URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran terkait dengan urgensi Pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kajian literatur. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan berbagai sumber literature yang berkaitan dengan pokok pembahasan, seperti buku, jurnal, artikel, dan dokumen resmi. Hasil penelitian menunjukan Pendidikan agama islam berperan penting bagi pengembangan pada karakter siswa di sekolah dasar, penanaman nilai-nilai Islam, dan penanaman akhlak yang baik. Melalui pembelajaran Islam, siswa memahami konsep-konsep agama, bertindak jujur dan bertanggung jawab, serta saling menghormati. Peran guru agama Islam penting dalam membimbing siswa dalam penerapan ajaran Islam. Mempelajari Islam membantu siswa memahami sejarah Islam dan pentingnya identitas agama, urgensi PAI terhadap pengembangan karakter siswa sekolah menengah adalah mengembangkan manusia yang memiliki rasa tanggung jawab dan akhlak mulia.
Kata Kunci : PAI, Karakter, Siswa
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
References
Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Author 1, Author 2, & Author 3. (2017). Title article. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Diana, S. R., Afendi, A. R., & Sudadi. (2023). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pada Peserta Didik di SMPN 6 Tenggarong Seberang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1897–1903.
Faizah, N. (2022). Pentingnya Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Pendidikan Islam, 11(1), 1287–1304. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2427
Jai, A. J., Rochman, C., & Nurmila, N. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257–264. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4781
Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(5), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Marita Sari, D. (2019). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 144–169. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.13
Novianto, P., Hantoro, M., Budiman, A., Dewi, L., Sita, S. D., Noverdi, H., Ekkuinbang, P. S., Suryani, A. S., Prasetiawan, T., Ade, T.,
Masyithah, S., Yosephus, A. A., Kesra, M., Trias, Y. I., Febryka, P. K. L., Mohammad, N., Nur, T., Fieka, S. P. S., Koordinator, N. A., … Suhayati, M. (2024). Isu Sepekan EDITOR Polhukam. idntimes.com, 1 Oktober. https://pusaka.dpr.go.id
Richter, L. E., Carlos, A., & Beber, D. M. (t.t.). No 3, 114–131.
Rustan, E., & Irmawaddah. (2022). 1976-Article Text-3607-3-10-20221109 (hlm. 2).
Sari, M., & Haris, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 1(1), 54–71. https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48
Thoriq Al-Ziyad Hasan, M., & Ramli, A. (2023). Implementasi PAI dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Society. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 2023.
Wahyuni, D., Muntari, M., & Anwar, Y. A. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri di Praya Selama Pembelajaran Daring. Chemistry Education Practice, 5(1), 10–16. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.2788
Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v15i1.24354
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Salsabila Putri, Indah Laila Oktaviani, Indah Laila Oktaviani, Fatimah Azzahra, Fatimah Azzahra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal has been indexed by:
except where otherwise noted.