Tantangan Madrasah Di Era Digital: Transformasi Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks Teknologi

Juwita Puspita Sari, Juli Setio, Rama Satria, Fitri Oviyanti, Maryamah Maryamah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan yang dialami madrasah di era digital dan strategi untuk mengatasi tantangan tersebut sehingga madrasah mampu mempertahankan eksistensinya di dunia pendidikan hingga saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Selanjutnya dilakukan penganalisisan data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian, tantangan yang dihadapi oleh MTs Ahliyah 1 di era digital adalah keterbatasan akses teknologi, dan persaingan yang semakin ketat dalam mempertahankan eksistensinya dan untuk mempertahankan jumlah siswa di era digital. Adapun strategi yang dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan meningkatkan akses teknologi, memberikan pelatihan yang intensif dan bekelanjutan dalam penggunaan teknologi dan menerapkannya dengan efektif dalam proses pembelajaran, mempertahankan program keunggulan madrasah sebagai ciri khas madrasah tersebut, dan membangun branding yang kuat dan melakukan pemasaran yang efektif untuk menarik minat siswa dan keluarga mereka. Dengan begitu, ketika madrasah memanfaatkan teknologi dengan bijak dan menggunakan strategi yang tepat, maka madrasah dapat terus beradaptasi dengan perubahan zaman dan mempertahankan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan.

Keywords


Tantangan, Madrasah, Era Digital

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Syakir Media Press.

Afifah, E. N. (2023). Tantangan dan Permasalahan Pendidikan SMP dan MTS di Indonesia. Retrieved from https://www.klikpendidikan.id/pendidikan/3589745718/tantangan-dan-permasalahan-pendidikan-smp-dan-mts-di-indonesia

Andriani, A. (2019). Parenting Generasi Alpha di Era Digital. Tanggerang: Indocamp.

Anida, Ramadhan, M., Muhammad, & Asman, Y. (2023). Inovasi Pembelajaran Aqidah Akhlak untuk Menghasilkan Output yang Berkualitas. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 13(2).

Ansori. (2023). Pembelajaran Agama Islam dalam Era Digital: Tantangan dan Peluang dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(5).

Anugerah, R. B. (2023). Transformasi Madrasah dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 8(2).

Creswell, J. W. (2018). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. (A. Fawaid & R. K. Pancasari, Eds.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Drajat, M. (2018). Sejarah Madrasah di Indonesia. Journal for Islamic Studies, 1(1), 196–206. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.1161729.

Eristiana, Hamengkubuwono, & Harmi, H. (2022). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Era Digital. TADBIR MUWAHHID, 6(1), 47–46.

Gunawan, I. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Bumi Aksara.

Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 33–41.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Ismael, F., & Supratman. (2023). Strategi Pendidikan Islam Di Era Digital: Peluang Dan Tantangan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3).

Jihan, Ismaya, B., Kurdi, M. S., Sudarwati, N., & Kurdi, M. S. (2023). Permasalahan dan Tantangan Pendidikan Islam Modern di Tengah Era Digitalisasi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3).

Kasali. (2018). Self Disruption. Bandung: Mizan.

Kurniawan, S. (2019). Tantangan Abad 21 bagi Madrasah di Indonesia. Intizar, 25(1).

Liriwati, F. Y., Marpuah, S., Wasehudin, & Zulhimma. (2024). Transformasi Kurikulum Merdeka di Madrasah: Menyongsong Era Pendidikan Digital. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Marysca, G. (2021). Perilaku Masyarakat Di Era Digital (Studi Di Desa Watutumou III Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara). Angewandte Chemie International Edition, 6(11).

Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wijayanto. (2019). Pendidikan di Era Digital. In Seminar Nasional Pendidikan. Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang.

Purnomo, H. (2022). Menjawab Tantangan Era Digital Menuju Society 5.0.

Purwanto, A. (2021). Konsep Dasar Penelitian Kualitatif: Teori dan Contoh Praktis. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Rahman, A., Cholis, N., Prasetya, S. E., Khasanah, N. F., Arif, A. A., Rubini, … Mujahada. (2023). Reformasi Madrasah Di Era Digital. Depok: Komojoyo Press.

Rohman, B., Sholichah, A. S., Alam, M., Fauziah, E., & Alwi, W. (2023). Eksistensi Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Digital Wilayah Wilayah DKI Jakarta dan Banten. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001).

Rosmanda, I. C. (2023). Tantangan dan Solusi dalam Pendidikan Islam Madrasah di Era Digital. Retrieved from https://www.kompasiana.com/indahcemararosmanda5753/647a06514addee24a711d734/tantangan-dan-solusi-dalam-pendidikan-islam-madrasah-di-era-digital

Sidiq, U. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Silawati, S., Hidayati, D., Ulya, L. K., & Zakiyah, R. H. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik di Era Digital 4.0. JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 3(2).

Subroto, Subriadi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(7). https://doi.org/https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suleiman, M., & Danmuchlkwali, S. G. (2020). Digital Education: Opportunities, Threats, and Challenges. JEP: Jurnal Evaluasi Pendidikan, 1(2).

Ulmadevi, Supriadi, Simbolon, A. M. Y., Yunita, I., Hasanah, N. Z., & Astri, R. (2023). Challenges of Islamic Educational Institutions in the Digital Age. In The 5ThGRADUATE INTERNATIONAL CONFERENCE. GIC Proceeding. https://doi.org/https://www.doi.org/10.30983/gic.v1i1.120

Wulansari, T. P., Sudiyanto, & Sumaryati, S. (2023). Chances and Challenges of Digital-Based Education. TICASSH, 67(9).

Yasmansyah, Y., & Zakir, S. (2022). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah di Era Digital. Indonesian Research Journal On Education, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.122

Yusqi, M. I. (2023). Madrasah dan Tantangan Era Megatrend Global. Retrieved from https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6704684/madrasah-dan-tantangan-era-megatrend-global




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i2.23489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Juwita Puspita Sari, Juli Setio, Rama Satria, Fitri Oviyanti, Maryamah Maryamah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License