KONSEP INTEGRASI PILAR-PILAR AJARAN ISLAM DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Sumiati Sumiati Unismuh Makassar
  • Mumtahanah Mumtahanah STAI DDI Maros Makassar

DOI:

https://doi.org/10.22373/es2y6k70

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep integrasi pilar-pilar Islam (aqidah, syariah, dan akhlak. Ada tiga rumusan masalah yang ingin diungkap dalam tulisan ini yaitu: Bagaimana konsep integrasi pilar-pilar Islam (aqidah, syariah, dan akhlak) dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam?, Bagaimana langkah-langkah implementasi integrasi pilar-pilar Islam dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah?, dan Apa saja potensi dan tantangan dalam mengintegrasikan pilar-pilar Islam dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam?. Penelitian ini merupakan penelitian Pustaka yaitu suatu konsep penelitian yang dilakukan dengan mempelajari dan menganalisis berbagai sumber informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang sedang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep integrasi Pilar-pilar Islam dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam melalui tiga pilar utama yaitu Aqidah, Syariah dan Akhlak. Pendekatan dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan tematik dimana setiap tema atau bahasan diintegrasikan dengan ketiga pilar Islam. Terkait dengan penekanan dan pengamalan tidak hanya pada pemahaman konseptual, tetapi juga menekankan pada penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Islam dimana peserta didik didorong untuk memahami, menginternalisasi, dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.  Materi dan metode harus dirancang secara terpadu yang harus dirancang dengan saling mendukung integrasi ketiga pilar Islam. Aspek kognitif, afektif dan psikomotorik harus dapat diperhatikan keseimbangannya agar peserta didik tidak hanya mengetahui, tetapi juga mampu menghayati dan mengamalkan ajaran Islam

References

Adawiah, R. (2016). INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM PAI (Perspektif Islam dan Barat serta Implementasinya). AL-BANJARI, 15(1), 99–124.

Akhirin. (2013). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual melalui Rukun Iman dan Rukun Islam. Jurnal Tarbawi, 10(2), 1–31.

Aziz, A., & Anam, A. K. (2021). Moderasi Beragama Berlandaskan Nilai-nilai Islam. In Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Direktorat Jendera lPendidikan Islam Kementerian Agama RI. https://cendikia.kemenag.go.id/storage/uploads/file_path/file_28-09-2021_6152761cdc6c1.pdf

Hamka. (2009). Rekonstruksi kurikulum Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum Pasca Pemerintahan Orde Baru. Hunafa, 6(1).

Idris, S. (2017). Internalisasi Nilai dalam Pendidikan (Konsep dan Kerangka Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Darussalam Publishing.

Izzatunnisa, L., Putrawan, I. M., & Rini, D. S. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Guru (Teacher’s Leadership) Dan Integritas (Integrity) Terhadap Students Performance Dalam Proses Belajar Mengajar Biologi Di SMA Negeri Jakarta. IJEEM: Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 8(2), 21–33.

Kholidah, L. N. (2015). Pola Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan. At-Ta’dib: Journal of Pesantren Education, 10(2), 325–340. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/459

Laksana, S. D. (2016). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (UNESCO) dan Tiga Pilar Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 43–61.

Maawiyah, A., & Syahrizal. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Pada Ptkin Aceh. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 3073–3088. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4321

Mahrisa, R. (2022). Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama. Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 437–488.

Mufidah, D., Agus, S., Purnamasari, I., & Sulianto, J. (2022). Integrasi Nilai Nilai Islami dan Penguatan Pendidikan Karakter. UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.

Muhammad. (2019). Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam. Sanabil.

Nurhayati, U., & Nu’man, M. (2022). Komponen Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Orientasinya Pada Madrasah Ibtidaiyah. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 167–184. https://doi.org/10.30736/ktb.v6i2.1138

Sarjana, S., & Khayati, N. (2016). Pengaruh Etika, Perilaku, Dan Kepribadian Terhadap Integritas Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 379–393. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.450

Siregar, V. V., & Sari, L. S. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Kelas II SD. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-04

Sugiana, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Di Mts Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 17–34. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-02

Suprapto. (2020). Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pegembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355–368. http://jurnaledukasikemenag.org

Susanti, L., Kartikowati, R. S., & Makhdalena. (2019). Pengaruh Supervisi Dan Integritas Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Se-Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(2), 205–213.

Published

2025-07-17

Issue

Section

Artikel