Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Wondershare Quiz Creator Di SMA Se Kabupaten Tapanuli Tengah
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v14i4.24099Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, Multimedia, Pendidikan Agama Islam, Wondershare Quiz CreatorAbstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era digital menuntut adanya instrumen evaluasi yang relevan dan efektif dalam mengukur pemahaman dan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaran PAI berbasis multimedia menggunakan Wondershare Quiz Creator dan menguji keefektifannya di SMA se Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode pengembangan instrumen evaluasi dilakukan melalui beberapa tahapan, termasuk analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, validasi, dan revisi. Instrumen evaluasi yang dikembangkan mencakup berbagai jenis soal multimedia, seperti pilihan ganda, isian singkat, dan pertanyaan essay, yang disesuaikan dengan kurikulum PAI dan karakteristik siswa SMA. Studi validasi dilakukan melalui uji validitas isi oleh pakar subjek PAI dan uji validitas konstruk menggunakan analisis faktor. Setelah itu, instrumen dievaluasi dalam sebuah uji coba di beberapa SMA di Kabupaten Tapanuli Tengah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen evaluasi yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang tinggi, baik dari segi isi maupun konstruk. Uji coba di lapangan juga menunjukkan tingkat penerimaan yang positif dari siswa dan guru terhadap penggunaan instrumen ini dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran PAI yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Implementasi instrumen ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMA se Kabupaten Tapanuli Tengah serta menjadi referensi bagi pengembangan instrumen evaluasi di bidang pendidikan agama Islam lainnya.References
Abidin, Z., & Kusrini, S. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Buku Panduan Guru. In Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
ACHMAD KHOLID FADLULLAH. (2017). Ppengembangan Media Evaluasi Wondershare Quiz Creator Berbasis Android Dalam Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas Xi Ips 2 Man 1 Malang.
Ahmad, M. Y., Tambak, S., & Constantiani, N. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SYAHRAINI TAMBAK** NIA CONSTANTIANI***. Jurnal Al-Thariqah, 2(1), 89–110.
Andria Rosa, Mahyudin Ritonga, & Wedy Nasrul. (2020). Penggunaan Media Berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Islamika, 3(2), 36–43. https://doi.org/10.37859/jsi.v3i2.2136
Approach, C. G. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.
Arfah, M. A. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai). Jurnal Literasiologi, 7(2), 211–236. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i2.282
Bennu, B. (2018). Penggunaan Media Pengajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Inpres Tangkala II Makassar. Jurnal Pattingalloang, 5(2), 66–75.
Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). 済無No Title No Title No Title. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Bona Ligusti, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2(2), 275.
Candra Rolisca, R. U., & Achadiyah, B. N. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Sma Brawijaya Smart School (Bss). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2706
Dahri, S. (2019). Pengembangan Instrumen Evaluasi Belajar Via Ponsel Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. Lentera Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 2(2), 13–20.
Date, R., & Search, Q. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 1–154.
Dr. Vladimir, V. F. (1967). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kesadaran Menunaikan Shalat Lima Waktu Bagi Peserta Didik Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Mallusetasi. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Faidul, A., Assabihi, Q., Ahmasi, A. L., Pendidikan, M., Islam, A., Pascasarjana, P., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2023). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBUDAYAKAN SHALAT BERJAMAAH.
Gusvita, A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Aplikasi Quiziz pada Era Covid-19. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 13(1), 16–27. https://doi.org/10.30596/intiqad.v13i1.6582
Hayati Tatoe. (2020). Peningkatan Kedisiplinan Guru dalam kehadiran Megajar di Kelas Mealalui Supervisi Kepala Sekolah Pada SMA Negeri 2 Bangko Kabuapten Rukan Hilir. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 7(1), 283.
Hikmatunazilah. (2020). “ Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi .” Repository.Iainbengkulu, 27, 27.
Islami. (2021). Pengembangan Media Evaluasi Wondershare Quiz Creator Berbasis Windows Dalam Mata Pelajaran Pai Di Kelas X Sman 2 Probolinggo.
Khasanah, D. N., & Pratiwi, A. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di Sekolah Dasar. Samudra Biru, 2008, 204. http://pgsd.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/41.pdf
Ma’rufi, A. (n.d.). للمرحلة الابتدائية" Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti" تحليل الأخطاء الإملائية في الكتب المقررة للتربية الإسلامية. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61783
Mardhiyah, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 483. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mjpai
Maulida, M., Gimin, G., & Kartikowati, S. (2019). Powerpoint and Wondershare Quiz Creator Interactive Multimedia Development to Improve Student Learning Motivation. Journal of Educational Sciences, 3(3), 390. https://doi.org/10.31258/jes.3.3.p.390-400
Mentor, K. P. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 1–17.
Murlina, & Wahyuni, I. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMP Nusa Plus Kota Tangerang. In Journal Article (Vol. 1, Issue 2).
Mustamar. (2022). Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 9 No. 2, Juli-Desember 2022. 9(2), 68–81.
Nasrum, A., & Subawo, M. (2022). Pengembangan Aplikasi Latihan Soal Untuk Menghadapi Ujian Sekolah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1729. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5459
Nissa Firanita Devi. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa Di SMP Negeri 110 Jakarta Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta 1442 H / 2021 M. 1–73.
Pardosi, J. (2023). Efektifitas Buku Penghubung dalam Upaya Peningkatan Disiplin Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 470–475. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.612
permenkes 9 tahun 2014. (2014). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Lincolin Arsyad, 3(2), 1–46. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127
Pratiwi, V. (2016). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Ict Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Penyusutan Aset Tetap. Pendidikan, 04(01), 1–7.
Satriana, D. (2019). Jurnal Siliwangi : Seri Pendidikan P- ISSN 2476-9312 PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK WONDERSHARE QUIZ CREATOR BERBASIS Kata Kunci : Media , Evaluasi , Wondershare Quiz Creator , peserta didik , pendidik Jurnal Siliwangi : Seri Pendidikan P- ISSN 2476-9312 E-. 5(1).
Satriani, S. (2018). Pembinaan Guru Pai Dalam Membiasakan Siswa Melaksanakan Shalat Berjamaah. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 66–78.
Soaleha. (2013). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MTs Ma’had DDI Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 124. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/2924
Soraya, S. Z., & Sukmawati, Y. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Video di SMPN 1 Balong Ponorogo. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 34–42. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.6920
Sugiarto. (2016). 済無No Title No Title No Title. 4(1), 1–23.
Susiana. (2019). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Perilaku Penyimpangan Peserta Didik Di Sma Negeri 2 Pinrang.
Table < Hitung. (2021). 1, 1–7.
Taufik, A., & Setyowati, N. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas X.
Tugas-tugas, M., Guna, M. S., Gelar, M., Pendidikan, S., & Matematika, I. P. (2021). Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dalam Ilmu Pendidikan Matematika.enerasi-Z. Proceeding Antasari International Conference, 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.