Pengawasan Orang Tua Dalam Memanfaatkan Internet Untuk Penyelesaian Tugas Mata Pelajaran Fiqih Siswa MTsN Tungkop Aceh Besar
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v14i1.23050Keywords:
Pengawasan Orangtua, Internet, Pembelajaran Fiqih.Abstract
Pengawasan orangtua suatu harus dilakukan oleh setiap orangtua terutama dalam pemanfaatan internet, pengawasan yang baik akan menghasilkan kegunaan yang baik. Faktanya saat ini siswa mengakses internet tidak didampingi keluarganya. Oleh karena itu, pengawasan yang baik sangat dibutuhkan dari orangtua agar siswa tidak terpengaruh pada hal yang negatif terkait penggunaan internet sebagai media pembelajaran fiqih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengawasan orangtua kepada anaknya dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar dalam menyelesaikan tugas pada mata pelajaran fiqih dari sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keberagaman bentuk pengawasan orangtua mengawasi anak-anak mereka menggunakan internet sebagai sumber belajar dalam rangka mengerjakan tugas mata pelajaran fiqih dari sekolah, diantaranya adalah membatasi dan memperingati anak-anaknya, menyuruh orang yang lebih dewasa untuk mendampingi mereka karena orangtua tidak memiliki waktu yang cukup karena faktor pekerjaan, dan yang terakhir adalah mendampingi sendiri dengan membantu mereka mengerjakan tugas sambil mengajarkan tatacara mengakses internet.
References
. A Gde Ekayana, Pemanfaatan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Siswa Dan Guru Di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Depok Sleman, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Bukhary, Shahih Bukhary, Bairut: Darul Kutub ‘Alamiyah, No, 893, 1992.
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Sygma Examedia Arkanleema, 2019.
Farrah Diba Isdhana, Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PPKN Fis Unnes, Semarang: Uin Semarang. 2017.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
Rindi Kusuma, Macam-macam Pengawasan Orangtua Terhadap Anak, Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosda Karya. 2019.
Soejono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2017.
Sudiarman Siahaan dan R Martiningsih. Pemanfaatan Internet dalam Kegiatan Pembelajaran di SMP Al Muslim, Sidoarjo: SMP Al Muslim, 2019.
T. Ihromi, Bunga Rampai Sosiologi Keluarga, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Zimi Siregar, Dkk., Studi Tentang Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Oleh Siswa Kelas Xi Program Studi Teknik Otomotif Di Smk Negeri 1 Sumatera Barat, Padang: Universitas Negeri Padang. 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.