Pengaruh Penerapan Tasmi' dalam Peningkatan Motivasi Menghafal Al-Quran di SD IT Aceh Besar
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v13i4.19395Keywords:
Tasmi, Motivasi, Menghafal Al-quranAbstract
Pengaruh Penerapan Tasmi dalam Peningkatan Motivasi Menghafal Al-Quran di SD IT Aceh Besar
Dalam menghafal al quran tidak selalu berjalan dengan baik banyak permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam menghafal al quran diantaranya susah masuk dalam ingatan, cepat ngantuk, cepat bosan, malas mengulang/ murajaah itu semua disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa dalam menghafal alquran. Dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan tasmi terhadap peningkatan motivasi menghafal al-quran di SD IT Aceh Besar dan untuk mengetahui peningkatan tasmi dalam penerapan tasmi di SD IT Aceh Besar . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis kuantitatif korelasi product moment. Adapun data yang dikumpulkan berupa observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SD IT Hafizul Ilmi dan SD Nurul Fikri Aceh membuktikan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan tasmi dalam peningkatan motivasi menghafal Al-quran di SD IT Aceh Besar. Adapun hasil koefisien korelasi product moment antara kedua variabel tersebut nilainya diperoleh sebesar 0,860 bearti terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel tasmi dan motivasi menghafal quran. tabel korelasi diperoleh variabel tasmi dan motivasi menghafal quran nilai sig. sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 maka nilai Ha diterima Ho dditolak artinya signifikan. Terbukti bahwa ada pengaruh signifikan antara penerapan tasmi dalam peningkatan motivasi menghafal al-quran.
References
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Iwan Hermawan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011 . Psikiologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sakinah Assegaf. 2020. Meraih Prestasi Belajar dengan Tahfiz Al-Quran Tinjauan Sekolah Islam di Jakarta, Jakarta: A-Empat.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Raisya Maula Ibnu Rusyd. (2019). Panduan Praktis & Lengkap Tahsin, Tajwid, Tahfizh untuk Pemula, Jakarta: Laksana.
Suhono, Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Reproduksi Manusia, Surakarta: Unisri Press.
Abdur Rokhim. (2019). Metode Tahfidz Al-quran Metode Patas, Jakarta: Yayasan Alumni Perguruan Tinggi
Febri Indrawan ( 2021). Pemuda dalam Genggaman Al-Quran. Bogor : Guepedia,
Herwati, Miftahul Arifin dkk. (2023). Motivasi dalam Pendidikan, Malang: Literasi Nusantara Abadi Group
Hamid, Hasan. (2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya
Abnisa, Almaydza Pratama . (2022). Prinsip-Prinsip Motivasi dalam Pembelajaran Perpesktif Al-quran. Jawa Barat: Adanu Abimata
Djamarah, Syaiful Bahri. (2008) . Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Hilabi, Abdurrahman. 2019). Evaluasi Kurikulum. Jakarta Timur : Pustaka Amanah
Ajuslan, Kerubun. (2006). Kerubun Ajuslan, Menghafal Al-Qur'an Dengan Menyenangkan,. Yogyakarta: CV. Absolute Media
Ahmad Salim, Bdwilan. ( 2009). Panduan Cepat Menghafal Al-Quran. Jakarta : Diva Press
Rahmat Morado, Sugiarto.(2022). Tafsir Ar-Rahmah Juz 30. Yogyakarta: Maghza Pustaka
Muhammad Anas Marif dan Salamatun Rochman, 2018
Danarjati, Dwi Prasetia. (2014) . Psikiologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Riyadh, Sad. (2007). Agar Anak Mencintai dan Hafal Al-Quran, Bandung: Irsyadul
Baitus Salam
Khadijoh, Nyanyu.( 2017) . Psikiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Mubasyarah. 2009. Memorisasi dalam Bingkai Tradisi Pesantren. Yogyakarta: Idea Press
Rakmat, Jalaluddin. 2005. Menghafal Al quran. Bandung: Remaja Karya.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.