URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v15i1.24354Keywords:
PAI, Karakter, SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran terkait dengan urgensi Pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kajian literatur. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan berbagai sumber literature yang berkaitan dengan pokok pembahasan, seperti buku, jurnal, artikel, dan dokumen resmi. Hasil penelitian menunjukan Pendidikan agama islam berperan penting bagi pengembangan pada karakter siswa di sekolah dasar, penanaman nilai-nilai Islam, dan penanaman akhlak yang baik. Melalui pembelajaran Islam, siswa memahami konsep-konsep agama, bertindak jujur dan bertanggung jawab, serta saling menghormati. Peran guru agama Islam penting dalam membimbing siswa dalam penerapan ajaran Islam. Mempelajari Islam membantu siswa memahami sejarah Islam dan pentingnya identitas agama, urgensi PAI terhadap pengembangan karakter siswa sekolah menengah adalah mengembangkan manusia yang memiliki rasa tanggung jawab dan akhlak mulia.
Kata Kunci : PAI, Karakter, Siswa
References
References
Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Author 1, Author 2, & Author 3. (2017). Title article. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Diana, S. R., Afendi, A. R., & Sudadi. (2023). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pada Peserta Didik di SMPN 6 Tenggarong Seberang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1897–1903.
Faizah, N. (2022). Pentingnya Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Pendidikan Islam, 11(1), 1287–1304. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2427
Jai, A. J., Rochman, C., & Nurmila, N. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257–264. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4781
Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(5), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Marita Sari, D. (2019). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 144–169. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.13
Novianto, P., Hantoro, M., Budiman, A., Dewi, L., Sita, S. D., Noverdi, H., Ekkuinbang, P. S., Suryani, A. S., Prasetiawan, T., Ade, T.,
Masyithah, S., Yosephus, A. A., Kesra, M., Trias, Y. I., Febryka, P. K. L., Mohammad, N., Nur, T., Fieka, S. P. S., Koordinator, N. A., … Suhayati, M. (2024). Isu Sepekan EDITOR Polhukam. idntimes.com, 1 Oktober. https://pusaka.dpr.go.id
Richter, L. E., Carlos, A., & Beber, D. M. (t.t.). No 3, 114–131.
Rustan, E., & Irmawaddah. (2022). 1976-Article Text-3607-3-10-20221109 (hlm. 2).
Sari, M., & Haris, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 1(1), 54–71. https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48
Thoriq Al-Ziyad Hasan, M., & Ramli, A. (2023). Implementasi PAI dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Society. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 2023.
Wahyuni, D., Muntari, M., & Anwar, Y. A. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri di Praya Selama Pembelajaran Daring. Chemistry Education Practice, 5(1), 10–16. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.2788
Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.