Peningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII Melalui Implementasi Model Discovery Learning Di SMPN 1 Dabun Gelang Gayo Lues

Mashuri Mashuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada beriman kepada Rasul Allah SWT pada siswa SMPN 1 Dabun Gelang Gayo Lues, dan 2) Model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi beriman kepada Rasul Allah SWT pada siswa SMPN 1 Dabun Gelang Gayo Lues. Jenis penelitian adalah Action Research (Penelitian Tindakan Kelas), subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Dabun Gelang Gayo Lues yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari 10% pada Pra Siklus dan meningkat menjadi 74% pada siklus I, kemudian semakin meningkat menjadi 92% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga meningkat, hal ini dapat dilihat, bahwa pada siklus pertama persentase keaktivan siswa 75% dan pada siklus ke II meningkat menjadi 89,28%.

Keywords


Discovery learning, Hasil belajar, Aktivitas siswa

References


Alfitry, Shilfia. Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran.

Pekan baru: Guepedia, 2020.

Ariyana, dkk. “The Application of Discovery Learning Models in Learning to Write

Descriptive Texts”. Journal of English Education and Teaching (JEET), Vol 4, No 3,

Astuti, D.A & Prestiadi, D. “Efektivitas Penggunaan Media Belajar dengan System Daring di

Tengah Pandemic Covid-19”. Prosiding Web-Seminar Nasional (Webiner), Malang, 20

Juni 2020, ISBN:978-602-5445-, 2020.

Carin, A. dan Sund R.B, Teaching Science Through Discovery. Columbus: Charles E. Merrill,

Darajat, Zakiyah dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Depdiknas Jendral Direktorat Pendidikan Dasar, Lanjutan Pertama Dan Menengah, Pedoman

Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama.

Jakarta: 2004.

Djiwandon, Sri Esti W. Psikologi Pendidikan. Malang: Grasindo, 2002.

Fajri, Z. “Model Pembelajran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

SD”. Jurnal IKA, Vol 7, No 2, 2019.

Helmiyati. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

Hosnan, Muhammad. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21:

Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2014.

Jihad, Asep. & Haris, Abdul. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo, 2009.

Prasetyana, D.S., dkk. “Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning yang

Diintegrasikan dengan Group Investigation pada Materi Protista Kelas X SMA Negeri

Karang Pandan”. Jurnal Inkuiri, Vol 4, No 2, 2015.

Puswanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.

Putra, Nusa dan Santi Lisnawati, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya, 2012.

Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.

Sari, Yesi Puspita dan Nurhayati, Siti. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning

Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 7, No. 1,

(2019).

Sudjana, Nana. Penelitian dan Penelitian. Bandung: Sinar Baru, 2002.

Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2014.

Widyadnyana, I. W., dkk. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman

Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP”, Journal Program Pascasarjana Universitas

Pendidikan Ganesha, Volume 4, 2014.

Yadianto. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung, M2s, 1996, Cet, ke-1.

Yesi Puspita Sari., Dan Siti Nurhayati. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning

Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 7, No. 1,

(2019).

Yudha, Rahmat Putra. “Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik”. Pontianak: Yudha

English Gallery, 2018.

Yuliana, Nabila. “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatkan

Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol

, No 1, 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v13i4.22335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mashuri Mashuri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License