Pengawasan Orang Tua Dalam Memanfaatkan Internet Untuk Penyelesaian Tugas Mata Pelajaran Fiqih Siswa MTsN Tungkop Aceh Besar

Mutia Fitri, muhammad Ar Waled, Desy Sari Ayunda, Samsul Kamal

Abstract


Pengawasan orangtua suatu harus dilakukan oleh setiap orangtua terutama dalam pemanfaatan internet, pengawasan yang baik akan menghasilkan kegunaan yang baik. Faktanya saat ini siswa mengakses internet tidak didampingi keluarganya. Oleh karena itu, pengawasan yang baik sangat dibutuhkan dari orangtua agar siswa tidak terpengaruh pada hal yang negatif terkait penggunaan internet sebagai media pembelajaran fiqih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengawasan orangtua kepada anaknya dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar dalam menyelesaikan tugas pada mata pelajaran fiqih dari sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keberagaman bentuk pengawasan orangtua mengawasi anak-anak mereka menggunakan internet sebagai sumber belajar dalam rangka mengerjakan tugas mata pelajaran fiqih dari sekolah, diantaranya adalah membatasi dan memperingati anak-anaknya, menyuruh orang yang lebih dewasa untuk mendampingi mereka karena orangtua tidak memiliki waktu yang cukup karena faktor pekerjaan, dan yang terakhir adalah mendampingi sendiri dengan membantu mereka mengerjakan tugas sambil mengajarkan tatacara mengakses internet.


Keywords


Pengawasan Orangtua, Internet, Pembelajaran Fiqih.

References


. A Gde Ekayana, Pemanfaatan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Siswa Dan Guru Di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Depok Sleman, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Bukhary, Shahih Bukhary, Bairut: Darul Kutub ‘Alamiyah, No, 893, 1992.

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Sygma Examedia Arkanleema, 2019.

Farrah Diba Isdhana, Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PPKN Fis Unnes, Semarang: Uin Semarang. 2017.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Rindi Kusuma, Macam-macam Pengawasan Orangtua Terhadap Anak, Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosda Karya. 2019.

Soejono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2017.

Sudiarman Siahaan dan R Martiningsih. Pemanfaatan Internet dalam Kegiatan Pembelajaran di SMP Al Muslim, Sidoarjo: SMP Al Muslim, 2019.

T. Ihromi, Bunga Rampai Sosiologi Keluarga, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zimi Siregar, Dkk., Studi Tentang Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Oleh Siswa Kelas Xi Program Studi Teknik Otomotif Di Smk Negeri 1 Sumatera Barat, Padang: Universitas Negeri Padang. 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i1.23050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 muhammad Ar Waled

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License