap: Pedoman Praktis Ibadah Sehari-Hari Bagi Keluarga Muslim, Yogyakarta: Laksana, 2018.
Ṣāliḥ Aḥmad al-Syāmī, al-Imām Ibn Qayyim al-Jauziyyah: al-Dā’iyyah al-Muṣalliḥ wa al-‘Ālim al-Mausū’ī, Damaskus: Dār al-Qalam, 2008.
Ṣāliḥ bin Abdullāh al-Lahim, al-Aḥkām al-Murattibah ‘alā al-Ḥaiḍ wa al-Nifās wa al-Istiḥāḍah, Terj: Nurul Mukhlisin, Cet. 2, Surabaya: Pustaka Elba, 2012.
Saurah al-Tirmiżī, al-Jāmi’ al-Tirmiżī, Riyadh: Bait al-Afkār, 1998.
Sayyid Ahmad al-Musayyar, Akhlak al-Usrah al-Muslimah Buhuś wa fatawa; Fikih Cinta Kasih Rahasia Kebahagiaan Rumah Tangga, terj: Habiburrahim, cet. 12, Jakarta: Erlangga, 2008.
Sayyid Sabiq, Fikih Sunah, terj: Nur Hasanuddin, Jakata: Pena Pundi Aksara, 2006.
Syamsul Rijal Hamid, Buku Pintar Agama Islam, Jakarta: Bee Media Pustaka, 2017.
Tihami dan Sohari Sahrani, Fikih Minahakat; Kajian Fikih Nikah Lengkap, cet. 3, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Tim Pustaka Phoenix, Kamus Besar Bahasa Indonesia, cet. 3, Jakarta: Pustaka Phoenix, 2009.
Tim Redaksi, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas, 2008.
Wahbah al-Zuḥailī, al-Mu’tamad fī al-Fiqh al-Syāfi’ī, Juz 4, Damaskus: Dār al-Qalam, 2011.
, Fiqh Islām wa Adillatuh., terj: Abdul Hayyie al-Kattani, jilid 9, Jakarta: Gema Insani, 2011.
, al-Fiqh al-Syāfi’ī al-Muyassar, terj: Muhammad Afifi dan Abdul Hafiz, Jilid 2, Cet. 3, Jakarta: Almahira, 2017.
Yazid bin Majah al-Qazwini, Ṣaḥīh Sunan Ibn Mājah, Riyadh: Maktabah al-Ma’ārif, 1997.
Yūsuf al-Qaraḍāwī, al-Ḥalāl wa al-Ḥarām fī al-Islām, terj: M. Tatam Wijaya, Jakarta: Qalam, 2017.
Zaitunah Subhan, Alquran dan Perempuan: Menuju Kesetaraan Gender dalam Penaf-siran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jms.v20i1.6503
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Media Syari'ah
All papers published in Media Syari'ah : Wahana Kajian Hukum Islam dan Pranata Sosial are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |