Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pendukung Keberhasilan Pendidikan Di SMP Bumi Qur’an Siantar
Abstract
Perkembangan media sosial membuat kinerja lebih cepat, tepat, praktis sehingga bisa meningkatkan produktivitas yang dihasilkan terutama pada era globalisasi seperti sekarang dimana teknologi semakin maju, dalam dunia pendidikan juga tidak luput dari dampak globalisasi yang semakin pesat seperti penggunaan media sosial dalam dunia pendidikan. Salah satu pengguna media sosial sekarang ialah peserta didik, karena dengan menggunakan media sosial siswa dapat dengan mudah berkomunikasi jarak dekat maupun jauh, informasi yang mudah didapat. Akan tetapi hal tersebut masih kurang mendapat perhatian dari tenaga pengajar mengenai pemanfaatannya dalam proses belajar mengajar guna meningkatkan keberhasilan pendidikan di tingkat menengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media sosial sebagai sarana pendukung keberhasilan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kepustakaan (library research). Hasil dalam penelitian ini menunjukan jika pemanfaatan media sosial sebagai sarana pendukung keberhasilan dalam pendidikan dapat lebih meningkatkan kualitas pendidikan jika digunakan semaksimal mungkin. Namun bukan berarti media social hanya memiliki dampak positif akan tetapi media social juga memiliki dampak negatif ketika penggunaannya tidak terkontrol dan informasinya tidak disaring, bisa terjadi kesalahan dalam proses pembelajaran, sehingga pendidik atau guru dapat lebih selektif dalam memanfaatkan media social agar tidak terjadi penyimpangan terhadap siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alaby, M. A. (2020). Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (Isbd). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289.
Anggraeni, A. W., & Nuraini, K. (2022). Kajian Model Blended Learning dalam Jurbal Terpilih: Implementasinya Dalam Pembelajaran. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(2), 247–267. https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/article/view/529
Anwar, A. S., Leo, K., Ruswadi, U., & Erihadiana, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Abad 21 Melalui Media Sosial. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3044–3052. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i8.795
Apriansyah. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Sumsel. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 1(2).
Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 115–121. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.9799
Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631–1638.
Firman, R., & Marisyah, A. B. (2019). PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG PENDIDIKAN. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2).
Greenhow, C., & Robelia, B. (2009). "Old communication, new literacies: Social network sites as social learning resources." Journal of Computer-Mediated Communication, 14(4), 1130-1161.
Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2022). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 56–70.
Hujaemah, E. , S. A. , & J. J., Saefurrohman, A., & Juhji, J. (2019). Pengaruh Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 23–32. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2203
Jati, P. P. (2016). Pt . First Position Group. Pengaruh, Analisa Whatsapp, Aplikasi Kinerja, Terhadap Pada, Karyawan. Bahankuliahkomputer. Https://Bahankuliahkomputer.Files.Wordpress.Com/2016/04/Analisa- Pengaruh-Aplikasi-Whatsapp.Pdf
Kabilan, M. K., Ahmad, N., & Abidin, M. J. Z. (2010). "Facebook: An online environment for learning of English in institutions of higher education?" The Internet and Higher Education, 13(4), 179-187.
Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145–155. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.7280
Moeleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial Beserta Implikasinya Ditinjau Dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. Https://Doi.Org/10.22146/Buletinpsikologi.22759
Nasrullah, R. (2016). Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi). Pt Remaja Rosdakarya.
Nation. (2018). Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa. Journal Of The American Chemical Society, 123(10), 2176–2181.
Nobre, J. N. P., Vinolas Prat, B., Santos, J. N., Santos, L. R., Pereira, L., Guedes, S. da C., & Morais, R. L. de S. (2020). Quality of Interactive Media Use in Early Childhood and Child Development: a Multicriteria Analysis. Jornal de Pediatria, 9(6), 310–317. https://doi.org/10.1016/j.jped.2018.11.015
Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Salehuddin, M. (2020). Guru Mengadopsi Media Sosial Sebagai E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Islam, 10(1). Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V10i1.6755
Selwyn, N. (2016). "Education and Technology: Key Issues and Debates." Bloomsbury Publishing.
Simarmata, R. J., Gea, E. D., Purba, G. F., & Hutahuruk, A. J. (2022). Impelementasi Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 364–370. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V6i1.3054
Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip, 2(1), 774–783.
Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Smk Analis Kimia Ykpi Bogor). Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1). Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V7i01.211
Zazin, N., & Zaim, M. (2020). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi-Z. Proceeding Antasari International Conference, 1(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i4.24509
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hendri Yahya Sahputra, Sri Wahyuni, Wulan Sari, Depi Kurniati, Topan Iskandar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal has been indexed by:
except where otherwise noted.