Identifikasi Ummatan Wasathan dalam Tafsir Era Klasik dan Tafsir Indonesia

Muhammad Shiddiq Al Alafiy

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang tafsir al-Qur’an terhadap frasa ummatan wasathan yang termaktub dalam surah al-Baqarah ayat 143 berdasarkan karya tafsir era klasik dan tafsir Indonesia. Tafsir era klasik yang dimaksud di sini yaitu tafsir al-Thabari dan al-Razi, sedangkan tafsir Indonesia mengambil karya Hamka dan M. Quraish Shihab. Tujuannya adalah mengidentifikasi makna ummatan wasathan kaitannya dengan moderasi Islam dalam konteks keindonesiaan. Guna mencapai tujuan tersebut, artikel ini menggunakan riset pustaka berbasis komparasi yang menyorot tiga persoalan: Pertama, bagaimana interpretasi ummatan wasathan dalam tafsir era klasik dan tafsir Indonesia. Kedua, komparasi antara keduanya. Ketiga, identifikasi ummatan wasathan berdasarkan komparasi tersebut. Hasilnya, konsistensi penafsiran tentang ummatan wasathan antara tafsir era klasik dan tafsir Indonesia berada pada posisi yang tidak jauh berbeda, hanya pada ranah kontekstualisasi masing-masing mempunyai kecenderungannya sendiri. Selaras dengan itu, ummatan wasathan dapat diidentifikasi sebagai umat yang moderat serta adil sehingga menjadi teladan bagi seluruh manusia dan istiqamah mengikuti jejak Nabi Saw.

Abstract: This article aims to discuss the Qur'anic interpretation of the phrase ummatan wasathan contained in Surah al-Baqarah verse 143, based on the works of classical-era commentaries and Indonesian commentaries. The classical era interpretations referred to here are tafsir al-Thabari and al-Razi, while Indonesian interpretations take the works of Hamka and M. Quraish Shihab. The aim is to identify the meaning of ummatan wasathan in relation to Islamic moderation in the Indonesian context. To achieve this goal, this article uses comparative-based library research that highlights three issues: First, how is the interpretation of Ummatan Wasathan in classical era tafsir and Indonesian tafsir? Second, the comparison between the two Third, the identification of Ummatan Wasathan based on the comparison As a result, the consistency of interpretation of ummatan wasathan between classical era tafsir and Indonesian tafsir is in a position that is not much different; only in the realm of contextualization, each has its own tendency. In line with that, ummatan wasathan can be identified as a moderate and fair ummah so that it becomes an example for all humans and istikamah following the footsteps of the Prophet.


Keywords


ummatan wasathan; moderasi Islam; tafsir era klasik; tafsir Indonesia

Full Text:

PDF

References


A, Akhmadi. “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia.” Jurnal Diklat Keagamaan 13, no. 2 (2019): 45–55. https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/download/82/45.

Al-Dawudi, Muhammad. Tabaqāt Al-Mufassirīn 2. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1983.

Al-Dzahabi, Muhammad Husain. Al-Tafsīr Wa Al-Mufassirūn. Mesir: Maktabah Wahbah, n.d.

Al-Qaradawi, Yusuf. Anatomi Masyarakat Islam. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1999.

Al-Qurthubi, Muhammad ibn Ahmad ibn Abi Bakr. Al-Jāmi’ Li Ahkām Al-Qur’ān 2. Beirut: Muassasah al-Risalah, 2006.

Al-Razi, Fakhruddin Muhammad ibn ‘Umar. Mafātīh Al-Ghaib 4. Beirut: Dar al-Fikr, 1981.

Al-Thabari, Abu Ja’far Muhammad Ibn Jarir. Jāmi’ Al-Bayān ‘an Ta’Wīl Āy Al-Qur’ān. Kairo: Hijr, 2001.

Alfiyah, Avif. “METODE PENAFSIRAN BUYA HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 15, no. 1 (2017): 25. https://doi.org/10.18592/jiiu.v15i1.1063.

Arifin, Tajul. Kajian Al-Qur’an Di Indonesia: Dari Mahmud Yunus Hingga Quraish Shihab. Bandung: Mizan, 1996.

