Efektivitas Keaktifan Mengikuti Kegiatan Organisasi Ekstra Kampus Dalam Pembentukan Kompetensi Interpersonal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UINSU
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v14i2.23641Keywords:
Efektivitas, Keaktifan, Organisasi Ekstra Kampus, Kompetensi Interpersonal, Mahasiswa PAIAbstract
Organisasi ekstra kampus merupakan sarana pengembangan pribadi mahasiswa. Tujuan penelitian ini mengetahui kegiatan organisasi ekstra kampus dalam pembentukan kompetensi interpersonal mahasiswa PAI dan efektivitas keaktifan mahasiswa pada kegiatan organisasi tersebut dalam pembentukan kompetensi interpersonal yang dilakukan di organisasi ekstra kampus Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Tarbiyah UINSU Medan. Metode penelitain yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif untuk dapat memperoleh data secara spesifik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kegiatan rutin organisasi ekstra kampus adalah diskusi aktif, masa pengenalan calon anggota, latihan kader 1, bedah buku, dan rapat harian. Selanjutnya keaktifan dalam mengikuti kegiatan organisasi ekstra kampus memberikan dorongan positif dalam pembentukan kompetensi interpersonal mahasiswa PAI.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (1 ed.). CV. Syakir Media Press.
Atika, D. B., Indriyati, S., & Faedlulloh, D. (2022). Pluralisme Sebagai Sikap Sadar: Memaknai Bersama Nilai Kebangsaan dalam Organisasi Ekstra Kampus di Bandar Lampung. Bubungan Tinggi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1047.
At-Thabari, Ibn Jarir. 2005. Tafsir Jami' al Bayan fi ta'wil al-Qur'an, juz 23. Mauqiu Majma' al Mulk: dalam Software Maktabah Samilah.
Bukhari, Hadits Shahih Bukhari No 2232 dalam Lidwa Pusaka (Lembaga Ilmu dan Dakwah serta Publikasi Sarana Keagamaan), Lipia Jakarta, Lidwa pusaka i-software – kitab 9 imam hadits (Kutubut Tis’ah) yang memuat 9 kitab hadits; Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan Tirmidzi, Sunan Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Muwatha’ Malik, dan Sunan Darimi.
Chamadi, M. R., & Sumantri, R. A. (2019). Tipologi Gerakan Mahasiswa Melalui Organisasi Mahasiswa Islam Indonesia Di Purwokerto. Titian Jurnal Ilmu Humaniora, 3(254).
Fadli, I. (2022). Manajemen Hambatan Komunikasi Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Dalam Membangun Kepemimpinan Normatif. Jurnal Akrab Juara, 7(4), 74.
Fadli, R., & Akbar, A. (2023). Pengaruh Semangat Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Fitrah Jurnal Of Islamic Education, 4(1), 5.
Fauziah, W. R., Sugiarti, C., & Ramdani, R. (2022). Efektifitas Program Wirausaha Pemuda Dalam Upaya Penurunan Angka Pengangguran Terbuka Di Kabupaten Tegal Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurna Manajemen, 14(2), 369.
Hasdiansyah, A. (2017). Peran Kader Himpunan Mahasiswa Islam Dalam Membangun Tradisi Ilmiah Di Dalam Kampus (Studi Peran Kader Himpunan Mahasiswa Islam Di Universitas Negeri Makassar. E-PLUS Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Ageng Tirtaayasa, 2(2), 134.
Hasil-Hasil Kongres HMI XXVII. (2010).
Hidayatullah, M. A. (2022). Efektifitas Kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Dalam Pengembangan Budaya Akademik Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Idrus, M. (2009). Kompetensi Interpersonal Mahasiswa. Unisia, 32(72), 171.
Kementerian Agama RI. (2019). In Al-Qur’an dan Terjemahnya. Diponegoro.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (1 ed.). CV. HARFA CREATIVE.
Purbaningsih, R. (2020). Perbedaan Komunikasi Interpersonal Antara Anggota ORMAWA Dan Non Anggota ORMAWA di Universitas Widya Dharma Klaten. Universitas Widya Dharma Klaten.
Putri, C. E. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri Metro Tahun Akademik 2016/2017. Institut Agama Islam Negeri Metro.
Sagala, S. (2016). Memahami Organisasi Pendidikan. KENCANA.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-Mishbah. Lentera Hati.
Shihab, M. Quraish. 2006. Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an (Volume 11). Jakarta: Lentera Hati, Cet. Iv.
Siami, Sulton, & Utami, P. S. (2020). Gerakan Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (OMEK) Dalam Meneguhkan Identitas Kewargaan ( Studi Kasus: Organisasai HMI, PMII, IMM Kabupaten Ponorogo). Edupedia, 4(2), 127.
Siu, O. C. (2019). PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI TERHADAP KECERDASAN SOSIAL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PROFESIONAL MANAGEMENT COLLEGE INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dan Isu Sosial, 1(1), 170.
Teguh, A., & Rosidah. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu.
Wasi’, A., & Erawati, M. (2019). PERAN PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) KOTA SALATIGA DALAM MENYEBARKAN NILAI-NILAI ISLAM NUSANTARA. Jurnal An-Nida, 11(1), 70.
Widyaningsih, P. M., Isnaeni, M. B. N., & Hakim, D. (2020). Efektifitas Keaktifan Mengikuti Kegiatan Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Dengan Keaktifan Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 244.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.