Bullying Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan
Abstract
Sebagai dampak kemajuan dunia dan dinamisme kehidupan manusia, bullying adalah salah satu bentuk manifestasi sikap negatif yang ikut menerobos dalam pendidikan. Bullying adalah sikap yang diwujudkan melalui semacam agresi yang bertujuan untuk mengintimidasi pihak yang dianggap lemah. Penelitian ini akan mengulas tentang bullying melalui kajian psikologi pendidikan. memanfaatkan metode kajian literatur, penelitian ini akan menganalisis sekumpulan dokumen, buku, ataupun jurnal lainnya yang berhubungan dengan topik permasalahan; pendekatan ini menghasilkan sudut pandang tersendiri oleh penulis sembari juga memberikan landasan-landasan inspirasi sebelumnya demi sudut pandang yang menyeluruh. Diketahui dari hasilnya, bullying dimotori oleh berbagai faktor atau motivasi yang cenderung negatif dan berdampak pada beberapa pihak. Korban adalah pihak yang berdampak paling parah akibat aktivitas bullying/perundungan. Cacat fisik dan trauma psikis adalah sebagian dampak paling umum dari aktivitas bullying ini.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i3.20235
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fatkhiati Fatkhiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.