Peningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII Melalui Implementasi Model Discovery Learning Di SMPN 1 Dabun Gelang Gayo Lues
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v13i4.22335Keywords:
Discovery learning, Hasil belajar, Aktivitas siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada beriman kepada Rasul Allah SWT pada siswa SMPN 1 Dabun Gelang Gayo Lues, dan 2) Model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi beriman kepada Rasul Allah SWT pada siswa SMPN 1 Dabun Gelang Gayo Lues. Jenis penelitian adalah Action Research (Penelitian Tindakan Kelas), subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Dabun Gelang Gayo Lues yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari 10% pada Pra Siklus dan meningkat menjadi 74% pada siklus I, kemudian semakin meningkat menjadi 92% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga meningkat, hal ini dapat dilihat, bahwa pada siklus pertama persentase keaktivan siswa 75% dan pada siklus ke II meningkat menjadi 89,28%.References
Alfitry, Shilfia. Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran.
Pekan baru: Guepedia, 2020.
Ariyana, dkk. “The Application of Discovery Learning Models in Learning to Write
Descriptive Texts”. Journal of English Education and Teaching (JEET), Vol 4, No 3,
Astuti, D.A & Prestiadi, D. “Efektivitas Penggunaan Media Belajar dengan System Daring di
Tengah Pandemic Covid-19”. Prosiding Web-Seminar Nasional (Webiner), Malang, 20
Juni 2020, ISBN:978-602-5445-, 2020.
Carin, A. dan Sund R.B, Teaching Science Through Discovery. Columbus: Charles E. Merrill,
Darajat, Zakiyah dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Depdiknas Jendral Direktorat Pendidikan Dasar, Lanjutan Pertama Dan Menengah, Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama.
Jakarta: 2004.
Djiwandon, Sri Esti W. Psikologi Pendidikan. Malang: Grasindo, 2002.
Fajri, Z. “Model Pembelajran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
SD”. Jurnal IKA, Vol 7, No 2, 2019.
Helmiyati. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.
Hosnan, Muhammad. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21:
Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2014.
Jihad, Asep. & Haris, Abdul. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo, 2009.
Prasetyana, D.S., dkk. “Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning yang
Diintegrasikan dengan Group Investigation pada Materi Protista Kelas X SMA Negeri
Karang Pandan”. Jurnal Inkuiri, Vol 4, No 2, 2015.
Puswanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.
Putra, Nusa dan Santi Lisnawati, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya, 2012.
Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.
Sari, Yesi Puspita dan Nurhayati, Siti. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning
Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 7, No. 1,
(2019).
Sudjana, Nana. Penelitian dan Penelitian. Bandung: Sinar Baru, 2002.
Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2014.
Widyadnyana, I. W., dkk. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman
Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP”, Journal Program Pascasarjana Universitas
Pendidikan Ganesha, Volume 4, 2014.
Yadianto. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung, M2s, 1996, Cet, ke-1.
Yesi Puspita Sari., Dan Siti Nurhayati. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning
Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 7, No. 1,
(2019).
Yudha, Rahmat Putra. “Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik”. Pontianak: Yudha
English Gallery, 2018.
Yuliana, Nabila. “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatkan
Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol
, No 1, 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.