POLA KOMUNIKASI DAKWAH DA’I DAN DA’IYAH KOTA BANDA ACEH

syukri syamaun, Eka Yuliastika

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pola komunikasi yang digunakan da’i dan da’iyah Kota Banda Aceh dalam menyampaikan dakwah. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan oleh da’i dan da’iyah dalam menyampaikan dakwah dalam menyampaikan dakwah di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara terhadap para da’i dan da’iyah Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para da’i dan da’iyah Kota Banda Aceh menggunakan pola komunikasi bervariatif dalam melakukan dakwahnya, seperti komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok, komunikasi publik, dan komunikasi massa.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Anas, Paradigma Dakwah Kontemporer Semarang, PT. Pustaka Rizki Putra, 2006.

Alwisral Imam Zaidallah, dan H. Khaidir Khatib Bandaro, Strategi Dakwah Dalam Membentuk Da’idan Khatib Profesional, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Daryanto dan Muljo Rahardjo,Teori Komunikasi, Yogyakarta: GavaMedia, 2016.

Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Fakhri, Yusri Daud, dan Syukri Syamaun, Komunikasi Islam, Yogyakarta: Ak Group, 2006

Samsul Munir Amin, Ilmu Dakwah, Jakarta: Amzah, 2009.

Hafied Cangara,Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

Hamzah Ya’qub, Publistik Islam Teknik Dakwah Dan Leadership, Bandung: Diponegoro, 1981.

M. Munir, Wahyu Ilahi, Manajemen Dakwah Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

Mairul Hazami, dkk, Syariat Islam dalam Angka Kota Banda Aceh 2013, Banda Aceh: Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, 2013.

Moh ali Aziz, Ilmu Dakwah cet 2, Jakarta: Prenada Media Group, 2004.

Nur Syam, Metodologi Penelitian Dakwah, Solo: Ramadhan, 1991

Onong Uchana Effendy, Komunikasi Teori dan Praktek Bandung: Remaja Rosda karya, 2006.

Syaiful Bahri Djamarah, Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga, Jakarta PT. Aneka Cipta, 2004.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2013.

Wahidin Saputra, Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta: Remaja Grafindo Persada, 2011.

Widjaja, H.A.W., Ilmu Komunikasi Pengantar Studi,Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Ar-raniry, KOPELMA Darussalam, Banda Aceh

Contact +62811 121 308

E-mail: stimulus.journal@gmail.com

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.