Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Bilangan Cacah
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v5i1.170Keywords:
Meningkatkan Prestasi Belajar, Perkalian Bilangan Cacah, pembelajaran Kooperatif Tipe JigsawAbstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa hasil tes akhir pada tindakan siklus I baru mencapai 65% maka tindakan ini belum berhasil karena kriteria suatu tindakan dikatakan berhasil bila telah mencapai 80% siswa mendapat skor ≤65. Hasil observasi pada kegiatan guru mencapai 80%, dan observasi pada kegiatan siswa mencapai 80%. Sedangkan hasil tes akhir tindakan siklus 2 siswa yang memperoleh skor ≤65 mencapai 80%, maka tindakan ini sudah berhasil. Hasil observasi pada kegiatan guru mencapai 83,85%, dan observasi pada kegiatan siswa mencapai 84,65%. Oleh karena itu, pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, walaupun pada tindakan siklus 1 tidak berhasil namun pada tindakan siklus 2 berhasil baik dilihat dari segi proses dan hasil.References
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara 2010.
Hasnun M Sidik. Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas IV. Jakarta: Erlangga, 2006.
Huda, Nurul. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan, 2010.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.
Trianto. Mendesain Model Pembelajan Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana, 2009.
Wiriaatmadja, Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Downloads
Published
2017-09-16
Issue
Section
Articles
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).