Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Awal Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v4i2.176Keywords:
Kesulitan Pemahaman Konsep, Pembelajaran MatematikaAbstract
Ada beberapa kesalahan yang paling sering ditemukan dalam pembelajaran matematika di kelas awal sekolah dasar, salah satunya berkaitan dengan pemahaman simbol, nilai tempat, kekeliruan proses dan kekeliruan dalam melakukan perhitungan. Kekeliruan-kekeliruan pada konsep dasar matematika akan menyebabkan anak kesulitan dalam mempelajari konsep berikutnya, sehingga akan sulit pula dalam mempelajari pelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk kesulitan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika terutama di kelas awal sekolah dasar dan mengetahui upaya-upaya untuk mengatasi kesulitan belajar matematika di sekolah dasar.References
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Cockroft, W.H. (1993). Mathematics Counts, Report of Committee of Inquiry Into The Teaching of Mathematics. New York: Nochols Publishing Company.
Dali S, N (1990). Berhitung, Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Gramedia.
Dahlan M.D. (1990). Model-Model Mengajar. Bandung: CV Diponegoro
Hurlock, E. (1990). Developmental Psychology. (Alih Bahasa Istiwidayanti dkk.). Jakarta: Erlangga
Johnson, Doris J & Myklebust, R. (1987). Lerning Disabilities. New York: Grume dan Straton.
Kline, M, “Matematika“, Ilmu dalam Perspektif, ed. Jujun S. Suria Sumantri. Jakarta. Gramedia.
Lerner, J. (1998). Learning Disabilities: Theories, Diagnosis, and Teaching Strategies. New Jersey: Hpugton Mifflin.
Liebeck, P. (1984). How Children Learn Mathematics. New York: Penguin Book.
Lovitt, T. (1989). Introduction to Learning Disabilities. Bostor: Allyn and Bacon.
Paling, D. (1982). Teaching Mathematics In Primary Schools. Oxford. Universitas Press.
Purwanto, N (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda karya
Runes, D. (1997). Dictionary of Phylosophy. Totowa. New Jersey: Littlefield, Adam & Co.
Syaodih, N. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tapilouw, M. (1991). Pengajaran Matematika di Sekolah Dasar dengan Pendekatan CBSA.
Towse. J & Saxton. M. (1998). Mathematics Across National Boundaries: Cultural And Linguistic Perpectives On Numerical Competence. In.C. Donlan (Ed), The devolopment of mathematical, skil, Hove, Uk: Psychologi Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).