PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842Keywords:
Pengelolaan, Sarana Prasarana, Pendidikan, Kualitas Pembelajaran.Abstract
Pengelolaan merupakan kegiatan yang dilakukan bersama dan melalui orang-orang serta kelompok dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Peningkatan mutu pendidikan akan tercapai apabila proses belajar mengajar yang diselenggarakan di kelas benar-benar efektif dan berguna untuk mencapai kemampuan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang diharapkan. Karena pada dasarnya proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan, di antaranya guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan berhasilnya proses belajar mengajar di dalam kelas. fungsi pengelolaan sarana dan prasarana sangat mendasar sekali dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, menciptakan iklim sosio emosional dan mengelola proses kelompok, sehingga keberhasilan guru dalam menciptakan kondisi yang memungkinkan, indikatornya proses belajar mengajar berlangsung secara efektif. Kajian dalam artikel ini antara lain memberikan pemahaman kepada pembaca tentang pengelolaan sarana prasarana pendidikan, sarana prasarana pendidikan yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, dan pengelolaan terhadap pendayagunaan sarana prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.References
Arikunto, Suharsimi, Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Jakarta: RajaGrafindo Persada,1993
………….., Pengelolaan Materil. Jakarta: Prima Karya, 1987.
Bafadal, Ibrahim, Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Burhanudin, Yusak, Administrasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia,1998.
Daryanto, H.M, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Gunawan, Administrasi Sekolah Administrasi Pendidikan Mikro, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Gunawan, Ari H, Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan Mikro, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Handoko, T. Hani, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Liberti, 1985.
Mulyasa, Enco, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Nawawi, Hadari, Administrasi Pendidikan Jakarta: Gunung Agung 1981.
Sa’ud, Udin Syaefudin, dkk, Perencanaan Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Sadiman, Arief S, dkk, Media Pendidikan, Jakarta: Grafindo Persada 2003.
Soetjipto, Raflis Kosasi. Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Sudjana S. Manajemen Program Pendidikan, Bandung: Falh Production, 2000.
Suharsimi, Arikunto. Pengelolaan Kelas dan Siswa, Jakarta: Rajawali Press, 1992.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: FOKUSMEDIA, 2006.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.