Tantangan Madrasah Di Era Digital: Transformasi Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks Teknologi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Syakir Media Press.
Afifah, E. N. (2023). Tantangan dan Permasalahan Pendidikan SMP dan MTS di Indonesia. Retrieved from https://www.klikpendidikan.id/pendidikan/3589745718/tantangan-dan-permasalahan-pendidikan-smp-dan-mts-di-indonesia
Andriani, A. (2019). Parenting Generasi Alpha di Era Digital. Tanggerang: Indocamp.
Anida, Ramadhan, M., Muhammad, & Asman, Y. (2023). Inovasi Pembelajaran Aqidah Akhlak untuk Menghasilkan Output yang Berkualitas. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 13(2).
Ansori. (2023). Pembelajaran Agama Islam dalam Era Digital: Tantangan dan Peluang dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(5).
Anugerah, R. B. (2023). Transformasi Madrasah dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 8(2).
Creswell, J. W. (2018). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. (A. Fawaid & R. K. Pancasari, Eds.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Drajat, M. (2018). Sejarah Madrasah di Indonesia. Journal for Islamic Studies, 1(1), 196–206. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.1161729.
Eristiana, Hamengkubuwono, & Harmi, H. (2022). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Era Digital. TADBIR MUWAHHID, 6(1), 47–46.
Gunawan, I. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Bumi Aksara.
Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 33–41.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Ismael, F., & Supratman. (2023). Strategi Pendidikan Islam Di Era Digital: Peluang Dan Tantangan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3).
Jihan, Ismaya, B., Kurdi, M. S., Sudarwati, N., & Kurdi, M. S. (2023). Permasalahan dan Tantangan Pendidikan Islam Modern di Tengah Era Digitalisasi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3).
Kasali. (2018). Self Disruption. Bandung: Mizan.
Kurniawan, S. (2019). Tantangan Abad 21 bagi Madrasah di Indonesia. Intizar, 25(1).
Liriwati, F. Y., Marpuah, S., Wasehudin, & Zulhimma. (2024). Transformasi Kurikulum Merdeka di Madrasah: Menyongsong Era Pendidikan Digital. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).
Marysca, G. (2021). Perilaku Masyarakat Di Era Digital (Studi Di Desa Watutumou III Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara). Angewandte Chemie International Edition, 6(11).
Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wijayanto. (2019). Pendidikan di Era Digital. In Seminar Nasional Pendidikan. Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang.
Purnomo, H. (2022). Menjawab Tantangan Era Digital Menuju Society 5.0.
Purwanto, A. (2021). Konsep Dasar Penelitian Kualitatif: Teori dan Contoh Praktis. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Rahman, A., Cholis, N., Prasetya, S. E., Khasanah, N. F., Arif, A. A., Rubini, … Mujahada. (2023). Reformasi Madrasah Di Era Digital. Depok: Komojoyo Press.
Rohman, B., Sholichah, A. S., Alam, M., Fauziah, E., & Alwi, W. (2023). Eksistensi Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Digital Wilayah Wilayah DKI Jakarta dan Banten. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001).
Rosmanda, I. C. (2023). Tantangan dan Solusi dalam Pendidikan Islam Madrasah di Era Digital. Retrieved from https://www.kompasiana.com/indahcemararosmanda5753/647a06514addee24a711d734/tantangan-dan-solusi-dalam-pendidikan-islam-madrasah-di-era-digital
Sidiq, U. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Silawati, S., Hidayati, D., Ulya, L. K., & Zakiyah, R. H. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik di Era Digital 4.0. JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 3(2).
Subroto, Subriadi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(7). https://doi.org/https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suleiman, M., & Danmuchlkwali, S. G. (2020). Digital Education: Opportunities, Threats, and Challenges. JEP: Jurnal Evaluasi Pendidikan, 1(2).
Ulmadevi, Supriadi, Simbolon, A. M. Y., Yunita, I., Hasanah, N. Z., & Astri, R. (2023). Challenges of Islamic Educational Institutions in the Digital Age. In The 5ThGRADUATE INTERNATIONAL CONFERENCE. GIC Proceeding. https://doi.org/https://www.doi.org/10.30983/gic.v1i1.120
Wulansari, T. P., Sudiyanto, & Sumaryati, S. (2023). Chances and Challenges of Digital-Based Education. TICASSH, 67(9).
Yasmansyah, Y., & Zakir, S. (2022). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah di Era Digital. Indonesian Research Journal On Education, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.122
Yusqi, M. I. (2023). Madrasah dan Tantangan Era Megatrend Global. Retrieved from https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6704684/madrasah-dan-tantangan-era-megatrend-global
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i2.23489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Juwita Puspita Sari, Juli Setio, Rama Satria, Fitri Oviyanti, Maryamah Maryamah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal has been indexed by:
except where otherwise noted.