References
Ardini, P. P. (2015). “Penerapan Hukuman”, Bias Antara Upaya Menanamkan Disiplin Dengan Melakukan Kekerasan Terhadap Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2).
Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Daulay, H. P. (2016). Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga.Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Medan: Perdana Publishing.
Fatikah, N., & Linda Wahyuni, E. (2023). Penanaman Kedisiplinan Siswa Melalui Shalat Dhuha di MTs Negeri 11 Jombang. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(1), 144–157. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v1i1.827
Ibn Faris, Abu al-Husain Ahmad bin Zakariya. (1991). Mu'jam Maqayis allugah, jilid IV. Cet.I. Beirut: Dar alJil.
Irysad, M. H., Hufad, A., & Malihah, E. (2017). Perubahan Gaya Hidup Alumni Pondok Pesantren. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(2). https://doi.org/10.17509/sosio%20religi.v15i2.8837
Mariskhana, K. (2018). Dampak Media Sosial (Facebook) dan Gadget Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Perspektif, 16(1).
Miles, Matthew. B & Humberman, A. Michael. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi dari judul Qualitative Data Analysis. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Muhaimin dkk, (1994). Dimensi-dimensi Studi Islam. Surabaya: Karya Abditama.
Muttaqin, K. M. I., & Hijriyah, U. (2023). Implementasi Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sukadamai Natar Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11752
Pitoewas, B. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Sikap Remaja Terhadap Perubahan Tata Nilai. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 8–18. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n1.2018.pp8-18
Prijodarminto, Soegeng. (2004). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Paramita.
Rahardjo, Mudjia. 2017. Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Http://Repository.Uinmalang.Ac.Id.//1104/1/Studi-Kasus-dalam- Penelitian-Kualitatif.
Salim, Abd. Muin. (1994). Fiqh Siyasah; Konsepsi Kekuasaan Politik dalam Al-Quran (Cet. I). Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sanusi, I. (2022). Bentuk Partisipasi Dan Interaksi Sosial Alumni Terhadap Perkembangan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Punggur Besar Kabupaten Kubu Raya Tahun 2021-2022. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 1(8). https://doi.org/10.53625/jpdsh.v1i8.2350
Shohib, Moch. (2010). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
Simarmata, S., & Karo-karo, Fahmri. (2018). Pengaruh teman sebaya terhadap perilaku menyimpang pada siswa kelas X SMK Swasta Satria Binjai tahun pelajaran 2017/2018. jurnall ANSIRU PA, 3(1), 63–68. http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v2i1.1628
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Cetakan ke-19. Bandung: Alfabeta.
Sulfemi, Wahyu Bagja. (2018). Pengauh Disiplin Ibadah Shalat, Lingkungan Sekolah, dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserra Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16 (2), https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.474
Susanto, H., & Muzakki, M. (2017). Perubahan Perilaku Santri (Studi Kasus Alumni Pondok Pesantren Salafiyah di Desa Langkap Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo). Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i1.361
Syarifuddin, Amir. 2010. Garis-garis Besar Fiqh. Jakarta: Kencana.
Unardjan, Dolet. 2003. Manajemen Disiplin. Jakarta: Grasindo.