Aziz, Nasaiy. “Islam Dan Masyarakat Ideal ( Ummatan Wasathan ) Dalam Perspektif Para Mufassir Dan Relevansinya Dengan Kontak Keindonesiaan Masa Kini Dan Depan,” 2008, 282.

Bayhaqi, Adnan. “Ummatan Wasathan Dalam Tafsir Al-Misbah : Penafsiran M. Quraish Shihab Terhadap Surat Al-Baqarah: 143.” Ushuly: Jurnal Ilmu Ushuluddin 1, no. 1 (2022): 91–102.

Firdausiyah, Umi Wasilatul. “Modernisasi Penafsiran Al-Quran Dalam Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka.” Jurnal Ulunnuha 10, no. 1 (2021): 65–77. https://doi.org/10.15548/ju.v10i1.2745.

Gusmian, Islah. Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. Bandung: Teraju, 2003.

Hamka. “Tafsir Al-Azhar,” n.d.

———. Tafsir Al-Azhar Jilid 1. Vol. 1. Singapura: Pustaka Nasional Pte Ltd Singapura, 2019.

Ibnu as-Solah. Muqaddimah Ibnu As-Solah. Beirut: Dar al-Fikr, 1986.

M. Quraish Shihab. “Tafsir Al Misbhah, Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an.” Lentera Hati 9, no. 9 (2008): 173.

———. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: MIzan, 1996.

Mansur, Muhammad. Tafsir Mafatih Al-Ghaib : Historisitas Dan Metodologi. Lintang Books. Vol. 13. Sleman: Lintang, 2019.

Muchtar, M. “‘Ummatan Wasathan’ Dalam Perspektif Tafsir Al-Tabariy.” Jurnal Perspektif Ilmu-Ilmu Agama Kontemporer 2, no. 2 (2013): 113–29.

Muhammad Faisal Hamdani. “Interpretation Verse of Religious Moderation: Systematic Library Review Meaning of Ummatan Wasathan in Qs. 2: 143.” Siasat 7, no. 1 (2022): 71–81. https://doi.org/10.33258/siasat.v7i1.112.

Munawar, Said Agil Husin Al. Al-Qur’an: Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Press, 2013.

Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 6. Yogyakarta: LKiS, 2010.

———. Studi Al-Qur’an: Teori Dan Metodologi. Yogyakarta: Idea Press, 2011.

raharjo, m.dawam. “Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci, .” Paramadina 2 (2002): 349.

Rahmawati, Fitri. “Konsep Dakwah Moderat: Tinjauan Ummatan Wasathan Dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah:143.” Studia Quranika 6, no. 1 (2021). https://doi.org/10.21111/studiquran.v6i1.5570.

Rauf, Abdur. “INTERPRETASI HAMKA TENTANG UMMATAN WASATAN DALAM TAFSIR AL-AZHAR.” QOF 3, no. 2 (2019): 161–77. https://doi.org/10.30762/qof.v3i2.1387.

Rosi, Bahrur. “INTERNALISASI KONSEP UMMATAN WASATHAN DENGAN PENDEKATAN DAKWAH KULTURAL.” Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (2019): 93–109. https://doi.org/10.36420/ju.v5i1.3641.

Shihab, M. Quraish. Al-Misbah: Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Qur’an. Tanggerang: Lentera Hati, 2009.

Shihab, Muhammad Quraish. Wasathiyyah: Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama. Tanggerang: Lentera Hati, 2019. https://www.gramedia.com/products/wasathiyyah-wawasan-islam-tentang-moderasi-beragama.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v25i2.20212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Shiddiq Al alafiy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SUBSTANTIA: JURNAL ILMU-ILMU USHULUDDIN 
DITERBIKAN OLEH: 
FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) AR-RANIRY BANDA ACEH, ACEH INDONESIA

 

ALAMAT REDAKSI:
Gedung Fakultas Ushuluddin Lantai II, Fakultas Ushuluddin, UIN Ar-Raniry, Jln. Lingkar Kampus, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7551295. eMail: substantia.adm@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.