Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Pendidik Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Literasi Digital Peserta Didik (Studi Di MTs Pembangunan UIN Jakarta)

faisal faisal, Iin Kandedes, Syamsul Aripin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap kemampuan literasi digital peserta didik. 2) Mengetahui pengaruh antara kompetensi profesional terhadap kemampuan literasi digital peserta didik. 3) Mengetahui Pengaruh antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama terhadap kemampuan literasi digital peserta didik., penelitian ini dilaksanakan di MTs Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Tahun Pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif antara kompetensi pedagogik dengan kemampuan literasi digital didapatkan hasil sebesar 0,395 atau 39,5% yang berarti kontribusi pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kemampuan literasi digital peserta didik sebesar 39,5% 2) Terdapat pengaruh positif antara kompetensi profesional dengan kemampuan literasi digital didapatkan hasil sebesar 0,416 atau 41,6% yang berarti kontribusi pengaruh kompetensi profesional terhadap kemampuan literasi digital peserta didik sebesar 41,6%  3) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan atau bersama-sama antara variabel independen terhadap variabel dependen, dengan nilai Fhitung sebesar 32,941 dengan nilai p value (sig) sebesar 0,000 yang berada di bawah alpha 5% (0,05), yang mana nilai R square sebesar 0,496, yang berarti bahwa variabel-variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 49,6%.

 

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kemampuan Literasi, Literasi Digital


Keywords


kompetensi pedagogik; kompetensi profesional; kemampuan literasi; literasi digital

References


Al-Quran dan Terjemahannya. 2006. Jakarta: Departemen Agama RI.

Anwar, Muhammad. 2018. Menjadi pendidik profesional. Jakarta: Kencana 2018.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja wali Press.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, “Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang” ( https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang ) Diakses pada 13 Juni 2023, pukul 10.13)

E. Mulyasa,Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.(Bandung: Remaja Rosdakarya.2011), hlm.25

Faizah, Dewi Utama dkk, Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar, (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016, hlm. 2) diakses pada 20 juni 2023

Gunawan, Any H. 2000. Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi Tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

H.M.Hatta Hs. 2018. Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Hadi, Sutrisno. 1987. Metode Research II. Yogyakarta: Andi Offset

Irawan, Deni . 2014. “Islam dan Peace Building”, Religi: Jurnal Studi Agama-Agama 10, 2

Janawi. 2011. Kompetensi Pendidik Citra Pendidik Profesional. Bandung: Alfabeta.

Mashuri, Chamdan dkk. 2022. Buku Ajar Literasi Digital. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).

Mubarok, Husni. Jurnal Kontribusi Usaid Prioritas Dalam Menumbuh kembangkan Budaya Literasi di Sekolah Sd/Mi di Kabupaten Langkat, Jurnal Analytica Islamica, Vol. 07, No. 01, Januari- Juni 2018

Mulyasa, 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru : Melalaui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Nasrullah, Rulie, dkk. 2017 Materi Pendukung Literasi Digital, Gerakan Literasi Nasional. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Payong, Marselus R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika dan implementasinya. Jakarta:PT.Indeks.

Permendiknas No 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Dan Kompetensi Guru

PP No 19 Tahun 2005 tentang standar nasional Pendidikan pasal 28 ayat 3 butir a, diakses pada http://biologi.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2013/08/PP-2005-19-SNP.pdf pada tanggal pada tanggal 13 Juni pukul 10.17

Priansa, Donni Juni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Pendidik. Bandung: Alfabeta.

Pulungan, J. Suyuthi. 2019.Sejarah Peradaban Islam di Indonesia. Jakarta: Amzah.

Rodin, Rhoni. 2020. Informasi Dalam Konteks Sosial. Depok: Rajawali Pers.

Samariya, Farida. 2008. Sertifikasi Guru Apa, Mengapa dan Bagaimana. Bandung: Yrama Widya.

Sevilla, Vinta. Azwar Tsamalaka, “Literasi Informasi Mahapeserta didik Melalui Penggunaan E-Journal Dalam Menulis Skripsi Di Fisip UPN “VETERAN” Jakarta,” Journal of Digital Education, Communication, and Arts, Volume 2 No 1, (March 2019)

Shihab, Quraish. 2007. Tafsir al- Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al – Quran. Jakarta: Lentera Hati. vol.14

Silalahi, Dumaris E. Dkk. 2022. Literasi Digital Berbasis Pendidikan: Teori, Praktek Dan Penerapannya. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi, 2022

Situmorang, J.B dan Winarno. 2008. Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik, Klaten:Macanan Jaya Cemerlang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian, Jakarta: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2014 Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulistyarini,Winda Dan Siti Fatonah, Pengaruh Pemahaman Literasi Digital Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Pendidik Era Digital Learning , Journal of Educational Learning and Innovation, Volume 2 Number 1 Maret 2022

Sumardi. 2016. Pengembangan Profesionalisme Pendidik Berbasis MGMP: Model dan Implementasinya untuk Meningkatkan Kinerja Pendidik. Yogyakarta: Deepublish.

Sumiati, Eti dan Wijanarko, Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19, Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2) 2020.

Suwanto, Sarwiji. 2019. Pendidikan Lierasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang Undang Nomor 32 Tahun 2003 tentang penyiaran

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Pendidik dan Dosen, diakses pada https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2005/14tahun2005uu.htm pada tanggal pada tanggal 13 Juni pukul 09.40

Usman, Moh Uzer. 2010. Menjadi Pendidik Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Wahyudi, Imam. 2012. Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya.

Waruwu, Widarman. Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pendidikan Di Indonesia, Jurnal Ilmiah osf.io.

Wijayam, Candra dkk. 2023. Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru. Medan : UMSU Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i2.23393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 faisal faisal, Iin Kandedes, Iin Kandedes, Iin Kandedes, Syamsul Aripin, Syamsul Aripin, Syamsul Aripin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License