Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Seni Karawitan Di SMA Surya Buana Malang

Mochammad Fikri Alby

Abstract


Seni memiliki keunikan dalam mengembangkan dan menginternalisasikan karakter siswa dalam pembelajaran. Potensi ini tidak dimiliki oleh bidang lainnya yaitu pengalaman pada aspek ekspresif, kreatif dan estetis. Karenanya penelitian ini memfokuskan pada proses pelaksanaan seni karawitan sebagai media untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter pendidikan Islam. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisa data ditempuh melalui model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Riset ini menemukan bahwa proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam di SMA Surya Buana Malang melalui tiga tahapan sesuai dengan teori Thomas Lickona. Ditemukan pada aspek knowing bahwa siswa dapat memiliki pengetahuan mengenai nilai-nilai pendidikan agama Islam meliputi nilai keaadaban, toleransi dan gotong royong. Pada aspek feeling siswa mampu merasakan dampak baik dari nilai-nilai pendidikan agama Islam. Pada aspek action siswa dapat mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam tersebut pada kehidupannya. Internalisasi nilai melalui seni karawitan menunjukkan bahwa siswa tidak hanya memiliki pengetahuan dan perasaan terhadap nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, tetapi juga mampu menjalankan tindakan konkret yang sesuai dengan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Internalisasi, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Seni Karawitan

References


Afif, Marhaban. 2022. “Implementasi Seni Tari Dalam Pendidikan Islam.” Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 3(1):12–25.

Azad, Aamna. 2020. “Islamic Values in Islamic Art.” Astrolabe: A CIS Student Research Journal 2020(2):1–24.

Azizurahman, Abdi, and Sedya Santosa. 2022. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Janengan Serta Relevansinya Dengan Karakter Nabi Muhammad.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 12(1):48–61. doi: 10.33367/ji.v12i1.2377.

Csikszentmihalyi, Mihaly. 2014. Flow and the Foundations of Positive Psychology.

Fadilah, Irsad, and Budi Haryanto. 2021. “Society Perspective on the Greatness of Walisongo (Library Analysis Study on Walisongo).” Istawa : Jurnal Pendidikan Islam 6(1):16. doi: 10.24269/ijpi.v6i1.3107.

Fatah, A., and I. Faozan. 2022. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Humanis Religius Berbasis Seni Melalui Wayang Santri Ki Enthus Susmono.” Jurnal Education and Development 10(1):267–72.

Fibrianti, Amaril Kholifah, Fikria Najitama, and Agus Nur Soleh. 2023. “Internalisasi Nilai-Nilai Aswaja Dalam Organisasi PNU IPPNU Pimpinan Anak Cabang (PAC) Sempor.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2(55):109–20. doi: https://doi.org/10.33507/tarbi.v2i1.615.

Gumilang, Galang Surya. 2017. “Internalization of Philosophical Value ‘Tembang Macapat’ in Guidance and Counseling.” Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling 1(1):62–77.

Hermawan, Iwan. 2020. “Konsep Nilai Karakter Islami Sebagai Pembentuk Peradaban Manusia.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 1(2):200–220. doi: https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.24.

Khafiyya, Nidaa’an, and Suyadi. 2022. “Urgensi Pembelajaran Seni Untuk Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Dini: Tinjauan Neurosains.” Generasi Emas Jurna Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5(1):8–18.

Kurnianto, Rido. 2015. “Pembelajaran Agama Islam Berbasis Budaya Lokal ( Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Seni Reyog Ponorogo ).” “Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan” (November):862–75.

Lufiani, Alvi, and Setiawan Sabana. 2016. “Kontribusi Inovatif Seni Dan Budaya Pada Masyarakat Urban.” 2nd International Conference on Creative Media, Design & Technology 1–13.

Munadzir, Muhammad. 2022. “How to Be Local Wisdom Teacher Integrative Approach of Local Wisdom Curriculum of the Middle School in Salatiga, Central Java, Indonesia.” Proceedings of the 6th International Conference on Science, Education and Technology (ISET 2020) 574(Iset 2020):597–602. doi: 10.2991/assehr.k.211125.112.

Mustaghfiroh, Vivi, and Listyaningsih Listyaningsih. 2022. “Strategi Sekolah Dalam Menginternalisasikan Nilai Karakter Gotong Royong Pada Siswa Di SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 11(1):382–97. doi: 10.26740/kmkn.v11n1.p382-397.

Nopia, Eni, Chairul Anwar, and Guntur Cahaya Kesuma. 2022. “Internalisasi Nilai Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal : Analisis Praktik Tradisi Ngejalang Kubokh Dalam Pembentukan Sikap Sosial Dan Religius Masyarakat.” Fitrah : Journal of Islamic Education 3(2). doi: https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i2.168.

Pahan, Berth Penny, and Arly Prasetya. 2023. “Pembinaan Tari Dan Musik Tradisional Kalimantan Tengah Sebagai Pendidikan Karakter Pada Siswa SMKN 1 Kuala Kapuas.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 5(1):110–21. doi: 10.37364/jireh.v5i1.123.

Putri, Ike Rahayu, and Hawwin Muzakki. 2023. “Implementasi Strategi Guru Akidah Akhlak Untuk Membentuk Karakter Siswa Berbasis Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamiin ( Isra ) Di MTs Darussalam Kademangan Kabupaten Blitar.” IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan 3(3):285–99. doi: https://doi.org/10.54437/irsyaduna Implementasi.

Raharjo, Tri Joko. 2005. “Peran Seni Proses Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah.” Harmonia: Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni VI(2):1–10.

Ramadhan, Yokha Latief. 2022. “Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona (Analisis Nilai Religius Dalam Buku Educating for Character ).” Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rohmah, Naily. 2019. “Integrasi Kurikulum Dan Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Membentuk Sikap Religius Siswa.” EL BANAT : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 9(2):197–218. doi: https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.197-218.

Rosala, Dedi. 2016. “Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar.” RITME : Jurnal Seni Dan Desain Serta Pembelajarannya 2(1):17–26.

Salam, Sofyan. 2020. “Promoting Cultural Identity Through Arts Education: The Indonesian Context.” Atlantis Press : Advances in Social Science, Education and Humanities Research 461(Icllae 2019):460–63. doi: 10.2991/assehr.k.200804.090.

Zulkarnain, Alfiansyah, and Natashia Salim. 2021. “Kajian Estetika Karya Poster Propaganda Perang Dunia I & II Berdasarkan Perspektif Teori Ekspresi Leo Tolstoy.” De-Lite: Jurnal of Visual Communication Design Study & Practice 1(1):43–52.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i2.22727

Refbacks



Copyright (c) 2024 Mochammad Fikri Alby

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License