KONTRIBUSI MOTIVASI MENGAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PENGGUNAAN METODE CERAMAH GURU MADRASAH TSANAWIYAH
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.5181Keywords:
Metode ceramah, kecerdasan emosional, motivasi mengajar.Abstract
Emotional intelligence and teaching motivation contribute to developing teacher success using the lecture method. This research is very significant in exploring how the contribution of emotional intelligence and teaching motivation to the success of teachers in using the lecture method at Madrasah Tsanawiyah. This type of research is a correlation that aims to examine the effect of emotional intelligence and teacher motivation to use the lecture method. The subjects of this study were teachers of the field of Fiqh, al-Qur'an, Hadith, Morals, Islamic Cultural History, and Arabic, with a total population of 126 people and were studied in general. The questionnaire was used as a data collection technique and analyzed using the Multiple Linear Regression Test technique. It is produced that teachers who possess and master emotional intelligence and motivation to teach are able to build and develop the ability of teachers to use the lecture method in the learning process in madrasas.References
Agus Supriyanto dan Fitrah Fajariah, “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam: Studi Kualitatif Naturalistik di SMA Martia Bhakti Bekasi,” Turats: Jurnal Fakultas Agama Islam; 8, 1 (2012): 76-82
Anas Sudijono, Metode Penelitian Kombinasi, (Bandung: Alfabeta, 2012), h. 45. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), (Bandung: Alfabeta, 2014), h. 123
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), cet. ke -1, h. 135. Syahraini Tambak, Pendidikan Agama Islam: Konsep Metode Pembelajaran PAI, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014), h. 28. Abuddin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011), h. 181. Ahmad Tafsir, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003), cet -7, h. 9. Zakiah Daradjat, et. al., Metodik Khusus Pembelajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995), h. 1.
Asyari, “Kecerdasan Emosional Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Mengajar,” El-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitin Pendidikan Agama Islam; 10, 2 (2016): 179-188
Binti Maunah dan Muh. Habubulloh, “Kecerdasan Emosional Guru dalam Membina Moralitas Peserta Didik,” Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam; 13, 1 (2015): 45-58
Bruce W Tuckman, Analyzing Social Education Research Data, (London: McGraw Hill Book Co.), 1978
Burju Ratih, “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Antarpribadi dan Motivasi Mengajar Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Jakarta Timur,” Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling; 1, 1 (2017): 53-59
Fatmasari, “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Gugus II Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah,” Jurnal Ilmiah Didaktika; 14, 2 (2014): 154-169
Haryono Suhendro, “Hubungan Iklim Organisasi Sekolah, Kecerdasan Emosional, dan Penetahuan Teknologi Informasi dengan Profesionalisme Guru SMK Produtif,” Jurnal Teknologi Kejuruan dan Pengajarannya; 32, 1 (2009): 36-48
Imam Solihul Hadi, “Pengaruh Iklim Organisasi dan Motivasi Mengajar terhadap Kinerja Profesional Guru SMA, SMK, dan MA Muhmamadiyah di Kabupaten Kudus,” Quality: Jurnal Pendidikan Islam; 4, 1 (2016): 199-216
Inah dan Ety Nur, “Pengaruh Metode Ceramah Plus dan Resitasi terhadap Prestasi Belajar Statistik Pendidikan Siswa Tarbiyah STAIN Kendari”, al-Izzah, 2014, 9 (1): 103-122
Jamiluddin Yacub, “Produktivias Kinerja Guru dan Motivasi Mengajar,” Assalam: Jurnal Studi Hukum Islam dan Pendidikan; 1, 1 (2012): 39-51
Jazariyah, “Signifikansi Brain Based Learning Pendidikan Anak Usia Dini,” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 1, (2017); h. 1-24
Jon Helmi, “Penerapan Konsep Silberman dalam Metode Ceramah pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan; 8, 2 (2016): 212-245
Masdudi, “Pengembangan Kecerdasan Emosional Guru PAUD dalam Pembelajaran,” Awlady: Jurnal Pendidikan Anak; 2, 1 (2016): 23-49
Melinda Massa Yassar, “Keerdasan Emosional Guru Matematika dalam Membangun Karakter Siswa,” Suska Journal of Mathematic Education; 4, 1 (2018): 41-49
Moh. Mansur Fauzi, “Kecerdasan Emosional Menurut Luqman al-Hakim (Studi Analisis Surat Luqman Ayat 12-19),” al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam; 4,1 (2017): 50-71
Muhtarom, “Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah dan Motivasi Mengajar dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru MI di Kecamatan Kota Kudus.” Quality: Jurnal Pendidikan Islam; 4, 2 (2016): 372-386
Muwartiningsih, “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Penguasaan Keterampilan Pembelajaran terhadap Produktivias Guru Mata Pelajaran Akuntansi,” Jurnal Dinamika Pendidikan; 4, 2 (2011): 154-168
Nashiruddin, Muhammad El Muhammadi dan Anharurrohman, “Korelasi Kreativitas dan Motivasi Kerja Guru terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran,” Indonesian Journal of Education Research; 1, 1 (2016): 51-57
Nur Fadilah, “Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Card Sort Learning,” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 2, (2017); h. 157-176
Reza Ahmadiansah, “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah Salatiga,” INJECT: Interdiciplinary Journal of Communication; 1, 2 (2017): 223-236
Sakinah Fatwa dan Andi Diah, “Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan, Kecerdasan Emosional, dan Efikasi Diri terhadap Komitmen Tugas pada Guru SMTA PKP Jakarta Islami School,” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam; 4, 2 (2015): 145-158
Satriani, “Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus),“ Jurnal Pendidikan Islam Iqra’, 2016, 10 (1): 1-19. M. Yusuf Ahmad & Syahraini Tambak, “Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Pelajaran Fiqh,” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 2018, 5 (1): 64-84
Sudirman dan Agus Hakri Bokingo, “Kinerja Guru Pasca Sertifikasi”, Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan; 13, 2 (2017): 98-104
Sulaiman Ngah Razali, Analisis Data dalam Penyelidikan Pendidikan, (Kuala Lumpur: Dewan Bahasa Pustaka, 1996), h. 78
Syahraini Tambak, 6 Metode Komunikatif Pendidikan Agama Islam, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014), h. 35. Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), h. 85-86
Tata Herawati Daulay, “Pengaruh Motivasi dan Metode Mengajar terhadap Prestasi Mata Kuliah Hadits Mahasiswa IAIN PAdangsidempuan,” Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman; 2, 1 (2016): 91-110
Yasin Nurfalah, “Hubungan Kecerdasan Intelektual dengan Kecerdasan Emosional,” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman; 26, 2 (2015): 264-286
Zartul Badiah, “Peranan Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual (ESQ) Anak dalam Perspektif Islam,” Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam; 8, 2 (2016): 229-254
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.