KONSEP INTEGRASI PILAR-PILAR AJARAN ISLAM DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.22373/es2y6k70Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep integrasi pilar-pilar Islam (aqidah, syariah, dan akhlak. Ada tiga rumusan masalah yang ingin diungkap dalam tulisan ini yaitu: Bagaimana konsep integrasi pilar-pilar Islam (aqidah, syariah, dan akhlak) dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam?, Bagaimana langkah-langkah implementasi integrasi pilar-pilar Islam dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah?, dan Apa saja potensi dan tantangan dalam mengintegrasikan pilar-pilar Islam dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam?. Penelitian ini merupakan penelitian Pustaka yaitu suatu konsep penelitian yang dilakukan dengan mempelajari dan menganalisis berbagai sumber informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang sedang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep integrasi Pilar-pilar Islam dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam melalui tiga pilar utama yaitu Aqidah, Syariah dan Akhlak. Pendekatan dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan tematik dimana setiap tema atau bahasan diintegrasikan dengan ketiga pilar Islam. Terkait dengan penekanan dan pengamalan tidak hanya pada pemahaman konseptual, tetapi juga menekankan pada penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Islam dimana peserta didik didorong untuk memahami, menginternalisasi, dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Materi dan metode harus dirancang secara terpadu yang harus dirancang dengan saling mendukung integrasi ketiga pilar Islam. Aspek kognitif, afektif dan psikomotorik harus dapat diperhatikan keseimbangannya agar peserta didik tidak hanya mengetahui, tetapi juga mampu menghayati dan mengamalkan ajaran IslamReferences
Adawiah, R. (2016). INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM PAI (Perspektif Islam dan Barat serta Implementasinya). AL-BANJARI, 15(1), 99–124.
Akhirin. (2013). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual melalui Rukun Iman dan Rukun Islam. Jurnal Tarbawi, 10(2), 1–31.
Aziz, A., & Anam, A. K. (2021). Moderasi Beragama Berlandaskan Nilai-nilai Islam. In Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Direktorat Jendera lPendidikan Islam Kementerian Agama RI. https://cendikia.kemenag.go.id/storage/uploads/file_path/file_28-09-2021_6152761cdc6c1.pdf
Hamka. (2009). Rekonstruksi kurikulum Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum Pasca Pemerintahan Orde Baru. Hunafa, 6(1).
Idris, S. (2017). Internalisasi Nilai dalam Pendidikan (Konsep dan Kerangka Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Darussalam Publishing.
Izzatunnisa, L., Putrawan, I. M., & Rini, D. S. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Guru (Teacher’s Leadership) Dan Integritas (Integrity) Terhadap Students Performance Dalam Proses Belajar Mengajar Biologi Di SMA Negeri Jakarta. IJEEM: Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 8(2), 21–33.
Kholidah, L. N. (2015). Pola Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan. At-Ta’dib: Journal of Pesantren Education, 10(2), 325–340. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/459
Laksana, S. D. (2016). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (UNESCO) dan Tiga Pilar Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 43–61.
Maawiyah, A., & Syahrizal. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Pada Ptkin Aceh. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 3073–3088. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.4321
Mahrisa, R. (2022). Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama. Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 437–488.
Mufidah, D., Agus, S., Purnamasari, I., & Sulianto, J. (2022). Integrasi Nilai Nilai Islami dan Penguatan Pendidikan Karakter. UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
Muhammad. (2019). Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam. Sanabil.
Nurhayati, U., & Nu’man, M. (2022). Komponen Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Orientasinya Pada Madrasah Ibtidaiyah. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 167–184. https://doi.org/10.30736/ktb.v6i2.1138
Sarjana, S., & Khayati, N. (2016). Pengaruh Etika, Perilaku, Dan Kepribadian Terhadap Integritas Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 379–393. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.450
Siregar, V. V., & Sari, L. S. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Kelas II SD. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-04
Sugiana, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Di Mts Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 17–34. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-02
Suprapto. (2020). Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pegembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355–368. http://jurnaledukasikemenag.org
Susanti, L., Kartikowati, R. S., & Makhdalena. (2019). Pengaruh Supervisi Dan Integritas Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Se-Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(2), 205–213.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sumiati Sumiati, Mumtahanah - -

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.