Peranan Guru Dalam Pembinaan Kurikulum
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v4i2.173Keywords:
Peran Guru, KurikulumAbstract
Peran guru sangat penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan, oleh karena itu setiap guru dituntut untuk memiliki kemampuan profesional, dan mampu mengembangkan ragam potensi yang terpendam dalam diri anak didik. Sekarang ini, masih ada beberapa guru yang mengajar pada tingkat yang melebihi kapasitas yang ditentukan, hal ini menyebabkan kompetensi yang diharapkan tidak tercapai, karena guru yang mengajar hanya dibatasi oleh tingkat penguasaanya terhadap bahan ajar atau bahkan masih ada guru yang mengajar lebih dari satu kelas. Oleh karena itu semestinya ada pendidikan lanjutan bagi guru tersebut berdasarkan tingkat jenjang sekolah tempat ia mengajar. Selain itu, guru juga harus menguasai kurikulum dan psikologi anak khususnya bagi yang mengajar tingkat TK dan SD kelas rendah.References
Beeby, C.E. (1987). Pendidikan di Indonesia (Penilaian dan Pedoman Perencanaan). Jakarta: LP3ES.
Danim, Sudarwan. (2006). Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas-Bapenas. (2001). Reformasi Pendidikan (dalam Konteks Otonomi). Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Hamalik, Oemar. (tt). Dasar-Dasar dan Pengembangan Kurikulum. Bandung: Mandar Maji.
Hasbullah (1997), Dasar-Dasar Ilmu pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Irawan, Ade. (2006). Buruk Wajah Pendidikan Dasar. Jakarta: Indonesia Corruption Watch.
Morris, V. C (1963). Becoming an Educator (second edition, 1979), Boston, MA: Houghton Miffin Co.
Neil, John.D. (1988). Kurikulum Sebuah Pengantar Komprehensif (penerjemah: Subandiyah). Jakarta: Wirasari.
Slattery, Patrick. (1995). Curriculum Development in the Post Modern Era (Critical Education Practice; Vol.1). Garland Publishing: New York & London.
Suharto, S (2008). Wawasan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Syaodih, N. (2005). Pengembangan Kurikulum (Teori dan Praktik). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tim Redaksi Fokus Media (2006). Himpunan Peraturan Perundang-undangan Guru dan Dosen (Undang-Undang RI no.14 Tahun 2005). Bandung: Fokusmedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).