Pendidikan Islam Di Era Globalisasi: Menggapai Peluang, Menuai Tantangan

Suriana Suriana

Abstract


Advances in science and technology is the result of human cultivation must be coordinated in order to comply with national identity, noble values, traditions, culture, and religion. Global phenomenon can not be avoided, processes, dynamics and its influence has been successfully castrated traditions and noble values of religious Muslims today. Educational values of Islam today is getting late in the tumult of various changes that are the result of the influence of globalization. Globalization has become a historical necessity that many challenges (threat) also opportunities (opportunity) in education that will shake up the order of the culture, customs, and values of the noble teachings of Islam. Therefore reformatting the theory and practice of education should be carried out and balanced, so that Islamic education is not passive as a spectator instead of a player, as consumers rather than producers. Islamic education also must perform and portray themselves as agents of change while strengthening Islamic identity. For the creation of a Muslim who is not only a knowledge of general (or vice versa), but also excels in the science of religion, so that it can perform with good mobility and orderly life. The position of Islamic education is compulsory maintain selective, critical, and open to the emergence of globalization. In addition, it should also remain consistent with the main source of religion, namely the Qur'an and Hadith while expanding the knowledge and understanding of the progress of time, modernity, the findings of science and technology.

Abstrak
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah hasil dari budi daya manusia yang harus dikoordinir agar sejalan dengan identitas bangsa, nilai-nilai luhur, tradisi, kebudayaan, dan agama. Fenomena global memang tidak dapat dihindari, proses, dinamika dan pengaruhnya telah berhasil mengebiri tradisi dan nilai-nilai luhur keagamaan umat Islam dewasa ini. Nilai-nilai pendidikan Islam hari ini semakin larut dalam gegap gempita berbagai perubahan yang merupakan hasil dari pengaruh globalisasi. Globalisasi sudah menjadi keharusan sejarah yang banyak memberikan tantangan (threat) juga peluang (opportunity) dalam dunia pendidikan yang akan menggoyang tatanan kebudayaan, adat istiadat, dan nilai-nilai luhur ajaran Islam. Oleh karena itu menformat ulang teori dan praktik pendidikan harus segera dilakukan dan diseimbangkan, agar pendidikan Islam tidak pasif sebagai penonton bukan pemain, sebagai konsumen bukan produsen. Pendidikan Islam juga harus melakukan dan memerankan diri sebagai agent of change sembari memperkuat identitas Islam. Agar terciptanya muslim yang tidak hanya menguasai pengetahuan umum (atau sebaliknya) tetapi juga unggul dalam ilmu agama, sehingga dapat melakukan mobilitas kehidupan dengan baik dan tertata. Posisi pendidikan Islam adalah wajib mempertahankan sikap selektif, kritis, dan terbuka terhadap munculnya arus globalisasi. Di samping itu, juga harus tetap konsisten terhadap sumber utama agama, yaitu al-Qur’an dan Hadith sambil memperluas wawasan dan pemahaman terhadap kemajuan zaman, modernitas, temuan sains dan teknologi.

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Globalisasi, Peluang, Tantangan

Keywords


Pendidikan Islam, Globalisasi; Peluang; Tantangan

Full Text:

PDF

References


A. Qodri Azizy, Melawan Globalisasi: Reinterprestasi Ajaran Islam Persiapan SDM dan Terciptanya Masyarakat Madani, Cet. V, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Cet. I, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Fauzi Saleh dan Alimuddin, Pendidikan Islam: Solusi Problematika Modern, Cet. I, Banda Aceh: Yayasan PeNA, 2007.

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam: Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia, Cet. I, Jakarta: Prenada Media, 2004.

Hasan Langgulung, Pendidikan Islam dalam abad ke-21, Cet. III, Jakarta: Pustaka Al Husna Baru, 2003.

http://afriantodaud.multiply.com/journal/item/7/Madrasah dan Tantangan Dunia Global, 22 januari 2009.

http://jendelapemikiran.wordpress.com/2008/04/26/perguruan-tinggi-islam-peluang-dan-tantangannyapeluang-dan-tantangannya, 22 Januari 2009.

http://www.uin-malang.ac.id, 14-12-2008,article-rektor, 22 januari 2009.

Imam Machali Musthofa (ed), Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi: Buah Pikiran Seputar, Filsafat, Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya, Cet. I, Yogyakarta: PRESMA Fak. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2004.

Imam Tholkhah dan Ahamad Barizi, Membuka Jendela Pendidikan: Mengurai Akar Tradisi dan Intergrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Cet. I, Jakarata: RajaGrafindo Persada, 2004.

Ismail dkk, Paradigma Penddikan Islam, Cet I, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo Semarang, 2001.

Jajat Burhanuddin, Mencetak Muslim Modern: Peta Pendidikan Indonesia, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006.

Komaruddin Hidayat dan Muhammad Wahyudi Nafis, Agama Masa Depan: Perspektif Filsafat Perennial, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.

M. Nasir Budiman, “Pendidikan Islam dalam Dinamika Perubahan sosial†dalam M. Nasir Budiman, dkk (ed) Kompilasi Pemikiran Guru Besar IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2008.

Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006.

Muhtarom, Reproduksi Ulama Di Era Global: Resistransi Tradisional Islam, Cet: I, Jakarta: Pustaka Setia, 2005.

Muhyi Batubara, Sosiologi Pendidikan, Cet. I, Jakarta: Ciputat Press, 2004.

Munzir Hitami, Mengosep Kembali PendidikanIslam, Cet. I, Riau: Infinite Press, 2004.

Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai di Indosesia, Cet. I, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Ziauddin Sardar, Kembali Ke Masa Depan: Syariat Sebagai Metodologi Pemecahan Masalah, Cet: I, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v4i2.294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam



      

          

 

  

The Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License