Faham Jabariyah Dan Faham Qadariyah Dalam Perdebatan Mahasiswa Pada Matakuliah Ilmu Kalam

Aisyah Idris

Abstract


Pembelajaran menjadi bermakna apabila pembelajar memberikan perhatian penuh kepada materi pembelajaran yang sedang digeluti. Keseriusan di dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk pemilihan metode yang tepat. Ketepatan sebuah metode tergantung erat dengan karakteristik dari materi pembelajaran. Untuk materi yang sifatnya menimbulkan pro dan kontra dalam penerimaannya maka metode debat akan sangat efektif diterapkan. Salah satu ciri keberhasilan penerapan sebuah metode terlihat pada partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Faham jabariyah dan faham qadariyah adalah salah satu isu kontroversi yang selalu menyisakan debat panjang di kalangan mahasiswa. Maka metode debat untuk membelajarkan materi tersebut adalah suatu kelayakan. Tulisan ini ingin menyingkap desaian pembelajaran dengan metode debat dan pelaksanaannya di perguruan tinggi untuk materi ajar yang mengundang setuju atau tidak setuju.

Keywords


Debat Aktif; Faham Jabariyah; Faham Qadariyah; Partisipasi

Full Text:

PDF

References


Harun Nasution, Teologi Islam, aliran-aliran sejarah analisa Perbandingan, UI Press, 2007 jakarta

Harun Nasution, Islam ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, jilid I, UI Press Jakarta

Abdul Razaq dkk, ilmu Kalam, untuk IAIN, STAIN, PTAIS, Pustaka Setia Bandung, cet III, April 2007

Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam berbasis Paikem, Rasail Media Group, Semarang

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada Medan

Hisyam Zaini, dkk, STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, CTSD IAIN Sunan Kalijaga, cet 6 Maret 2007

Melvin L. Silberman, ACTIVE LEARNING, 101 Strategies to Teach Any Subject (terj. Raisul Muttaqien: ACTIVE LEARNING, 101 cara Belajar Siswa Aktif), Nuansa dan Nusa Media, cetakan III, 2006

Erbe Sentanu, QUANTUM IKHLAS, Teknologi Aktivasi Kekuatan Hati, Katahati Institute, PT elex Media Komputindo, Gramedia Jakarta

Ronald L. Partin, Classroom Teacher‟s Survival Guide, second Edition, (terj. Bambang Sarwaji,: Kiat Nyaman Mengajar di Dalam Kelas), Indeks, Jakarta, 2009,

HD Iriyanto, Learning Metamorphosis, HEBAT GURUNYA DAHSYAT MURIDNYA, penerbit Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v5i1.169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Ilmiah Pionir



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter