Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Awal Sekolah Dasar

Nida Jarmita

Abstract


Ada beberapa kesalahan yang paling sering ditemukan dalam pembelajaran matematika di kelas awal sekolah dasar, salah satunya berkaitan dengan pemahaman simbol, nilai tempat, kekeliruan proses dan kekeliruan dalam melakukan perhitungan. Kekeliruan-kekeliruan pada konsep dasar matematika akan menyebabkan anak kesulitan dalam mempelajari konsep berikutnya, sehingga akan sulit pula dalam mempelajari pelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk kesulitan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika terutama di kelas awal sekolah dasar dan mengetahui upaya-upaya untuk mengatasi kesulitan belajar matematika di sekolah dasar.

Keywords


Kesulitan Pemahaman Konsep; Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Cockroft, W.H. (1993). Mathematics Counts, Report of Committee of Inquiry Into The Teaching of Mathematics. New York: Nochols Publishing Company.

Dali S, N (1990). Berhitung, Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Gramedia.

Dahlan M.D. (1990). Model-Model Mengajar. Bandung: CV Diponegoro

Hurlock, E. (1990). Developmental Psychology. (Alih Bahasa Istiwidayanti dkk.). Jakarta: Erlangga

Johnson, Doris J & Myklebust, R. (1987). Lerning Disabilities. New York: Grume dan Straton.

Kline, M, “Matematika“, Ilmu dalam Perspektif, ed. Jujun S. Suria Sumantri. Jakarta. Gramedia.

Lerner, J. (1998). Learning Disabilities: Theories, Diagnosis, and Teaching Strategies. New Jersey: Hpugton Mifflin.

Liebeck, P. (1984). How Children Learn Mathematics. New York: Penguin Book.

Lovitt, T. (1989). Introduction to Learning Disabilities. Bostor: Allyn and Bacon.

Paling, D. (1982). Teaching Mathematics In Primary Schools. Oxford. Universitas Press.

Purwanto, N (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda karya

Runes, D. (1997). Dictionary of Phylosophy. Totowa. New Jersey: Littlefield, Adam & Co.

Syaodih, N. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tapilouw, M. (1991). Pengajaran Matematika di Sekolah Dasar dengan Pendekatan CBSA.

Towse. J & Saxton. M. (1998). Mathematics Across National Boundaries: Cultural And Linguistic Perpectives On Numerical Competence. In.C. Donlan (Ed), The devolopment of mathematical, skil, Hove, Uk: Psychologi Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v4i2.176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Ilmiah Pionir



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter