PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS 5 SD

Sola Gratika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Banyubiru 3 melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Banyubiru 3 Kabupaten Semarang, yang terdiri dari 27 siswa, yakni 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan cara tes untuk mengukur hasil belajar. Hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan mulai dari pra siklus dengan ketuntasan 8 siswa (29,63%) meningkatan pada siklus 1 sebanyak 20 siswa (74%) pada siklus 2 meningkatan menjadi 27 siswa (100%) telah tuntas. Peningkatan kreativitas siswa pada aspek pribadi kreatif pra siklus diperoleh 2,72 menjadi 3,14 pada siklus 1 dan siklus 2 menjadi 3,53. Pada aspek yang kedua yaitu pemberian dorongan pada pra siklus memperoleh rata-rata 2,94 pada siklus 1 menjadi 3,10 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 3,51. Pada aspek yang ke tiga yaitu tahapan proses kreatif pada pra siklus diperoleh 2,46 pada silus 1 menjadi 3,05 dan pada siklus 2 menjadi 3,40. Pada aspek ke empat adalah produk diperoleh 2,90 meningkat 3,38 pada siklus 1 dan siklus 2 menjadi 3,67. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreatifitas siswa kelas 5 SD dapat ditingkatkan melalui Model Pembelajaran CTL.

Keywords


Kreativitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Taruna Bangsa melalui Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 7(2).

Dewi. 2011. Peningkatan Kreativitas Belajar Matematika Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL).

Novitasari, R. A., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Taruna Bangsa melalui Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 7(2).

Rijal, F. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Konsep Tumbuhan Hijau Di Kelas V MIN Tungkob Aceh Besar. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 3(1).

Setyowati, R., & Purba, R. T. (2017). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 7(2).

Suntini. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Widya Sari Volume 18/Vol 18 No 3 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan



Indexed By:

 â€‹â€‹ â€‹