ANALISIS KOMPETENSI GURU FIKIH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DENGAN PENDEKATAN TPACK DI MAN 2 MODEL MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v14i3.25386Keywords:
Kompetensi, Guru, Kurikulum Merdeka, TPACKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi guru fikih dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan pendekatan TPACK, (1) Bagaimana kompetensi guru fikih dalam menyusun pembelajaran berbasis TPACK (2) Bagaimana kompetensi guru fikih dalam mengimplementasikan pembelajaran fikih pada kurikulum merdeka dengan pendekatan TPACK (3) Bagaimana kompetensi guru fikih dalam mengevaluasi proses pembelajaran fikih berbasis TPACK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Menyusun pembelajaran berbasis TPACK seorang guru terlebih dahalu harus memperhatikan beberapa aspek seperti, materi pembelajaran, siswa, dan fasilitas sekolah (2) Pembelajaran dilakukan menggunakan Media teknologi seperti Laptop, Handphone, Internet dll serta memanfaatkan platform dan aplikasi seperti Canva, Quizizz, Google Forms, YouTube, dll (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan mengambil soal dari buku pembelajaran dan dibuat sendiri oleh guru berdasarkan pembelajaran yang telah dilaksanakan lalu diintegrasikan kesalah satu platform atau aplikasi yang menawarkan program evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran fikih dengan pendekatan TPACK di MAN 2 Model medan dapat dikatakan berjalan dengan baik dilihat dari kemapuan guru yang mahir dalam mengintegrasikan teknologi dengan kompetensi pedagogic guru
References
Abdurrahman. (2004). Lubaatun Tafsiir Min Ibni Katsiir (p. 111).
Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. Pendidikan Guru, 2(1), 27. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099x
Al-Syaibani, A. A. (2014). Umdat al-Qori.
Amalia, A. R., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2023). Analisis kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis TPACK (Technological Pedagogic Content Knowlegde). Jurnal Basicedu, 7(6), 4112. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6145
Artajaya, gede S. dan G. S. (2022). Problematika kompetensi kepribadian guru yang memengaruhi karakter peserta didik. 11(1), 1. https://doi.org/: https://doi.org/10.5281/zenodo.7416908
Aslan. (2018). View of Kajian Kurikulum Fiqih Pada Madrasah Aliyah Di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat Pada Masyarakat Perbatasan.pdf. Studi Islam, 5 No,2, 116.
Basya, A.-S. I. K. (2017). kitab ar-Riyadh.
Bidin, Z. (2018). PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU. Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, 9, No. 1, 77–88.
Bukhari. (2020). Ahkam Sultaniyah.
Gani, R. A., Arifin, R. S., Syahputra, H. I., Anaqi, D. S., Karimah, U., & Nurussyifa, W. (2023). Pembelajaran Fikih Di Era Kurikulum Merdeka. 3. N0, 1, 703. http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied
Hamka. (2017). Tafsir Al-Azhar. In Jurnal Sains dan Seni ITS. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Hawi, A. (2014). KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. PT Raja Grafindo Persada.
Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1, No.1.
Ismail, A. A.-F. (1996). FADA’IL AL-QUR’AN.
Kamal, M. (2018). Guru. CV. Anugrah Utama Raharja.
Kemenag. (2019). Al-Quran Kemenag. https://quran.kemenag.go.id
Koehler, M. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 1017–54. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x
Koehler, M. (2014). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework,” Handbook of Research on Educational Communications and Technology.
Kurniawati, N. (2021). UPAYA GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM PENGEMBANGAN SPIRITUAL SISWA KELAS VII D MTs HIDAYATUL MUBTADIIN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(2), 56. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/
Mansir, F. (2020). Urgensi Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Madrasah. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 5(2), 168. https://doi.org/ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan Received:
Muhammad, A. A. (2021). Al-Bagha.
Nafi’ah, J. (2020). KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH.
Nasution, A. F. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Abdul. Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37
Nurbani, F. (2023). Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Membangun Kemandirian Peserta Didik didik . Guru dengan kepribadian kuat akan memberikan dampak kepada peserta didik baik. Pendidikan Indonesia, 1(3), 64–76. https://doi.org/https://doi.org/10.62007/joupi.v1i3.67
Purwanti, Y. A. L. dan M. (2019). HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK, PROFESIONAL, SOSIAL, DAN KEPRIBADIAN PADA GURU SEKOLAH NONFORMAL X. KEPENDIDIKAN, 2, Nomor 1, 197–208.
Qalbi, A. N. (2023). KONTRIBUSI GURU FIKIH DALAM PENANAMAN NILAI IBADAH Annisa. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 277.
Rizqiyah, N. (2021). Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge Sebagai Modernisasi Di Bidang Pendidikan. Niagawan, 10(2), 159. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i2.25004
Saibah. (2023). PENGEMBANGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI. 1(2), 281.
Setyawan, T. Y. (2014). Designing TPACK Lesson Plans For Primary Enggrish Classrooms. Jurnal Kependidikan, 26(2).
Setyorini, R. F. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN TPACK ( TECHNOLOGICAL , PEDAGOGICAL , AND CONTENT KNOWLEDGE ) PADA MATA PELAJARAN PPKN DI UPT SMA NEGERI 3 BANYUASIN Rahma Fajar Setyorini UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2022 Universita. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.
Shaifudin, A. (2019). FIQIH DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ILMU : Hakikat dan Objek Ilmu Fiqih. Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 1(2), 199. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/almanhaj.v1i2.170
Siswanto. (2013). Etika Profesi (Harisudin (ed.); Vol. 4).
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. ALFABETA, CV.
Sugiyono. (2017). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14, Pub. L. No. Guru dan Doesn (2005).
Wulandari, D. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksioma Ad-Diniyah, 9(1), 318–336. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v7i2.43
Yudianto, A. (2022). Pelatihan Pembelajaran dalam Konsep Kurikulum Merdeka Belajar dan Teknologi Mobil Listrik di SMK Negeri 1 Ngawen Gunungkidul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 709–71. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3301
Yuliani, M. & S. (2022). Kontribusi Kompetensi Sosial Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Innovative Education Journal, 4(2), 282. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51278/aj.v4i2.452
Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(2), 123. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.