Pendidikan Islam Di Era Globalisasi: Menggapai Peluang, Menuai Tantangan
Abstract
Abstrak
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah hasil dari budi daya manusia yang harus dikoordinir agar sejalan dengan identitas bangsa, nilai-nilai luhur, tradisi, kebudayaan, dan agama. Fenomena global memang tidak dapat dihindari, proses, dinamika dan pengaruhnya telah berhasil mengebiri tradisi dan nilai-nilai luhur keagamaan umat Islam dewasa ini. Nilai-nilai pendidikan Islam hari ini semakin larut dalam gegap gempita berbagai perubahan yang merupakan hasil dari pengaruh globalisasi. Globalisasi sudah menjadi keharusan sejarah yang banyak memberikan tantangan (threat) juga peluang (opportunity) dalam dunia pendidikan yang akan menggoyang tatanan kebudayaan, adat istiadat, dan nilai-nilai luhur ajaran Islam. Oleh karena itu menformat ulang teori dan praktik pendidikan harus segera dilakukan dan diseimbangkan, agar pendidikan Islam tidak pasif sebagai penonton bukan pemain, sebagai konsumen bukan produsen. Pendidikan Islam juga harus melakukan dan memerankan diri sebagai agent of change sembari memperkuat identitas Islam. Agar terciptanya muslim yang tidak hanya menguasai pengetahuan umum (atau sebaliknya) tetapi juga unggul dalam ilmu agama, sehingga dapat melakukan mobilitas kehidupan dengan baik dan tertata. Posisi pendidikan Islam adalah wajib mempertahankan sikap selektif, kritis, dan terbuka terhadap munculnya arus globalisasi. Di samping itu, juga harus tetap konsisten terhadap sumber utama agama, yaitu al-Qur’an dan Hadith sambil memperluas wawasan dan pemahaman terhadap kemajuan zaman, modernitas, temuan sains dan teknologi.
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Globalisasi, Peluang, Tantangan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Qodri Azizy, Melawan Globalisasi: Reinterprestasi Ajaran Islam Persiapan SDM dan Terciptanya Masyarakat Madani, Cet. V, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Cet. I, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Fauzi Saleh dan Alimuddin, Pendidikan Islam: Solusi Problematika Modern, Cet. I, Banda Aceh: Yayasan PeNA, 2007.
Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam: Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia, Cet. I, Jakarta: Prenada Media, 2004.
Hasan Langgulung, Pendidikan Islam dalam abad ke-21, Cet. III, Jakarta: Pustaka Al Husna Baru, 2003.
http://afriantodaud.multiply.com/journal/item/7/Madrasah dan Tantangan Dunia Global, 22 januari 2009.
http://jendelapemikiran.wordpress.com/2008/04/26/perguruan-tinggi-islam-peluang-dan-tantangannyapeluang-dan-tantangannya, 22 Januari 2009.
http://www.uin-malang.ac.id, 14-12-2008,article-rektor, 22 januari 2009.
Imam Machali Musthofa (ed), Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi: Buah Pikiran Seputar, Filsafat, Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya, Cet. I, Yogyakarta: PRESMA Fak. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2004.
Imam Tholkhah dan Ahamad Barizi, Membuka Jendela Pendidikan: Mengurai Akar Tradisi dan Intergrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Cet. I, Jakarata: RajaGrafindo Persada, 2004.
Ismail dkk, Paradigma Penddikan Islam, Cet I, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo Semarang, 2001.
Jajat Burhanuddin, Mencetak Muslim Modern: Peta Pendidikan Indonesia, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006.
Komaruddin Hidayat dan Muhammad Wahyudi Nafis, Agama Masa Depan: Perspektif Filsafat Perennial, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
M. Nasir Budiman, “Pendidikan Islam dalam Dinamika Perubahan sosial†dalam M. Nasir Budiman, dkk (ed) Kompilasi Pemikiran Guru Besar IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2008.
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006.
Muhtarom, Reproduksi Ulama Di Era Global: Resistransi Tradisional Islam, Cet: I, Jakarta: Pustaka Setia, 2005.
Muhyi Batubara, Sosiologi Pendidikan, Cet. I, Jakarta: Ciputat Press, 2004.
Munzir Hitami, Mengosep Kembali PendidikanIslam, Cet. I, Riau: Infinite Press, 2004.
Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai di Indosesia, Cet. I, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
Ziauddin Sardar, Kembali Ke Masa Depan: Syariat Sebagai Metodologi Pemecahan Masalah, Cet: I, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2005.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v4i2.294
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam
This journal has been indexed by:
except where otherwise noted.